Tips

Kebiasaan Sehat Untuk Anda Yang Kerjanya Sering Duduk Di Kantor

Anda bekerja didalam ruangan? Jika iya coba tebak berapa rata-rata anda duduk didepan meja kerja anda. Tanpa anda sadari waktu yang anda habiskan didepan meja kerja pasti berjam-jam. Umumnya pegawai  kantoran menghabiskan waktu 8-10 jam duduk di tempat kerja.  Lama duduk di tempat kerja membuat anda terbatas dalam bergerak dan menambah resiko penyakit yang mungkin diderita di masa depan. Menurut penelitian mereka yang duduk hingga 10 jam ataupun lebih akan rentan  terkena serangan jantung hingga 60 persen.  Walau anda terpaksa duduk lama karena keadaan namun bisa kok diakali untuk tetap hidup sehat saat anda bekerja.

Minum Banyak Air Putih

Langkah paling sederhana ialah meminum air putih yang cukup. Hindari meminum air putih dalam skala besar secara mendadak karena tidak baik pula untuk kesehatan.  Upayakan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per harinya. Kurangi konsumsi gula berlebih agar kadar gula anda tetap normal dan batasi makanan berminyak.

Pakai Standing Desk

Tak sedikit perusahaan yang menggunakan standing desk atau meja kerja berdiri. Standing desk membuang kalori lebih banyak meja kerja pada umumnya. Ketika anda lelah berdiri seharian maka anda bisa mengambil break time untuk berbincang dengan kolega. Apabila perusahaan anda tak menyediakan standing desk maka bisa memilih meja yang cukup tinggi sehingga bisa mengetik sambil berdiri.

Atur Posisi Duduk Yang Benar

Atur posisi duduk anda agar tidak mudah capek dan mengalami sakit punggung. Sesuaikan kursi anda  dimana kaki anda ketika duduk harus mencapai lantai.  Gunakan kursi yang memiliki pegangan untuk meletakan siku anda.  Sesuaikan layar computer dengan memberikan jarak yang cukup jauh dari posisi duduk anda. Paling tidak bagian atas layar computer maksimal dua inchi diatas mata tingkat mata anda.  Letakan barang yang sering anda pakai didekat anda sehingga mudah untuk dijangkau. Jangan lupa untuk merapikan meja kerja setelah selesai bekerja.

Sering Lakukan Peregangan

Selanjutnya lakukan peregangan agar tubuh anda tidak mudah lelah dan melancarkan aliran darah.  Anda bisa merentangkan tangan kedepan maupun kebelakang bahkan berdiri sebentar 1-2 menit.  Anda juga bisa senam ringan di meja kerja agar peredaran darah semakin lancar. Saat istirahat siang anda juga bisa berjalan dengan menuruni tangga ketimbang naik lift.

Letakan Aroma Terapi Atau Tanaman

Untuk memperbaiki mood yang sedang jelek bisa menambahkan aroma terapi. Aroma terapi  memiliki banyak bau yang bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Aroma terapi juga bisa mengurangi stress dan membantu pikiran anda lebih jernih. Selain aroma terapi anda bisa menambahkan tanaman di meja kerja anda. Tak perlu tanaman yang besar cukup yang mini-mini saja maupun tanaman hijau yang mampu bertahan di dalam ruangan. Selain membuat ruangan lebih hijau tanaman ini bisa menyerap racun dan menggantinya dengan oksigen.

Kurangi Junk Food

Sebenarnya sah-sah saja anda mengkonsumsi junk food namun jangan berlebihan. Tubuh juga memerlukan asupan daging dan lemak . kurangi junk food dan lebih fokus pada makanan sehat agar tubuh anda juga selalu bugar. Jangan terlalu banyak minum kopi agar kadar kafein dalam tubuh idak terlalu tinggi. Siishkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk istirahat siang agar tubuh anda kembali segar. Tidur siang terlalu lama malah akan membuat anda semakin lelah sehingga secukupnya saja. Yuk atur pola hidupmu jadi lebih sehat dari sekarang

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top