Lainnya

Kisah Sukses Kilala Tilaar yang Merintis dari Bawah dengan Menjadi Tukang Lap

Kilala-Tilaar

Kilala Tilaar yang merupakan anak dari pengusaha sukses Martha Tilaar merupakan salah satu sosok sukses di Indonesia. Dengan jabatannya sebagai deputi direktur pemasaran PT. Martino Berto, membuat Kilala menjadi salah satu sosok sukses yang patut ditiru. Meski merupakan lulusan S-2 Havard University dan merupakan anak dari pengusaha suskes Martha Tilaar, Kilala tidak begitu saja dengan mudahnya meraih sukses. Agar mencapai suskes sejati, Kilala bahkan sengaja digembleng oleh Matha Tilaar yang merupakan ibunya dengan merintis usaha penuh perjuangan yang berdarah-darah. Bahkan untuk meraih suksesnya, Kilala harus menjadi tukang lap untuk membersihkan usaha spa yang dijalankannya. Jadi seperti apa cerita lengkap dari Kilala Tilaar dalam usahanya mencapai puncak kesuksesan? Berikut kisahnya.

Memulai dari Level Terbawah

Kilala Tilaar memang memulai awal kesuksesannya dari level bawah. Ketika itu tahun 2005, Kilala yang baru lulus S-2 harus menjalani karir di usaha spa yang masih baru. Bukannya menjadi pemimpin, di usaha spa milik ibunya ini Kilala merintis karinya dari level terendah yakni staf. Sebagai staf yang bekerja membantu manajer, pria kelahiran Jakarta, 2 September 1980 ini harus mengerjakan beberapa kegiatan seperti mempersiapkan pembukaan spa baru, pasang parquet hingga membersihkan sarana spa. Diakui oleh ibunya yakni Martha Tilaar, ditempatkannya Kilala di usaha spa dengan menjadi staf memang sengaja dilakukan untuk menggembleng dan menempa mental bisnisnya.

Kesadaran Diri Pentingnya Sebuah Proses

Ketika mengawali karirnya sebagai staf di spa, Kilala mengakui bahwa dirinya merasa sangat berat menjalaninya. Begitu beratnya menjalani proses awal ini membuat Kilala harus merelakan badannya kurus. Namun karena dirinya mengerti bahwa hal ini adalah bagian dari proses maka Kilala pun dengan sabar dan tabah menjalaninya. Hingga akhirnya setelah sekitar lima tahun, Kilala diberikan amanat untuk menduduki posisi GM Operasional karena sudah dianggap mampu memimpin orang dan memahami hal operasional.

Tertantang untuk Membuktikan Diri

Ketika menduduki posisi sebagai GM Operasional, Kilala semakin bersemangat untuk meraih impian suksesnya. Di perusahaan spa yang bernama PT Cantika Puspa Pesona ini dirinya dan tim menjalankan berbagai strategi seperti membuat sistem, memutus kontrak mitra waralaba yang nakal serta ekspansi membuka cabang. Dari apa yang dilakukannya ini kemudian membuat perusahaan yang awalnya merupakan perusahaan minus kemudian bisa bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang menguntungkan.

Mendapat Promosi Jabatan Jadi Pimpinan Pemasaran Martina Berto

Dari kesuksesannya membuat perusahaan tumbuh dan berkembang membuat Kilala mendapat promosi kenaikan jabatan baru dari ibunya. Jabatan baru Kilala di Cantika Puspa Pesona adalah pemimpin pemasaran di Martina Berto. Ketika menjabat pemimpin pemasaran di Martina Berto, Kilala pun menjalankan beberapa terobosan yang menghasilkan seperti memasukkan produk Martina Berto yaitu Dewi Sri Spa ke Metro dan Sogo. Menariknya, keberhasilannya memasukkan produk Martina Berto yaitu Dewi Sri Spa ke Metro dan Sogo ini dilakukannya dalam waktu kurang dari 12 bulan. Dari pencapaian tersebut, produk Dewi Sri Spa yang sebelumnya mendapati kerugian kemudian tumbuh 30% per tahun.

Lakukan Berbagai Terobosan untuk Tumbuhkan Bisnis

Tidak hanya membuat produk Dewi Sri spa tumbuh 30%, tapi Kilala juga sukses membuat terobosan lain yaitu menjadikan produk Professional Artis Cosmetics (PAC) masuk ke acara-acara televisi. Tidak hanya itu, Kilala juga mampu membuat produk Professional Artis Cosmetics (PAC) dikokreasi (co-creation) menjadi merek PAC KD Line oleh Krisdayanti. Dari co-creation ini maka selain makin tersebar penjualannya, PAC juga mampu mendapatkan endorse yang mumpuni dari Krisdayanti ini.

Peminatan dan Passion di Bidang Pemasaran

Terakhir, cerita lengkap dari Kilala Tilaar dalam usahanya mencapai puncak kesuksesan adalah bahwa passion-nya yang besar dibidang pemasaran. Bakat atau passion dibidang pemasaran ini pada mulanya diketahui oleh ibu, Martha Tilaar, yang sering mengamati tingkah laku anaknya tersebut. Peminatan besar Kilala pada bidang pemasaran sendiri terlihat oleh ibunya ketika Kilala kecil sering membelikan produk baru untuk dirinya. Menariknya lagi Kilala pada saat dewasanya menunjukkan ketertarikan pada produk kosmetik dan mode untuk bidang pemasarannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top