Lainnya

Ingin Tahu Karyawan Anda Bahagia atau Tidak? Ketahui dari 6 Tandanya Berikut

tanda-karyawan-bahagia

Memiliki karyawan yang antusias dalam bekerja pastinya akan membuat para owner bisnis senang. Sebab ketika karyawan antusias bekerja maka akan ada banyak hal produktif yang menguntungkan perusahaan yang bisa didapat. Tapi untuk membuat karyawan bekerja antusias, terlebih dahulu Anda harus bisa membuatnya bahagia. Kebahagiaan yang karyawan rasakan memang akan sangat berpengaruh untuk mereka bisa bekerja dengan bersemangat dan antusias. Dari sinilah Anda sebagai pebisnis wajib mengetahui tingkat kebahagiaan karyawan. Tapi bagaimana caranya bisa mengetahui kebahagiaan karyawan? Berikut ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengukur kebahagiaan karyawan.

  1. Tidak Terlambat Bekerja

Pertama, tanda untuk mengetahui kebahagian karyawan Anda di perusahaan adalah dengan melihatnya datang bekerja. Ketika mereka selalu datang tepat waktu dan jarang sekali terlambat maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa karyawan tersebut bahagia bekerja di perusahaan Anda. Sebaliknya bila ada karyawan yang seringkali datang terlambat masuk kantor maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak bahagia bekerja di perusahaan Anda. Seorang karyawan yang selalu datang ke kantor dengan disiplin tanpa sering terlambat memang mereka merasa bahwa tidak ada alasan yang membuat dirinya malas atau tidak bersemangat dalam bekerja. Alih-alih ada hal yang tidak menyenangkan, karyawan yang selalu datang ke kantor tanpa keterlambatan, mereka mendapatkan banyak kebahagiaan di perusahaan Anda.

  1. Akrab dengan Rekan Kerjanya

Hubungan antar karyawan juga bisa mencerminkan kebahagiaan karyawan. Sebab saat karyawan sudah merasa akrab dengan dengan rekan kerja lainnya, maka disitulah mereka mendapatkan kenyamanan. Dan kenyamanan saat bekerja di kantor inilah yang kemudian bisa menghadirkan kebahagiaan dalam diri karyawan. Sebaliknya karyawan yang tidak akrab dengan rekan kerja lainnya maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak mendapatkan kebahagiaan saat bekerja di perusahaan Anda. Ini karena mereka bisa jadi tidak mendapatkan rasa nyaman saat akan bergaul dengan karyawn lain sehingga mereka mendapati ketidakbahagiaan.

  1. Menjaga Kebersihan dan Kerapian

Karyawan yang penampilan dan juga meja kerjanya rapi dan bersih juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka bahagia bekerja. Memang indikator ini tidak seratus persen benar. Tapi kebersihan dan kerapihan yang dilakukan karyawan pada pakaian dan meja kerjanya menjadi cerminan usaha bahwa dirinya mencintai dirinya dan kehidupan di kantor. Kebersihan dan kerapihan yang diterapkan pada diri sendiri dan lingkungan bekerjanya juga menjadi pertanda bahwa mereka senang dan bahagia menjalankan pekerjaannya.

  1. Optimis dalam Bekerja

Berikutnya, tanda karyawan bahagia atau tidak di perusahaan bisa dilihat dari optimisnya mereka dalam bekerja. Bila karyawan bekerja dengan penuh optimis maka hal tersebut tentu menjadi pertanda bahwa ada kebahagiaan yang dirasakannya. Tapi bila karyawan tersebut bekerja dengan tidak optimis atau tanpa perasaan semangat maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka merasakan ketidakbahagiaan dalam bekerja di tempat Anda. Optimisme memang menjadi tanda yang paling jelas bagaimana melihat kebahagiaan dalam diri karyawan. Maka dari itu dari optimisme inilah Anda sebagai pebisnis tak perlu lagi kebinggungan bila Anda sulit mendeteksi beberapa tanda bahagianya karyawan.

  1. Menghormati Anda Sebagai Owner

Sebagai karyawan yang berbahagia, maka mereka memang tidak akan segan-segan untuk menghormati Anda sebagai pemilik bisnis. Mereka dengan kebahagiannya tahu posisi dan bagaimana mereka harus bersikap di perusahaan kepada Anda. Namun karena adanya jenis karyawan penjilat yang punya sikap yang hamir sama dengan karyawan bahagia yang tulus maka Anda harus berhati-hati mencermatinya. Anda sebagai pebisnis harus mengerti bentuk pengormatan mereka karyawan yang benar-benar tulus menghormati Anda sebagai owner karena rasa bahagianya mereka bekerja di perusahaan.

  1. Kariernya Berkembang

Terakhir, pertanda kebahagiaan karyawan bekerja di sebuah perusahaan bisa ditandai dari kariernya yang terus berkembang. Karir bekembang memang sejatinya merupakan hasil dari kerja mereka yang gemilang. Dari datang ke kantor dengan tepat waktu, bekerja dengan optimis dan menghormati Anda sebagai owner, maka perkembangan karir adalah hasil atau wujud yang mereka terima. Dan semua hal ini tentu tidak akan bisa dicapai oleh karyawan yang tidak bahagia. Sebab karyawan yang tidak bahagia maka mereka akan sulit untuk bekerja dengan maksimal sehingga akan sulit untuk mengembangkan karirnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top