StartUp dan UKM

Inilah 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Gagalnya Seseorang Terjun ke Dunia Bisnis

gagal-jadi-pebisnis

Terjun ke dunia usaha atau entrepreneur memang merupakan sebuah pilihan hidup. Anda punya hak veto 100 % atas hidup Anda untuk memutuskan apakah akan berbisnis atau berkarir di kantoran. Saat ini dimana tren menjadi pengusaha begitu tinggi membuat banyak orang kemudian tertarik untuk ikut mencoba peruntungannya di dunia bisnis tersebut. Sayangnya tidak jarang dari mereka yang ingin terjun ke dunia usaha ini hanya berlandaskan pada tren saja. Artinya mereka berbisnis hanya sekedar ikut-ikutan saja dan tidak dilandasi pada iktikad yang kuat. Dari sini kemudian banyak dari mereka yang mengalami kegagalan untuk menjadi pebisnis. Nah kegagalan mereka menjadi pengusaha sendiri ternyata bisa dijabarkan faktor-faktor penyebabnya. Berikut beberapa faktor yang menjadikan seseorang gagal menjadi entrepreneur.

  1. Gengsi

Pertama, faktor yang sering menjadi pengganjal seseorang menjadi pengusaha adalah gengsi. Gengsi adalah faktor utama di negeri ini yang memang sering kali menjadi masalah untuk maju, termasuk dalam berbisnis. Untuk bisa memulai bisnis maka Anda memang harus menghilangkan gengsi. Tidak perlu malu untuk berjualan dan mencari profit. Dasar dari entrepreneur memang berdagang atau berjualan. Jadi bila Anda malu atau gengsi maka impian menjadi pebisnis pun akan segera terkubur.

  1. Khawatir Gagal

Dalam menjalankan bisnis memang akan ada risiko, termasuk risiko gagal yang harus dihadapi. Hampir tidak ada usaha atau pengusaha yang bisa terbebas dari risiko bisnis. Jadi setiap bisnis apapun yang dijalankan pasti mempunyai risiko gagal. Nah dari pada terus berkutat memikirkan risiko gagal, maka mulai saja bisnis Anda. Orang yang terlalu khawatir dengan risiko gagal maka dia tidak akan pernah maju untuk memulai usahanya. Sebab orang yang takut gagal akan terus terbelenggu dengan kekhawatirannya tersebut.

  1. Takut Meninggalkan Zona Nyaman

Penyebab berikutnya seseorang gagal terjun ke dunia bisnis meski keinginannya kuat adalah karena mereka yang tidak siap meninggalkan zona nyaman. Orang-orang yang sudah lama berada di zona nyaman adalah mereka yang biasanya mengalami hal ini. Zona nyaman yang sudah dirasakannya selama bertahun-tahun di kantor membuat mereka menjadi ragu saat akan melangkahkan diri terjun ke dunia bisnis. Dunia usaha yang fluktuatif memang menghadirkan hal yang tidak pasti atau tidak tetap. Nah dari sinilah maka banyak orang yang berlatar belakang karyawan selama puluhan tahun kemudian gagal saat akan terjun ke dunia bisnis. Ini karena adaptasi untuk membiasakan diri di dunia bisnis bagi mereka membutuhkan waktu yang relatif tidak singkat.

  1. Belum Siap Menghadapi Tantangan

Apa Anda orang yang terbiasa dengan tantangan? Jika iya maka Anda tidak akan kesulitan untuk menjalani kehidupan di dunia usaha. Tapi bagi seseorang yang tidak terbiasa menghadapi tantangan maka mereka akan kesulitan untuk bisa berada di dunia bisnis. Ini dikarenakan dalam dunia entrepreneur, akan ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Bila kemudian Anda tidak siap menghadapi tantangan demi tantangan maka hal ini bisa membuat Anda menyerah dan gagal mengarungi dunia usaha. Dan faktanya di lapangan banyak orang yang memang gagal terjun menjalani dunia bisnis karena ketidaksiapannya menghadapi tantangan dan rintangan.

  1. Tidak Ada Modal

Terakhir, hal yang dapat menyebabkan seseorang gagal terjun ke dunia bisnis adalah tidak dimilikinya modal. Untuk menjalankan usaha memang dibutuhkan modal. Modal ini digunakan untuk bisa menggerakkan usaha dengan beberapa pemenuhan kebutuhan dibagian produksi, manajemen dan distribusi. Nah beberapa orang yang sebenarnya memiliki semua persyaratan menjadi pengusaha akan menjadi gagal bila mereka tidak mempunyai modal. Sebenarnya faktor penyebab kegagalan yang satu ini bukanlah hal yang paling sering dialami seseorang. Sebab, modal sendiri sekarang ini bisa dicari dan diusahakan serta banyak cara untuk mendapatkannya.

Itulah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab seseorang gagal terjun ke dunia bisnis. Beberapa faktor ini tentu merupakan hal yang perlu dicermati bagi Anda yang memang ingin terjun ke dunia entrepreneur. Pastikan saja Anda benar-benar mengantisipasi agar faktor-faktor tadi tidak ada pada diri. Caranya, mulailah mempelajari sifat-sifat atau karakter yang dimiliki oleh para pebisnis suskes.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top