Bisnis Online

Mau Buka Jastip, Kenali Dulu Aturan Ini Agar Tidak Rugi

Berkat teknologi yang semakin berkembang kini mulai bermunculan peluang usaha unik. Salah satunya ialah Jastip atau jasa titip. Jastip ini merupakan layanan bantuan belanja bagi konsumen yang tidak bisa berbelanja di toko dimana produk yang diinginkannya diperjualbelikan. Peluang usaha Jastip sendiri mulai santer terdengar pada 2016 khususnya dikawasan Jabodetabek. Tidak hanya melayani bantuan belanja di dalam negeri saja namun merambah kuat negeri. Bahkan Jastip untuk lokasi belanja di luar negeri jauh lebih tinggi ketimbang di dalam negeri. Hal ini ditengarai lebih sulitnya akses karena ada aturan imigrasi dan keterbatasan bahasa yang digunakan.

Pengguna layanan Jastip pun beragam mulai dari kalangan menengah hingga kaum sosialita . Produk yang dibeli juga beragam mulai dari tas, sepatu, kosmetik, skincare bahkan album musik dan lainnya. Kelebihan dari Jastip sendiri di mata konsumen ialah lebih murah ketimbang membeli di tanah air yang dikenakan pajak berganda mulai dari PPN hingga bea masuk impornya. Selain itu mampu meminimalisir produk palsu serta lebih prestisius karena dibeli di negara dimana produk tersebut aslinya berasal.

Dari segi pelaku usaha sendiri Jastip mampu menghasilkan keuntungan yang tidak bisa dibilang sedikit. Besaran fee yang ditawarkan bisa mencapai 10 % dari harga jual produk tersebut bahkan lebih. Bagi anda yang berminat untuk menjalankan bisnis Jastip penting untuk mengetahui beberapa aturan ini :

Barang Jastip Impor Dibatasi 500 USD

Jika jastipnya impor anda perlu paham aturan bea cukai yang berlaku. Sebagai contohnya aturan barang bawaan pendatang dari luar negeri dari luar negeri yang tidak dikenakan bea masuk ialah 500 USD untuk setiap pendatang dari luar negeri. Jika melebihi nilai tersug maka akan dikenakan biaya masuk atau PPN senilai 10 % dari nilai jual barang yang anda bawa.

Pembatasan Alkohol dan Rokok

Selain itu ada beberapa batasan barang impor yang boleh masuk ke Indonesia . Barang yang dimaksud ialah alkohol yang dibawa oleh pendatang dari luar negeri ke Indonesia hanya diizinkan sebanyak satu liter per orangnya. Tak hanya alkohol rokok pun dibatasi untuk bisa masuk ke Indonesia yaitu hanya sebanyak 200 batang saja. Sisa dari barang bawaan pendatang dari luar negeri yang melebihi batas akan dihancurkan oleh petugas dihadapan pemiliknya.

Isi SPMB Jika Membawa Barang Mewah Ke Luar Negeri

Bagi anda yang bepergian ke luar negeri dan membawa barang – barang bernilai tinggi namun bukan baru baiknya mengisi SPMB. SPMB merupakan surat pemberitahuan membawa barang sehingga ketika kembali ke tanah air barang yang anda bawa yang mana memiliki nilai material tinggi tidak disangka sebagai barang baru yang dibeli dari luar negeri. Dengan begitu anda juga bisa menghindari bea masuk untuk barang impor diatas 500 USD.

Langsung Pakai Barangnya

Untuk menghindari bea masuk anda juga bisa mengenakan langsung barang yang anda beli dari luar negeri. Hindari membawa kotak barang mewah tersebut karena bisa dicurigai barang yang anda kenakan masih baru. Apabila anda bepergian dengan teman atau saudara ada baiknya menitipkan sebagian barang pesanan pelanggan ke teman atau saudara tersebut. Hal ini membantu anda menghindari kelebihan batas maksimal barang bawaan yang boleh masuk ke Indonesia.

Ada Sanksi Bagi Yang Melanggar

Bagi anda yang menyembunyikan barang bawaan bahkan tidak kooperatif dengan petugas bea cukai bisa dikenakan sanksi. Sanksi ini bisa berupa penahanan barang bawaan bahkan hingga kurungan badan.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top