Tips

Mau Bisnis Rumah Kontrakkan Jadi Menguntungkan? Ini yang Harus Dilakukan

bisnis-kontrakan

Bagi Anda yang memiliki rumah yang tak terpakai maka menjadikannya sebagai kontrakkan akan jadi pilihan yang tepat. Memang dari pada tak bernilai guna, menjadikan rumah tak terpakai ini sebagai kontrakkan akan membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan bila Anda memiliki rumah tak terpakai ini lebih dari satu maka Anda bisa menjalankan bisnis kontrakkan yang bisa jadi dapat melebihi penghasilan utama Anda. Tapi supaya bisnis kontrakkan ini benar-benar menguntungkan maka Anda tidak bisa menjalankannya secara sembarangan. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan strategi yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis rumah kontrakkan ini secara menguntungkan.

  1. Pastikan Rumah yang Anda Kontrakkan Layak Huni

Pertama, tips supaya bisnis rumah kontrakkan yang Anda jalankan menguntungkan, maka Anda harus memastikan bahwa rumah yang akan Anda kontrakkan layak huni. Jadi bila rumah yang akan Anda kontrakkan sudah lama tak ditinggali, pastikan Anda melakukan pengecekan dulu pada semua bagian rumah. Pastikan semua bagian rumah tidak ada masalah yang berarti untuk ditinggali. Tapi bila kemudian Anda mendapati ada bagian rumah yang rusak dan mengkhawatirkan, maka sebagai pemilik kontrakkan, Anda wajib merenovasi atau memperbaikinya. Rumah kontrakkan yang layak huni dan mumpuni untuk ditinggali memang akan lebih cepat mendapatkan penyewa dibanding rumah yang tak layak huni.

  1. Keadaan Air yang Bersih

Selain keadaan beberapa sudut rumah yang baik dan layak huni, Anda juga harus memastikan keadaan air yang bersih dan tak ada masalah. Air memang menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap orang yang tinggal di rumah. Air bersih sendiri oleh setiap penghuni rumah akan digunakan untuk berbagai aktivitas penting seperti mandi, mencuci pakaian dan piring serta beberapa kegiatan lain. Bahkan tak jarang beberapa pemilik rumah ini menggunakan air bersih ini untuk keperluan minum. Jadi karena pentingnya air bersih bagi setiap penghuni rumah, maka Anda sebagai pemilik kontrakkan harus memastikan persediaan air bersih.

  1. Lokasi di Dekat Kota Juga Akan Sangat Mempengaruhi

Untuk bisa membuat kontrakkan Anda banyak diburu penyewa, faktor lokasi juga tak boleh Anda lupakan begitu saja. Rumah kontrakkan yang disewa seseorang memang biasanya terjadi karena mereka kesulitan membeli rumah dengan harga tinggi. Dari sinilah kemudian muncul kebutuhan atau permintaan akan rumah kontrakkan. Karena permintaan akan rumah kontrakkan ini didorong oleh kebutuhan akan hunian dan ketidakmampuan membeli rumah yang harganya tinggi maka biasanya hal ini berlaku di perkotaan. Jadi bila Anda ingin bisnis rumah kontrakkan banyak peminatnya, sudah pasti Anda harus memilih hunian yang dekat kota.

  1. Tentukan Harga Sewa Kontrakkan yang Wajar

Setelah menciptakan hunian yang baik dengan beragam fasilitasnya serta juga memilih hunian dekat kota, langkah selanjutnya untuk membuat bisnis rumah kontrakkan ini berjalan mulus adalah dengan menentukan harga sewa yang wajar. Jangan mentang-mentang Anda memiliki rumah di tempat yang baik kemudian dengan semena-mena membuat harga sewa yang terlampau mahal. Harga sewa hunian yang mahal memang akan membut calon penyewa berpikir panjang. Dan bukan tidak mungkin penyewa yang mendapati rumah kontrakkan yang terlampau mahal dan tidak wajar akan mengurungkan niat menyewa dan mencari rumah kontrakkan lain. Dari sinilah maka ketika Anda akan menentukan harga sewa rumah kontrakkan lakukan riset dulu supaya Anda bisa mendapatkan harga yang wajar atau rata-rata.

  1. Pastikan Penyewa Puas

Terakhir, tips untuk menjalankan bisnis rumah kontrakkan yang menguntungkan adalah dengan memastikan penyewa selalu puas dengan rumah kontrakkan Anda. Setelah Anda dan penyewa saling setuju dengan sewa rumah kontrakkan dan segala perjanjiannya, maka langkah berikutnya agar bisnis rumah kontrakkan sukses, Anda harus selalu membuat penyewa puas. Kepuasan penyewa memang bisa saja menjadi penentu kesuksesan Anda berbisnis sewa rumah. Sebab, bila penyewa tidak puas dalam masa penyewaan, maka hal ini tidak akan membuat mereka memperpanjang masa sewa. Tidak hanya itu, penyewa yang kecewa dan tidak puas juga tidak menutup kemungkinan mereka akan menceritakan kepada orang lain. Nah, saat orang lain mendengar cerita dari penyewa yang tidak puas tersebut, maka hal ini akan membuat bisnis rumah kontrakkan Anda jadi sepi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top