Tips

Intip Trik Ampuh Agar Tulisan Novelmu Dilirik Penerbit

Menjadi seorang penulis adalah impian bagi banyak orang. Menjadi seorang penulis juga bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya kerja keras agar karya yang dihasilkan dapat lebih berkualitas. Terlebih lagi saat ini banyak juga yang mengidam-idam tulisannya dapat diterbitkan menjadi sebuah buku.

Bicara soal penerbitan, sebuah karya harus mampu melalui cara yang panjang agar tulisannya berkualitas. Karya yang berkualitas dapat dilihat penerbit dari berbagai sisi. Tanpa anda ketahui, tulisan yang menurut anda bagus belum tentu baik menurut penerbit. Hal inilah yang terkadang saat anda mengirimkan karya ke penerbit, anda langsung ditolak atau tidak direspon. Akan tetapi jangan berkecil hati dengan masalah ini.  Jika anda berniat agar tulisanmu dilirik penerbit, anda perlu mencoba cara ampuh di bawah ini untuk membantu tulisanmu dilirik penerbit:

Baca Referensi Sebelum Membuat Karya

Sebelum anda terjun ke dunia tulis-menulis, ada baiknya anda membaca ribuan bahkan ratusan referensi agar anda memiliki wawasan lebih dalam menulis nantinya. Penulis yang baik berawal dari pembaca yang baik. Anda tidak perlu membeli banyak buku untuk dijadikan referensi, saat ini sudah banyak tersedia buku-buku di perpustakaan yang dapat anda jadikan sebagai bahan untuk membuat tulisan anda berkualitas. Pinjamlah beberapa buku di perpustakaan terdekat dan jika perlu anda juga dapat mendownload buku online atau aplikasi yang tersedia di smartphone anda. Mudah bukan?

Buat Tulisan Dengan Genre Yang Sedang Populer Saat Ini

Setelah anda memiliki referensi yang banyak, anda dapat membuat kerangka pertama yaitu menentukan genre novel yang akan anda tulis. Genre novel ini adalah arah tujuan sebuah tulisan. Jadi, penetuan genre ini sangat penting anda perhatikan. Agar tulisan anda menarik, sebaiknya gunakan genre yang populer dan banyak disukai oleh pembaca termasuk disukai penerbit. Biasanya saat ini genre yang banyak diminati adalah genre romance, genre spiritual, fanfiction dan genre teenfiction.

Munculkan Konflik Yang Dapat Menguras Perasaan Pembaca

Selain menentukan genre, hal yang paling menonjol agar tulisanmu berkualitas adalah sebuah konflik yang dapat menguras perasaan pembaca. Penentuan konflik ini memang terkadang sangat sulit. Pasalnya terkadang kita sudah benar-benar bekerja keras untuk membangun suasana, namun pada saat dibaca orang lain konflik tersebut sangat datar dan tidak menarik. Untuk menyikapi terjadinya hal tersebut, anda harus benar-benar pintar mengotak-atik perasaan pembaca.

Salah satu cara yang ampuh adalah pada bagian pertama novel, munculkanlah satu konflik yang menarik. Jika bagian pertama telah berhasil membuat hati pembaca penasaran, maka pembaca akan tertarik untuk membaca bagian-bagian selanjutnya sampai akhir.

Periksa Tata Bahasa Yang Digunakan

Nah, poin keempat ini adalah salah satu yang paling penting diperhatikan jika tulisan anda ingin dilirik penerbit. Setiap anda menulis satu bagian, anda wajib memeriksa tata bahasa yang anda gunakan. Jangan sampai kesalahan sedikit mengenai tata bahasa dapat membuat anda ditolak oleh penerbit. So, selalu perhatikan PUEBI dan KBBI dalam memeriksa tata bahasa.

Buat Sinopsis Yang Menarik Untuk Dibaca

Sinopsis mempunyai sebuah daya tarik yang besar dari seorang penerbit. Biasanya penerbit akan membaca tulisanmu melalui sinopsis terlebih dahulu. Oleh karena itu, tulislah 2-3 halaman sinopsis dari ratusan halaman yang anda tulis dan siapkan sinopsis yang terbaik agar karyamu dapat dilirik penerbit.

Tentukan Penerbit Yang Dituju

Jika kelima cara di atas sudah anda lakukan, anda dapat mencoba untuk mengirimkan karya anda ke penerbit. Tetapi sebelum itu, buatlah daftar list penerbit yang akan anda tuju. Tulislah  penerbit kecil terlebih dahulu sebelum anda menulis penerbit mayor. Biasanya penerbit kecil saingannya tidak banyak. Sebaliknya, pada penerbit mayor pastinya saingan anda banyak dan kemungkinan diterima kecil.

Unggah Ke Platform Kepenulisan

Poin terakhir ini adalah poin tambahan. Saat anda telah bekerja dengan keras untuk menembus penerbit namun impian tersebut terpatahkan, anda dapat melakukan cara ini.  Jadi, unggahlah semua tulisanmu pada platform kepenulisan seperti wattpad atau platform lainnya. Dari platform inilah anda mengetahui seberapa banyak pembaca yang tertarik pada karyamu. Pada platform inilah banyak penerbit yang berkeliaran dan mencari penulis baru. Nah, jika tulisanmu banyak disukai pembaca, pasti kemungkinan besar penerbit akan merekrut tulisanmu untuk diterbitkan di perusahaannya.

Nah, itulah 7 trik ampuh yang dapat anda manfaatkan untuk membuat tulisanmu dilirik penerbit. So, jangan patah semangat jika belum berhasil. Selalu bekerja keras, konsisten, dan berjuang untuk dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top