Tips

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Berkonsep Food Truck,Coba Yuk!

sukses-bisnis-food-truck

Perkembangan bisnis kuliner saat ini memang begitu meriah. Beragam menu dan sajian bisa kita lihat dan kita nikmati di beberapa tempat yang menjualnya. Bukan hanya ragam kuliner yang membuat bisnis kuliner ini makin marak, tapi beberapa konsep jualan kudapan pun juga semakin hari semakin nampak ramai bermunculan. Munculnya beragam konsep jualan kuliner ini sendiri didorong atas kreativitas pemilik bisnis untuk lebih bisa menarik konsumen datang. Salah satu konsep bisnis kuliner yang saat ini sedang menjadi tren adalah food truck. Food truck adalah bisnis kuliner yang dijalankan di sebuah kendaraan mini bus atau lainnya. Dengan memodifikasi atau mendesain ulang mobil sedemkian rupa maka kendaraan pun bisa dijadikan tempat berjualan produk kuliner. Meski sedang ngetren, tapi untuk bisa sukses, bisnis kuliner berkonsep food truck ini perlu diperjuangkan dan diusahakan dengan semangat dan kegigihan. Nah untuk bisa sukses menjalankan bisnis food truck, berikut ada beberapa kiat atau tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Memahami Risiko yang Ada

Pertama, kiat sukses menjalankan bisnis food truck ini adalah dengan memahami risiko yang ada. Menjalankan bisnis apapun memang akan selalu muncul risiko. Tapi risiko pada bisnis kuliner berkonsep food truck ini terbilang besar hingga bisa berujung pada kebangkrutan atau gulung tikar. Berdasarkan catatan dari Joko Waluyo selaku Ketua Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) menyatakan bahwa di dua bulan pertama operasional ada 20 hingga 30 persen pengusaha food truck yang mengalami gulung tikar. Lebih lanjut Joko Waluyo menyatakan bahwa kebangkrutan yang dialami oleh beberapa pengusaha bisnis food truck ini lebih banyak disebabkan oleh hambatan seperti perpecahan kongsi antar pemilik usaha. Dari beberapa risiko yang ada maka Anda yang akan menjalankan bisnis ini harus bisa berpikir kreatif bagaimana cara untuk mengatasinya.

  1. Miliki Mental yang Kuat

Untuk menjalankan bisnis ini seseorang harus merogoh kocek yang besar sebagai modal awalnya. Dari modal awal yang besar inilah maka umumnya para pengusaha food truck ini akan goyah saat mendapati kendala. Ditambah dengan beberapa risiko bisnis yang telah disebutkan di atas menurut Joko Waluyo membuat siapa pun yang akan menjalankan usaha food truck harus memiliki mental yang kuat. Dengan mental yang kuat maka segala permasalahan apapun yang menghadang pastinya akan bisa dihadapi dengan baik.

  1. Mampu Mengatasi Masalah Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja yang membantu Anda menjalankan bisnis food truck ini juga memiliki peranan penting untuk kesuksesan. Sayangnya dalam bisnis kuliner berkonsep food truck, Sumber Daya Manusia menurut Joko Waluyo menjadi salah satu permasalahan bagai para pengusaha. Hal ini karena tenaga kerja yang biasanya didapatkan para pengusaha food truck merupakan SDM yang kurang terampil dan kurang profesional. Apalagi jika sudah menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri, tenaga kerja yang bekerja untuk food truck ini banyak yang meminta izin untuk tidak masuk. Dari sinilah kemudian banyak pengusaha bisnis food truck yang berkeluh kesah tentang masalah tenaga kerja. Nah dari sini Anda yang ingin menjalankan bisnis food truck ini dengan sukses, Joko Waluyo menganjurkan untuk mengatasi masalah berkaitan dengan Sumber Daya Manusia tersebut.

  1. Bergabung dengan Asosiasi

Terakhir, kiat sukses menjalankan bisnis kuliner berkonsep food truck adalah dengan bergabung asosisasi. Bisnis food truck ini memang memiliki asosiasi atau perkumpulannya yakni Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI). Nah dengan bergabung dengan AFTI ini maka Anda akan banyak mendapatkan manfaat bagi para pengusaha. Salah satu manfaat bergabung dengan AFTI adalah terbantu untuk menyelesaikan beberapa permasalahan bisnis yang Anda alami. Dari sini maka dengan bergabung AFTI maka prospek Anda untuk mensukseskan bisnis food truck akan lebih besar.

Itulah beberapa kiat sukses yang bisa diterapkan untuk bisnis kuliner berkonsep food truck yang Anda jalani. Ketika Anda bisa mencapai sukses, bisnis food truck ini menurut Joko Waluyo akan mampu menghasilkan omset rata-rata mencapai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per-harinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top