Lainnya

Ingin Selalu Jadikan Daya Ingat dan Kinerja Otak Selalu Optimal? Lakukan 5 Cara Simpel Ini

brain-games

Memiliki daya ingat yang mumpuni dan kinerja otak yang selalu maksimal memang akan sangat didamba semua orang. Ini karena dengan daya ingat dan kinerja otak yang selalu optimal akan membuat Anda akan selalu produktif. Dengan produktivitas sendiri Anda akan bisa meraih banyak pencapaian. Tapi untuk bisa menjadikan daya ingat dan kinerja otak ini selalu optimal memang diperlukan usaha dan perjuangan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara simpel atau sederhana yang bisa Anda jalankan untuk membuat Anda memiliki daya ingat dan kinerja otak yang selalu maksimal dan optimal.

  1. Biasakan Membaca Setiap Hari

Pertama, cara simpel untuk membuat Anda selalu mempunyai daya ingat dan kinerja otak yang optimal adalah dengan membiasakan membacakan setiap hari. Membaca memang memiliki banyak manfaat. Selain Anda bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan, membaca juga bisa membuat daya ingat dan kinerja otak selalu berada dalam kondisi optimal. Ketika membaca otak Anda memang aan bekerja untuk menganalisa kata demi kata serta kalimat demi kalimat. Bila kemudian didapati kalimat yang janggal, maka otak akan merespon untuk kemudian Anda membaca ulang kembali. Di sinilah bukti bahwa otak bekerja ketika Anda membaca. Nah, bila Anda selalu menjadikan aktivitas membaca ini sebagai rutinitas maka Anda akan bisa menjadikan otak selalu berkinerja optimal. Ini karena Anda yang selalu mengasahnya setiap hari dengan membaca. Selain membuat otak berkinerja maksimal, dengan rajin membaca maka Anda juga bisa terhindar dari kepikunan.

  1. Lakukan Permainan yang Membutuhkan Peran Otak

Berikutnya, cara sederhana untuk membuat daya ingat dan kinerja otak selalu maksimal adalah dengan sering melakukan permainan otak. Bila Anda kurang menyukai aktivitas membaca, maka kegiatan yang satu ini bisa jadi solusinya. Kegiatan yang bisa jadi solusi untuk mengoptimalkan kinerja otak adalah dengan melakukan permainan otak. Permainan (games) pastinya akan menyenangkan bagi sebagian orang. Nah dengan melakukan permainan otak maka Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus yaitu kesenangan dan juga kesehatan otak yang mumpuni. Permainan yang bisa mampu mengasah otak dan mendukung kinerja otak sendiri ada banyak  macamnya. Beberapa contoh diantaranya yaitu teka-teki silang, puzzle dan lainnya. Mainkan saja permaianan tersebut sebisa Anda memainkannya. Tapi jangan sampai lupa waktu juga saat memainkannya.

  1. Lakukan Yoga atau Perenungan

Siapa bilang merenung dan yoga tidak punya manfaat. Merenung dan yoga tentu saja memiliki manfaat yang besar. Tidak hanya akan membuat jiwa menjadi lebih tenang namun Anda akan melatih otak untuk lebih berkinerja. Dalam sebuah riset diketahui yoga memang mampu meningkatkan daya konsentrasi. Ketika Anda rutin melakukannya, maka daya konsentrasi dan otak Anda akan terus terasah. Untuk melakukan konsentrasi memang dibutuhkan peran otak. Nah dari sinilah maka yoga atau perenungan bisa membuat otak dan daya ingat Anda terus selalu optimal.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Otak

Makanan yang Anda konsumsi ternyata memiliki efek dan dampak pada kinerja otak Anda. Maka dari itu Anda yang ingin meningkatkdan daya ingat dan kinerja otak, harus cermat memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk otak. Beberapa jenis makanan yang mampu mendukung kinerja otak Anda antara lain ikan salmon, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Beberapa makanan ini memang diketahui memiliki nutrisi atau kandungan gizi yang mumpuni untuk kinerja otak yang selalu maksimal.

  1. Tidur atau Istrahat yang Cukup

Terakhir, cara simpel yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendukung kinerja otak dan daya ingat selalu optimal adalah dengan tidur atau istirahat yang cukup. Istirahat memang menjadi kegiatan yang penting bagi tubuh dan otak. Setelah seharian bekerja, otak akan mengalami kelelahan. Dari sinilah maka dibutuhkan waktu istirahat atau tidur ketika otak merasa lelah. Dengan Anda membiasakan diri beristirahat atau tidur yang cukup maka otak Anda akan selalu sehat dan optimal dalam bekerja. Agar cara ini berhasil dijalankan, Anda juga disarankan untuk tidak membiasakan diri tidur larut malam. Sebab, tidur malam memang bisa membuat Anda jadi kurang istirahat dan otak pun sulit untuk bekerja optimal saat digunakan lagi kesesokan harinya. Jadi jangan meremehkan kegiatan istirahat atau tidur ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top