Lainnya

Jangan Risih dan Takut dengan Tanggapan Konsumen, Karena Ini yang Bisa Anda Dapatkan

manfaat-tanggapan-konsumen

Di zaman yang semakin canggih dan modern seperti sekarang, banyak cara untuk mengungkapkan perasaaan, termasuk menanggapi pembelian. Dengan hadirnya teknologi online, maka mengungkapkan perasaan setelah pembelian memang menjadi mudah. Apalagi jika kita telah membeli produk dari marketplace, maka kita akan semakin dimudahkan untuk menanggapi pembelian. Pasalnya di marketplace, kita akan diberikan kesempatan sebebas-bebasnya dalam fitur “ulasan” untuk menaggapi produk yang telah kita beli. Nah dengan adanya fenomena ini, kita sebagai pengusaha seharusnya memahaminya. Alih-alih risih dan takut, kita seharusnya mengambil sisi baiknya dari adanya tanggapan konsumen tersebut. Sebab, jika kita mau mengerti sebenarnya dari tanggapan atau feedback konsumen ini, kita bisa mendapatkan sesuatu yang berarti untuk bisnis kita. Berikut beberapa manfaat bagi bisnis yang bisa diperoleh dari adanya tanggapan konsumen tersebut.

  1. Menjadi Tolak Ukur Kepuasan Konsumen

Manfaat pertama dari adanya feedback atau tanggapan konsumen terhadap bisnis adalah sebagai tolak ukur kepuasan pembeli. Sebagai penjual tentu kita sangat menginginkan bahwa konsumen yang telah membeli produk merasa puas. Untuk mengetahui puas dan tidaknya pembeli ini maka kita sebagai penjual perlu mengetahui tanggapan mereka bukan? Nah dari sinilah biarlah mereka berkomentar untuk menanggapi pembeliannya. Dari beberapa tanggapan yang didapatkan maka Anda pun sebagai pengusaha bisa menjadikannya sebagai tolak ukur. Dari data tolak ukur tanggapan konsumen ini juga maka kita bisa melakukan evaluasi apa yang perlu diperbaiki ke depannya.

  1. Memberikan Wawasan untuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Untuk membuat bisnis yang terus bertumbuh dan berkelanjutan memang diperlukan sebuah pengalaman belanja yang baik dari konsumen. Jika pembeli sudah merasakan pengalaman belanja yang menyenangkan di toko Anda, maka akan semakin menguntungkan untuk bisnis ke depannya. Tapi untuk bisa menciptakan pengalaman belanja yang baik kepada pelanggan, Anda harus mengetahui respon pembeli terlebih dahulu selama ini. Tanpa adanya tanggapan dari konsumen maka hal ini tentu akan membuat Anda tak punya data untuk merespon balik dan memberikan informasi dan wawasan belanja di toko Anda.

  1. Membantu Meningkatkan Retensi Pelanggan

Tidak banyak pebisnis yang sadar bahwa tanggapan konsumen ini merupakan sesuatu yang penting untuk jangka panjang Anda dengan para pembeli. Pasalnya, saat konsumen memberikan tanggapan, maka dari sana Anda memiliki kesempatan besar untuk menjalin retensi (hubungan baik) dengan para pembeli. Tanggapan yang diberikan konsumen, entah itu dalam bentuk ucapan atau kata-kata tentu merupakan sebuah wujud komunikasi. Nah ketika Anda mendapatkan feedback tersebut maka disitulah Anda berkesempatan mengambil hati konsumen supaya terjalin retensi bisnis yang bersifat jangka panjang. Ketika Anda sudah bisa menciptakan retensi yang baik dan bersifat jangka panjang dengan para konsumen maka bisnis Anda pun akan semakin berprospek cerah ke depannya.

  1. Memberikan Evaluasi yang Nyata dengan Adanya Data

Untuk melakukan evaluasi terhadap penjualan yang telah dijalankan memang akan lebih baik bila didukung dengan data. Dengan adanya data kita akan lebih dimudahkan untuk melakukan evaluasi. Selain itu dengan adanya data yang akurat maka evaluasi yang akan dilakukan pun akan menghasilkan feedback yang maksimal. Lalu dari mana kita bisa mendapatkan data mengenai penjualan? Salah satu data bisa kita peroleh dari tanggapan pembeli terhadap produk kita. Dari adanya tanggapan pembeli tersebut, kita memang akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang respon pembeli. Nah dari sinilah maka kita bisa mengevaluasi penjualan kita selama ini dengan lebih tepat dan akurat.

  1. Membantu Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa

Terakhir, manfaat dari adanya tanggapan dari konsumen adalah membantu meningkatkan kualitas produk atau jasa kita. Adanya tanggapan atau feedback dari konsumen memang akan membuka kesempatan kita untuk melakukan evaluasi. Nah dari evaluasi inilah maka kita bisa tahu apa-apa yang perlu kita perbaiki dari produk dan jasa kita. Ketika kita kemudian memperbaiki apa-apa yang masih kurang, maka akan hadir produk atau jasa yang lebih baik dan berkualitas. Tentu dengan adanya produk atau jasa yang lebih berkualitas, maka akan membuat penjualan Anda lebih meningkat lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top