Tips

Ingin Tambah Relasi Bisnis? Terapkan Beberapa Tips Berikut Ini

tambah-relasi-bisnis

Dalam bisnis, relasi atau mitra adalah orang penting yang harus dimiliki setiap entrepreneur. Semakin banyak relasi maka semakin baik untuk bisnis Anda. Sebab dengan relasi, usaha Anda akan banyak terbantu untuk kelancaran dan demi mencapai suskes. Tapi sayangnya untuk menambah dan mendapatkan relasi ini tidaklah mudah. Alih-alih menambah relasi, tidak jarang seorang pengusaha malah kehilangan relasi karena ketidakmampuan mempertahankan hubungan. Bagi Anda yang memang ingin menambah relasi bisnis maka Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Mengetahui Kebutuhan dalam Bisnis

Pertama, tips yang perlu Anda lakukan untuk mampu menambah relasi bisnis yakni mengetahui kebutuhan bisnis. Untuk mengetahui apakah Anda memang perlu menambah relasi atau tidak, maka hal ini sangat berkaitan dengan kebutuhan dalam bisnis atau perusahaan. Jika memang kebutuhan akan sesuatu dalam perusahaan sedang sangat diperlukan, maka Anda mau tak mau harus bergerak ke luar mencari rekanan atau relasi bisnis. Dengan menyesuaikan kebutuhan menambah relasi dengan kebutuhan perusahaan, tentu hal ini akan membuat kemitraan akan berjalan lebih maksimal.

  1. Perlakukan Relasi Sebagai Orang Penting

Tips berikutnya untuk bisa menambah relasi bisnis adalah memperlakukan mitra sebagai orang penting. Sebagai mitra yang akan membantu bisnis Anda, seorang relasi memang harus Anda hargai. Karena berjalan dan berkembangnya bisnis Anda selama ini bisa jadi bermula dari mereka. Sebenarnya relasi Anda juga akan menghargai dan menganggap diri Anda penting. Karena mereka juga tentu membutuhkan Anda. Dari sikap saling menghormati dan menghargai inilah maka Anda akan punya kesempatan besar untuk menambah dan memperbanyak relasi bisnis.

  1. Jangan Lupa Informasikan Identitas

Sebagai orang yang profesional, Anda yang ingin memiliki banyak relasi haruslah terbuka dengan jati diri Anda. Untuk bisa menjelaskan atau menginformaskan diri, Anda bisa mengungkapkannya secara lisan ketika bertemu calon mitra. Tapi alangkah baiknya dan lebih profesional, Anda juga memberikan kartu identitas berupa kartu nama ketika akan berpisah. Dengan adanya kartu nama maka diri Anda akan lebih mudah dihubungi jika memang mitra sedang membutuhkan Anda. Dari sini maka peluang Anda pun untuk menambah relasi akan semakin besar.

  1. Bangun Interaksi dan Perkuat Komunikasi

Untuk bisa terus menambah relasi bisnis, mau tak  mau Anda harus bisa menjaga hubungan yang kuat dalam kemitraan. Nah cara untuk bisa menjaga hubungan yang kuat, Anda harus membangun interaksi dan komunkasi yang baik. Komunikasi memang menjadi modal utama untuk Anda yang ingin memperoleh banyak mitra atau relasi. Tidak hanya menghubungi via telepon atau chat pesan instan, tapu jika perlu sesekali cobalah untuk bertatap muka agar hubungan Anda dengan mitra semakin kuat.

  1. Pahami Kebutuhan Relasi Juga

Jangan hanya menuntut kebutuhan bisnis Anda, tapi untuk bisa membangun kemitraan dan menambah relasi maka Anda harus juga memahami kebutuhan relasi. Karena hubungan dengan relasi ini merupakan bentuk kerjasama yang seharusnya memang saling menguntungkan. Jadi cobalah untuk juga memahami dan memenuhi kebutuhan relasi jika Anda memang ingin relasi bisnis Anda bertambah.

  1. Jangan Pernah Bersikap Pasif

Salah satu sikap pebinis yang mampu membuat dirinya kesulitan mendapatkan relasi adalah sikap pasif. Alih-alih pasif atau berdiam diri, Anda sebagai pebisnis yang ingin menambah banyak relasi haruslah aktif bergaul dan bersosialisasi. Sebab hanya dengan sikap aktif dan terbuka inilah maka peluang Anda mendapatkan relasi yang bayak semakin terbuka lebar.

  1. Selalu Menampilkan Citra yang Low Profile

Sebagai pebisnis, sesukses apapun Anda, sikap low profile atau rendah diri adalah sesuatu yang harus selalu dimiliki. Dengan sikap low profile maka Anda akan banyak disukai orang, termasuk para relasi atau mitra.  Tapi bila sebaliknya Anda bersikap tinggi hati atau sombong maka tidak akan banyak orang yang menyukai Anda, termasuk para relasi. Dari sini maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan dan menambah relasi.

  1. Hindari Bersikap Malu-Malu

Terakhir, tips untuk bisa menambah relasi adalah menghindari sikap malu-malu. Sikap malu-malu sama buruknya dengan sikap pasif untuk mendapatkan dan menambah relasi. Memang bagaimana mungkin Anda bisa mendapatkan relasi baru bila Anda malu bertemu orang. Menghindari sikap malu-malu sendiri bukan berarti kemudian bersikap sok akrab dan semaunya sendiri. Jadi Anda tetap hasus menjaga koridor dan tata krama.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top