Peluang Usaha

Intip 5 Peluang Usaha Pertanian, No 3 Wow Banget!

Negara Indonesia dikenal sebagai negara agrarian yang mana kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai petani. Hasil pertanian di negeri ini melimpah mulai dari padi, jagung hingga beragam sayuran.  Bukan tanpa alasan bisnis di bidang pertanian menarik banyak peminat. Pasalnya lahan yang subur dan kebutuhan masyarakat akan hasil pertanian yang tinggi juga mendongkrak bisnis di bidang ini. Anda mungkin juga salah satunya yang berminat untuk membuka usaha pertanian di lingkungan anda. berikut beberapa ide bisnis yang bisa anda coba lo!

  1. Petani Sayuran Organik

Selera masyarakat Indonesia kini mulai menyadari pentingnya kesehatan sehingga banyak orang mulai belajar untuk hidup sehat. tak hanya olahraga saja namun pola hidup sehat mereka juga diaplikasikan kedalam pola makan sehari – hari. Tak sedikit orang yang membutuhkan sayuran organis untuk melengkapi pola hidup sehat mereka. Peminat sayuran organic ini cenderung kalangan menengah keatas. Harga sayuran organic memang lebih mahal ketimbang sayuran non organic. Hal ini ditengarai  untuk bertani sayuran organic anda harus punya dasarnya dulu sebab dalam praktiknya sayuran organic tidak menggunakan zat kimia seperti peptisida.

  1. Distributor Alat Pertanian

Berkat kecanggihan teknologi kini bertani tak perlu mengandalkan tenaga manusia. Anda bisa menggunakan mesin untuk memanen atau menanam padi dan jagung. Untuk membajak sawah juga ada traktor yang kekuatannya tak kalah dengan sapi yang dulu digunakan. Inilah kesempatan anda untuk mencoba berbisnis sebagai distributor alat pertanian. Tentunya anda memang membutuhkan modal yang besar untuk berpromosi. Anda juga butuh banyak bersosialisasi dengan para petani agar anda memahami alat pertanian apa yang dibutuhkan saat ini.

  1. Konsultan Pertanian

Bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan konsultan para petani juga tak luput dari kebutuhan jasa ini. Apalagi adanya perkembangan teknologi disertai penelitian dari kampus – kampus ternama menelurkan beberapa hasil yang mampu digunakan para petani untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas. Jika dahulu bertani membutuhkan lahan luas namun kini anda juga bertani dengan konsep hidroponik. Kurangnya pengetahuan akan hal ini menimbulkan peluang bisnis bagi anda yang memiliki latar pendidikan sarjana pertanian untuk menjadi konsultan pertanian di lingkungan anda.

  1. Jual Bibit

Peluang bisnis selanjutnya ialah penjual bibit tanaman. Awalnya memang sulit untuk menjadi penjual bibit apalagi jika anda belum memiliki pengalaman yang banyak. Sulit bukan berarti tak bisa membuka usaha sejenis ini. Tak ada salahnya anda mempelajarinya sendiri melalui penyuluhan yang terkadang diadakan oleh dinas pertanian setempat. Anda juga bisa mempelajari metode penanaman bibit ini dari rekan anda yang lebih dahulu terjun ke bisnis jual bibit. Bila anda bersungguh – sungguh mendalami bisnis ini bukan menutup kemungkinan bibit tanaman yang anda tawarkan lebih unggul daripada pihak pabrik.

  1. Budidaya Tanaman Hias

Satu lagi bisnis dibidang pertanian yang sayang jika anda lewatkan yakni budidaya tanaman hias. Tanaman hias banyak diminati karena mampu meningkatkan daya tarik tempat tinggal dan membawa kesejukan saat cuaca panas. Peminatnyapun tak hanya dari kebutuhan rumah tangga tetapi juga korporasi. Apalagi saat ini sedag gencar – gencarnya aksi go green yang cukup menyita public. Beberapa kota besar bahkan menyisihkan lahan untuk ruang terbuka hijau. Tak hanya itu terdapat tanaman khusus yang memiliki nilai tinggi dipasaran. Salah staunya ialah tanaman bongsai dan anggrek. Bagaimana berminat untuk memulai bisnis di bidang pertanian ini?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: