StartUp dan UKM

Inilah 5 Budaya Kerja yang Seharusnya Ada Pada Perusahaan Startup

budaya-kerja-startup

Sebagai perusahaan rintisan, startup memang sangat perlu untuk membentuk sebuah budaya kerja yang mumpuni. Budaya kerja memang sesuatu yang penting untuk siapa pun yang sedang menjalankan perusahaan, termasuk startup. Dengan adanya budaya kerja yang mumpuni maka produktivitas para karyawan pun akan semakin meningkat. Dan saat produktivitas kerja karyawan meningkat maka bisnis startup Anda akan lebih cepat bertumbuh dan berkembang. Nah Anda yang memang ingin bisnis startup Anda berkembang lebih cepat maka Anda bisa menerapkan beberapa budaya kerja berikut ini.

  1. Budaya Komunikasi, Baik Online Maupun Offline

Pertama, budaya kerja yang harus Anda bangun agar perusahaan startup dapat tumbuh dan berkembang pesat adalah budaya komunikasi. Karena saat ini komunikasi bisa berjalan secara langsung dengan tatap muka (offline) dan juga secara tidak langsung (online) maka Anda sebagai founder dan owner startup harus memastikan semua jenis komunikasi tersebut dapat berlangsung. Mengapa komunikasi ini begitu penting? Sebab komunikasi akan membuat segala urusan bisa berjalan lancar. Dengan komunikasi yang baik juga maka permasalahan yang ada bisa diminimalisir sekecil mungkin. Kalau ada pun permasalahan yang muncul maka dari adanya komunikasi yang baik maka akan segera bisa terselesaikan. Dengan cepatnya segala urusan dan permasalahan yang bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik maka bisnis startup Anda pun akan bisa cepat bertumbuh dan berkembang.

  1. Disiplin dalam Deadline Target Pekerjaan

Untuk membuat bisnis startup cepat bertumbuh maka memang harus ada penetapan target-target. Nah agar penetapan target ini tercapai dengan baik maka Anda sebagai founder startup bisa menghadirkan deadline. Dealine atau tenggat waktu memang akan menjadi semacam pemicu untuk setiap orang yang bekerja supaya menyelesaikan target-target yang telah ditetapkan. Saat semua orang terpacu untuk segera menyelesaikan target sebelum deadline maka produktivitas pun akan tercapai dan bisnis startup akan cepat bertumbuh. Karena bagusnya displin dalam dealine ini maka Anda sebagai founder startup harus dapat menerapkannya dalam budaya kerja di perusahaan.

  1. Mindset yang Mengacu Pada Kemajuan

Agar perusahaan startup bisa bertumbuh maka setiap orang yang bekerja di dalamnya harus selalu berpikiran pada kemajuan. Pikiran atau mindset yang mengacu pada kemajuan memang akan sangat mampu mendorong perusahaan startup untuk berkembang. Tapi untuk menjadikan seluruh orang di perusahaan bisa berpikiran demikian tidaklah mudah. Sebab karakteristik orang di perusahaan berbeda-beda. Untuk bisa menciptakan budaya kerja berwujud mindset yang mengacu pada kemajuan ini maka Anda bisa memulainya saat rekrutmen karyawan. Ketika tahap rekrutmen tersebut pastikan Anda mendapatkan orang-orang yang memiliki karakter loyal atau setia pada perusahaan.

  1. Suasana Kekeluargaan

Bekerja dengan suasana kekeluargaan memang akan membuat semua karyawan bisa lebih produktif. Hal ini dikarenakan bekerja dengan suasana kekeluargaan akan menciptakan kenyamanan. Ketika setiap karyawan bisa bekerja dengan rasa nyaman maka hasil kerja yang diberikan akan lebih maksimal. Dengan hasil kerja yang maksimal maka bisnis startup Anda akan cepat berkembang. Tapi bila suasana kerja di perusahaan memburuk karena egoisme sikap individu yang lebih tinggi, maka hal ini akan menghambat produktivitas kerja para keryawan. Dari situ maka perkembangan startup akan sulit untuk dicapai. Jadi untuk Anda yang ingin startup cepat bertumbuh, Anda harus bisa menciptakan budaya kerja dengan suasana kekeluargaan.

  1. Update Perkembangan atau Progress Pekerjaan

Terakhir, budaya kerja yang seharusnya Anda terapkan di perusahaan startup adalah budaya update progress pekerjaan. Beberapa pekerja atau karyawan startup yang bekerja lepas di luar kantor memang mengharuskan adanya budaya progress pekerjaan. Dengan adanya budaya ini maka akan membuat pekerjaan yang ada tidak terbengkalai. Sebenarnya budaya update pekerjaan ini tidak hanya berlaku pada pekerja lepas, tapi juga berguna bagi para karyawan tetap di kantor. Ketika semua pekerja bisa menerapkan budaya kerja mengupdate pekerjaan maka bisnis startup akan bisa cepat bergerak dan berkembang.

Inilah beberapa budaya kerja yang seharusnya ada dan diterapkan pada perusahaan startup. Karena untuk menciptakan budaya kerja ini tidak semudah yang dibayangkan maka Anda yang akan coba memulainya harus terus teguh, sabar dan konsisten dalam menjalankannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top