StartUp dan UKM

Jangan Ragu untuk Buat Rencana Bisnis, Karena Ada 4 Manfaat yang Bisa Diperoleh

rencana-bisnis

Saat akan menjalankan bisnis, Anda tentu tidak ingin mendapati kerugian. Nah untuk bisa menghindari kerugian, maka Anda membutuhkan sebuah plan atau perencanaan bisnis yang tepat. Kenapa harus membuat perencanaan bisnis? Sebab dengan membuat perencanaan bisnis maka setiap langkah Anda untuk menapak dan mengarungi persaingan bisnis akan bisa dilakukan dengan tepat. Meski perencanaan bisnis tak bisa seratus persen memastikan Anda terhindar dari kesalahan dan kerugian, namun setidaknya dengan membuat plan yang baik dan benar maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa kita minimalisir. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat menjalankan rencana bisnis.

  1. Mempermudah Jalannya Bisnis

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh ketika membuat rencana bisnis adalah mempermudah jalannya bisnis. Menjalankan bisnis memang tidak semudah dibayangkan. Apalagi bila bisnis Anda sudah membesar, maka akan banyak hal rumit yang akan dijumpai. Nah untuk mengatasi kerumitan untuk menjalankan bisnis ini, maka membuat plan akan menjadi solusinya. Sebab dengan plan bisnis ini Anda akan mendapatkan semacam panduan atau penuntun untuk melangkahkan usaha dengan baik. Rencana bisnis yang Anda buat ini juga bisa disebut sebagai sebuah blue print yang akan mempermudah Anda melangkahkan tahap demi tahap untuk mengembangkan usaha. Biasanya memang untuk menumbuhkan bisnis yang ada, pebisnis mengalami kebingungan dan kesulitan mengenai apa yang akan diperbuat. Nah dengan adanya rencana bisnis maka apa-apa yang ingin Anda kerjakan guna mengembangkan usaha akan bisa dilakukan tanpa kebimbangan dan keraguan. Dari sini jelas bahwa manfaat rencana bisnis ini akan mempermudah Anda untuk menjalankan usaha.

  1. Membantu Mendapatkan Investor atau Modal

Bila Anda selama ini merasa kesulitan untuk mendapatkan modal dari invenstor, maka cobalah periksa, jangan-jangan Anda memang tidak memiliki rencana bisnis. Rencana bisnis memang penting untuk Anda yang ingin mendapatkan investasi dan investor. Sebab bagaimana investor akan tertarik dengan bisnis Anda bila mereka tidak bisa melihat apa yang akan Anda lakukan ke depannya terhadap usaha yang Anda jalankan. Nah bila Anda membuat rencana bisnis tentu investor akan bisa melihat hal-hal yang akan Anda lakukan terhadap bisnis ke depannya. Sebab, dalam rencana bisnis ini Anda akan membuat langkah-langkah yang akan diambil dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dari beberapa langkah bisnis yang akan Anda ambil inilah maka bila kemudian bila dinilai menarik oleh investor, bukan tidak mungkin mereka kemudian akan mau menginventasikan dananya ke bisnis Anda.

  1. Mempermudah Evaluasi

Berikutnya, manfaat yang bisa Anda peroleh saat membuat rencana bisnis yaitu mempermudah evaluasi. Saat kebijakan atau strategi bisnis telah dijalankan maka evaluasi memang perlu untuk dilakukan. Tapi untuk bisa mempermudah menjalankan evaluasi maka rencana bisnis adalah hal yang diperlukan. Mengapa? Sebab dengan rencana bisnis yang telah disusun sedemikian rupa, maka komponen-komponen di dalamnya mengenai tahapan atau langkah bisnis yang ada bisa langsung dikoreksi bila kemudian terjadi kesalahan. Tapi bila tidak ada rencana bisnis maka Anda akan kesulitan untuk melakukan evaluasi. Sebab, Anda tidak punya dokumen yang bisa selalu mengingatkan poin-poin yang perlu dievaluasi.

  1. Untuk Menaikkan Level Bisnis Anda

Terakhir, manfaat membuat rencana bisnis adalah menaikkan level bisnis Anda. Dengan adanya rancangan bisnis memang akan membuat pebisnis akan lebih bersemangat untuk menjalakan usaha. Sebab dengan rencana bisnis maka pengusaha akan memiliki pandangan yang lebih konkrit untuk menjalankan bisnis secara lebih jelas. Ketika pebisnis memiliki semangat untuk menjalankan bisnis, maka peluang perusahaan untuk tumbuh dan naik level akan semakin terbuka lebar. Namun tanpa adanya rencana bisnis maka pebisnis tidak akan bergairah untuk mengembangkan usaha. Alih-alih bersemangat, untuk melangkahkan bisnis saja pengusaha akan mengalami kebingungan karena tidak adanya pedoman atau acuan berupa rencana bisnis.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat membuat rencana bisnis. Dengan bermanfaatnya rencana bisnis ini tentu Anda sebagai pebisnis tidak boleh melewatkannya. Sebab bila Anda melewatkannya maka bisnis akan sulit bertumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top