Keuangan

Keren! Kini Ada Tabungan Digital Yang Gak Kalah Kekinian

Keren! Kini Ada Tabungan Digital Yang Gak Kalah Kekinian – Di zaman yang serba modern seperti saat ini sering kali kita terlena dengan berbagai keinginan dan kemudahan. Hal ini juga didasari dengan beragam pilihan yang dapat diakses dengan mudah. Touch in action adalah salah satu prinsip hidup, terlebih pada anak muda yang ingin serba mudah dan cepat. Seperti misalnya windows shopping yang sebelumnya hanya dilirik oleh kaum hawa saja, sekarang sudah merambah kepada para adam. Laki-laki sekarang tidak ingin ikut tertinggal trand yang sedang berlangsung disekitarnya. Itu semua untuk memuaskan kebutuhan hidup.

Namun sadarkah anda, diantara keinginan dan kemudahan anda untuk memperoleh barang seperti saat ini, sudah sesuai dengan tabungan anda? Padahal kebutuhan diluar belanja online bisa saja datang tiba-tiba tanpa memberi aba-aba terlebih dahulu. Jika ini terjadi maka pasti akan sangat membingungkan. Maka mulai sekarang lebih baik jika kita juga lebih perhatian kepada kebutuhan saving tersebut. Untuk memulainya tidak perlu memikirkan seberapa besarnya, cukup lakukan saja.

Bagi anak-anak muda yang memegang prinsip touch in action tersebut tentu ingin segalanya dapat dijangkau dengan mudah. Begitu pula ketika ingin menabung. Kemudahan harus mereka dapatkan. Mereka akan sangat enggan untuk datang dan mengantri hanya sekedar untuk membuat rekening tabungan.

Hal inilah mungkin yang menjadi salah satu pertimbangan bagi perbankan Indonesia untuk menciptakan Tabungan Digital. Hampir sama dengan tabungan konvensional, Tabungan Digital ini juga memiliki manfaat utama sebagai tempat menyimpan uang. Hanya saja sudah dilengkapai dengan dengan inovasi terbaru dengan layanan digital. Jadi, nasabah bisa mengakses  saldo rekening sampai transaksi cukup melalui browser di laptop maupun smarthphone saja. Tentu layanan ini masih disesuaikan dengan fitur berbankan konvensional sesuai dengan peraturan OJK.

Pilihan tabungan digital di Indonesia

Layanan Tabungan Digital disetiap bank tentu berbeda-beda. Bahkan tidak hanya menabung, Tabungan Digital juga menyediakan layanan untuk membatasi pengeluaran secara lebih optimal. Fitur ini tentu diciptakan demi memenuhi kebutuhan nasabahnya. Berikut beberapa jenis tabungan digital di Indonesia.

Jenius

Jenius merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Bank BTPN. Untuk membuka rekening di sini anda tidak perlu datang ke bank. Cukup dengan mengunduh aplikasi pada android store maupun ios dan daftarkan diri anda secara online. Setelah prosedur pendaftaran sudah dilakukan pihak Jenius akan mendatangi tempat tinggal anda untuk meminta tanda tangan dan mengantarkan kartu ATM.

Anda juga bisa langsung mendaftarkan rekening jika kebetulan anda menemukan booth Jenius yang terdapat di beberapa pusat perbelanjaan besar. Setelah menjadi nasabah anda akan mendapatkan 5 kartu debit untuk pengeluaran. Kartu tersebut dianataranya 2 kartu debit e-card dan m-card dan 3 lainnya adalah x-card yang dapat digunakan untuk tarik tunai atau belanja dan membantu nasabah mengatur pengeluaran yang sesuai kebutuhan.

Tabungan Woke

Tabungan Digital yang satu ini adalah milik dari Bank Bukopin. Tabungan ini memiliki 2 tipe yaitu tipe registered dan unregistered. Untuk tipe registered anda bisa menyimpan di server Bank Bukopin sedangkan tipe unregistered seluruh transaksi dapat dilakukan melalaui e-wallet (dompet elektronik).

Tabungan BTN Cermat

Seperti namanya, tabungan ini adalah fasilitas yang dimiliki oleh Bank BTN. Tabungan BTN Cermat adalah tabungan yang tidak memiliki kantor fisik. Tabungan ini akan berupa kartu tanpa buku tabungan.

Keunggulannya tabungan ini tidak akan dikenakan biaya administrasi. Tabungan BTN Cermat ini penggunaanya cukup melalui smarthphone seperti mobile banking. Untuk membuka akun cukup menggunakan smarthphone. Anda bisa meminta bantuan Agen Laku Pandai yang ada di Kantor Pos Indonesia.

 

Langkah mudah membuka tabungan digital

Tahapan membuat rekening di Bank Digital hampir sama dengan membuat rekening di bank konvensional. Hanya saja proses pembuatannya tidak perlu dilakukan di bank yang berkaitan. Singkatnya, anda hanya perlu mengisi formulir berupa data diri melalaui website atau aplikasi yang sudah disediakan oleh penyedia layanan. Sesuaikan data diri anda dengan KTP dan NPWP agar lebih valid dan memudahkan proses persetujuan.

Setelahnya anda akan mendapatkan kode verifikasi dan nomor akun virtual yang berguna untuk melakukan setoran awal tabungan. Namun memang ada beberapa Tabungan  Digital yang tidak memerlukan setoran di awal pembuatan rekening.

Jika prosesnya sudah dilakukan, pihak bank akan mengirim notifikasi melalui email yang sudah terdaftar. Anda tinggal menunggu pihak bank mengirim kartu debit atau kartu ATM ke alamat anda dan anda telah resmi sebagai pengguna Tabungan Digital.

Saat ini memang tabungan digital masih diprioritaskan sebagai sarana penyimpanan dan pembayaran bagi nasabahnya. Namun seiring berjalannya waktu akan ada penambahan layanan yang pastinya akan sangat membantu kemudaha nasabah dalam bertransaksi. Anda tertarik untuk membuat rekening di tabungan digital?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: