Tips

Kerja Menumpuk dan Bikin Puyeng? Lakukan 6 Tips Ini untuk Mengatasinya

atasi-kerja-menumpuk

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, tak jarang kita lalai karena terlalu bermalas-malasan.  Hasilnya kemudian beban kerja jadi semakin berat dikarenakan pekerjaan atau tugas yang makin menumpuk. Saat beban kerja makin berat maka kita akan pusing atau puyeng. Sikap kita dalam menghadapi pekerjaan setiap harinya memang akan menentukan bagaimana nanti akhirnya. Bila Anda selalu disiplin dalam mengerjakan pekerjaan maka Anda akan terhindar dari tugas yang menumpuk. Tapi bila Anda selalu menunda-nunda pekerjaan maka sangat mungkin nantinya Anda akan berhadapan dengan tugas yang menumpuk. Namun bila tugas yang menumpuk ini memang tak lagi bisa dihindari, maka Anda harus bisa segera mengatasinya. Bagaimana caranya? Lakukan saja beberapa tips berikut ini.

  1. Tulis Tugas yang Akan Kerjakan

Tips pertama untuk mengatasi tugas yang terlajur menumpuk adalah dengan menuliskan tugas yang akan dikerjakan. Banyaknya tugas yang ada dan harus dikerjakan memang membuat Anda bisa kaget dan binggung mau melakukan apa atau mau memulai dari mana. Nah agar Anda dapat menghadapinya dengan segera maka Anda dapat memulainya dengan membuat daftar pekerjaan yang akan dikerjakan. Tulis saja pekerjaan yang ada dan jika bisa buat penggolongan atau pengelompokan pekerjaan berdasarkan kategori tertentu. Pengelompokan pekerjaan yang bisa Anda lakukan adalah penggolongan pekerjaan berdasarkan mudah dan tidaknya.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan Lagi

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pekerjaan yang terlanjur menumpuk adalah dengan tidak menunda pekerjaan lagi. Jika pekerjaan sudah menumpuk, Anda memang tak boleh lagi bermalas-malasan. Pasalnya Anda sudah memiliki beban pekerjaan yang banyak dan harus segera diselesaikan. Bila Anda masih saja menunda pekerjaan maka Anda akan semakin pusing serta stress. Segera kerjakan pekerjaan yang menumpuk tersebut dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh agar satu per satu pekerjaan bisa terselesaikan dan membuat beban kerja sedikit demi sedikit berkurang.

  1. Kerjakan yang Mudah Terlebih Dahulu

Karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, bukan tidak mungkin seseorang mengalami kebingungan karena tak tahu harus memulai dari mana. Nah bagi Anda yang juga sering mengalami kebingungan saat mendapati pekerjaan yang menumpuk, ada sebuah tips yang bisa dijalankan. Tips tersebut adalah mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu maka Anda akan terpacu untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang masih belum dikerjakan sebelumnya. Ketika mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu, Anda juga akan sedikit demi sedikit mengurangi beban kerja  yang ada. Pada akhirnya mengerjakan pekerjaan yang mudah dahulu juga akan membuat Anda akan cepat meyelesaikan tugas yang menumpuk.

  1. Buat Jadwal yang Ketat

Untuk Anda yang tidak bisa mengontrol waktu dan mendapati tugas menumpuk, maka membuat jadwal kerja yang ketat bisa jadi solusi. Tulis saja waktu-waktu yang tak boleh Anda lewatkan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk tersebut. Dalam yang jadwal ketat tersebut Anda juga bisa menuliskan waktu istirahat agar tubuh Anda tidak sakit karena terlalu bekerja keras. Dengan membuat jadwal yang ketat ini Anda akan dipaksa untuk berdisiplin dan juga melawan segala hal yang bisa mengacaukan tujuan Anda mengerjakan tugas menumpuk.

  1. Yakinkan Diri Untuk Bisa Menyelesaikannya

Meski Anda sudah menyusun segala rencana untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, tanpa motivasi diri maka hal ini akan percuma. Jadi Anda harus memotivasi diri dan meyakinkan diri untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Yakinkan diri Anda bahwa Anda akan mampu untuk mengatasi beban kerja yang besar tersebut. Dengan motivasi tersebut, Anda akan selangkah lebih maju untuk dapat membuat pekerjaan yang menumpuk segera dapat selesai.

  1. Delegasikan Tugas Bila Memang Memungkinkan

Terakhir, tips untuk mengatasi beban kerja yang besar karena adanya pekerjaan menumpuk adalah dengan mendelegasikan tugas. Bila memang Anda merasa tak sanggup lagi untuk menyelesaikan semua tugas menumpuk tersebut, maka Anda bisa mencari orang lain untuk bisa membantu Anda. Agar Anda tak sia-sia mendelegasikan tugas maka pastikan orang yang akan membantu pekerjaan Anda adalah orang yang benar-benar mengerti akan pekerjaan Anda. Mencari freelancer di media online juga menjadi salah satu jalan keluar bagi Anda yang ingin mendelegasikan tugas dan membuat pekerjaan yang menumpuk segera selesai. Tapi untuk menjalankan tips yang satu ini Anda harus siap menyediakan budget untuk membayar jasa mereka.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top