Lainnya

Keutamaan dan Pentingnya Keunikan Pada Bisnis, Sudah Tahukah Anda?

pentingnya-keunikan-bisnis

Dalam bisnis, Anda memang bisa menjadi spesial. Caranya, Anda harus menciptakan keunikan pada bisnis Anda. Semakin unik karakter yang bisa Anda hadirkan maka semakin spesial-lah bisnis Anda. Seperti layaknya produk spesial, bisnis yang spesial tentu akan lebih banyak dicari konsumen. Jadi dari sini sudah terlihat dan nampak bahwa keunikan pada bisnis adalah sesuatu yang penting. Selain untuk menjadi spesial, ada beberapa keutamaan lain dari bisnis yang unik. Berikut beberapa keutamaan dan pentingnya keunikan dari sebuah bisnis.

  1. Untuk Membedakan dari Bisnis Sejenis

Keutamaan dan pentingnya keunikan pada bisnis yang pertama adalah sebagai pembeda dari bisnis sejenis. Anda yang menjalankan bisnis yang umum tentu akan banyak pebisnis lain yang menyamainya. Nah agar bisnis Anda terlihat lebih berbeda, maka Anda harus menghadirkan keunikan. Dengan keunikan, Anda akan berpeluang untuk bisa lebih didatangi konsumen. Mengapa? Sebab ketika bisnis Anda unik, konsumen secara otomatis akan lebih memperhatikan Anda dibanding yang lain. Seperti halnya sebuah warna. Bila semua yang ada di sekitar kita berwarna kuning, maka dengan menghadirkan warna merah, orang yang melihat akan langsung tertuju pandangannya pada warna merah ketika pertama kali melihat. Nah disnilah keutamaan dan pentingnya keunikan pada sebuah bisnis.

  1. Senjata Utama untuk Tingkatkan Branding

Anda yang ingin meningkatkan branding bisnis maka menjadikan keunikan sebagai senjata adalah pilihan yang tepat. Sebab dengan menciptakan keunikan pada bisnis akan membuat brand bisnis Anda lebih cepat dikenal oleh konsumen. Tapi sebaliknya bila bisnis Anda sama-sama saja dengan bisnis lain, maka untuk bisa meningkatkan branding akan sulit untuk dilakukan. Jadi kekuatan branding sendiri tidak hanya terletak pada nama dan logo, tapi keunikan yang ada pada bisnis Anda juga sangat menentukan bagaimana branding akan tergenjot. Jadi jangan pernah ragu untuk menghadirkan keunikan pada bisnis Anda bila Anda ingin meningkatkan branding.

  1. Menambah Nilai dan Citra di Mata Konsumen

Konsumen memang memiliki daya penilaian sendiri pada sebuah bisnis. Bila ada dua bisnis memiliki kualitas yang sama baiknya dengan bisnis lain maka kedua bisnis ini akan dinilai sama oleh konsumen. Tapi bila kemudian Anda menghadirkan sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh pesaing, maka bisnis Anda akan mendapatkan nilai plus tersendiri. Dari sini maka usaha Anda akan setingkat lebih baik meski sebelumnya memiliki kualitas yang sama dengan pesaing. Tentu saat bisnis Anda memiliki nilai yang lebih dari kompetitor dari sudut pandang konsumen, akan membuat usaha Anda lebih cepat bertumbuh.

  1. Rebut Pasar yang Lebih Spesifik

Selanjutnya, keutamaan dan pentingnya menghadirkan keunikan pada bisnis adalah Anda akan bisa merebut pasar yang lebih spesifik. Bila Anda selama ini kesulitan memembus pasar yang besar karena sengitnya persaingan yang ada, maka menghadirkan bisnis yang unik bisa menjadi solusinya. Dengan mengkhususkan atau men-spesfikkan bisnis, maka target pasar Anda pun juga akan semakin mengecil (khusus). Namun jangan khawatir, meski pasar Anda mengecil, tapi Anda akan bisa mendapatkan pasar tersendiri yang tidak bisa diperoleh pesaing Anda. Nah dari sini ketika Anda mampu merebut pasar spesifik yang tidak bisa diambil pesaing, bisnis Anda akan bisa lebih berkembang.

  1. Solusi dari Persaingan yang Terlalu Ketat

Terakhir, keutamaan dan pentingnya menghadirkan keunikan pada bisnis adalah menjadi jalan keluar dari terlalu ketatnya persaingan. Seperti dijelaskan sebelumnya, bila sebuah bisnis sudah tak mampu bersaing di pasar yang besar dan luas, maka sebenarnya ada pasar khusus atau spesifik yang bisa direbut. Tentu untuk bisa meraih pasar yang lebih spesifik agar terhindar dari persaingan yang terlalu ketat ini adalah Anda harus menghadirkan keunikan pada bisnis Anda. Jika setelah Anda spesifik-kan bisnis Anda dan ternyata persaingannya masih terlalu ketat, maka teruslah membuat bisnis yang lebih spesifik. Begitulah seterusnya hingga Anda mampu menguasai pasar khusus yang Anda ciptakan dan juga terhindar dari persaingan yang terlalu ketat.

Demikianlah beberapa keutamaan dan pentingnya keunikan pada sebuah bisnis. Dengan banyaknya keutamaan yang ada pada bisnis yang unik ini tentu Anda sebagai pengusaha harus merespon. Apalagi bila bisnis atau usaha Anda tergolong umum di masyarakat dan banyak yang menjalankannya. Dengan menghadirkan keunikan maka Anda akan lebih berpeluang untuk meraih kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top