Lainnya

Ini Dia Cara Unik Google Membuat Karyawannya Betah, Ambil Inspirasinya!

karyawan-google

Perusahaan raksasa dibidang digital asal Amerika Serikat, Google, memang mempunyai banyak cara untuk membuat sesuatu yang berbeda. Google yang hadir di era milenium sendiri paham bahwa para pekerjanya yang merupakan generasi Z memiliki karakteristik berbeda dengan generasi Y. Saat bekerja, generasi Z ini memang dikenal lebih menghendaki sebuah keleluasaan dan kebebasan. Maka dari itu untuk mengakomodasi kepentingan generasi Z dan karyawan lainnya yang bekerja di perusahaannya, Google memiliki cara unik untuk membuat karyawannya betah. Karyawan yang telah dipilih dan direkrut Google memang bukan orang sembarangan karena telah melewati beragam seleksi yang ketat. Dari sinilah Google juga tidak ingin karyawan yang telah direkrut dan dinilai baik ini lantas meninggalkan perusahaannya. Nah berikut ini adalah beberapa cara unik yang dilakukan Google untuk membuat karyawannya lebih betah.

  1. Makanan dan Minuman Gratis

Pertama, cara yang dilakukan Google untuk membuat karyawannya betah adalah dengan menyediakan makanan dan mimuman gratis. Tidak hanya makanan dan minuman, di kantor Google, karyawan juga bisa menikmati snack (makanan ringan) secara cuma-cuma. Dengan adanya makanan dan minuman serta snack gratis yang bisa diambil langsung di area dapur Google, tentu akan membuat karyawan jadi senang. Menariknya lagi, karyawan di sini bisa menikmati makanan dan minuman gratis ini pada jam makan malam, makan siang dan juga makan pagi atau sarapan.

  1. Fasilitas Kebugaran Di dalam Kantor

Hal menarik lain yang dilakukan Google untuk membuat karyawannya betah adalah menyediakan fasilitas kebugaran. Beberapa fasilitas kebugaran yang disediakan Google antara lain gym, pijat dan kolam renang. Beberapa fasilitas ini bisa didapatkan karyawan google secara cuma-cuma alias gratis. Tidak hanya mendapat fasilitas pijat yang menarik dari seorang terapis setelah menyelesaikan proyek, di Google, seorang karyawan juga dapat membuat janji pemeriksaan dengan dokter di Googleplex ketika terluka, sakit atau mendapati badannya merasa tidak enak.

  1. Berikan Kebebasan Mengembangkan Passion

Di Google, karyawan tidak hanya melulu bekerja. Tapi setiap karyawan yang memiliki kegemaran atau passion tertentu juga akan diakomodasi oleh Google. Jadi dalam perusahaan, Google memang memiliki aturan 80/20 dimana 80 persen adalah waktu untuk bekerja dan 20 persen adalah kegiatan pengembangan passion karyawan dengan konsep proyek tertentu. Nah dari adanya waktu untuk mengembangkan kegemaran atau passion inilah tentu akan membuat karyawan jadi lebih betah bekerja.

  1. Cuti Melahirkan dan Punya Anak Bagi Semua

Pada umunya di sebuah perusahaan, karyawan yang baru melahirkan atau istrinya yang baru melahirkan akan kesulitan untuk mendapatkan cuti. Nah di Google, Anda tidak akan mendapati kesulitan tersebut. Sebab, di Google, bila Anda adalah seorang perempuan yang baru melahirkan, akan langsung mendapatkan jatah cuti selama 18 bulan. Sedangkan bagi karyawan laki-laki yang istrinya baru melahirkan, maka ia juga akan mendapatkan jatah cuti melahirkan selama 6 minggu. Menariknya, karyawan yang mendapat hak cuti melahirkan ini, gajinya tetap akan utuh diberikan Google pada akhir bulan.

  1. Layanan TechStop

Selanjutnya, cara yang ditempuh Google untuk membuat karyawannya betah adalah dengan menghadirkan TechStop. TechStop ini adalah tempat para spesialis IT yang dimiliki Google untuk melayani semua masalah berkaitan dengan tech-support dari para karyawan. Jadi bila ada seorang karyawan mengalami kendala dalam perangkat hardware atau software yang dimilikinya, maka dengan layanan dari TechShop, akan membuat kendala bisa segera tertangani. Menariknya, TechShop ini buka 24 jam dan dalam 7 hari sehingga membuat karyawan tak perlu menunggu lama untuk mengatasi kendala IT yang datang.

  1. Fasilitas Kantor Menarik lainnya

Terakhir, cara Google untuk membuat karyawan betah adalah dengan memberikan beragam fasilitas lainnya yang menarik. Beberapa fasilitas lain dan menarik yang dihadirkan oleh Google bagi para karyawannya antara lain fasilitas laundry dan dry cleaning, perlengkapan video game (playstation), biliar, meja ping pong, foosball alias table football, salon atau pangkas rambut dan lain sebagainya. Dengan segala fasilitas menarik ini maka pastinya akan membuat siapa pun yang bekerja di Google akan betah dalam bekerja.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top