StartUp dan UKM

Mau Datangkan Penjualan di Bulan Pertama Usaha? Ini yang Harus Anda Lakukan

penjualan-bulan-pertama

Dalam usaha atau bisnis, penjualan memang menjadi sesuatu yang penting untuk selalu diperhatikan. Apalagi bagi usaha dan bisnis yang baru saja didirikan, penjualan akan menjadi sesuatu yang krusial untuk dicapai. Hal ini dikarenakan bisnis yang baru saja berdiri membutuhkan dana guna mengembalikan modal yang dipakai untuk merintis bisnis. Selain itu bagi bisnis baru, dana dari penjualan nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan usaha. Nah untuk itulah penjualan di bulan-bulan pertama usaha menjadi sesuatu yang harus diraih bisnis baru supaya beberapa tujuan sebelumnya bisa tercapai. Untuk mencapai penjualan di bulan-bulan pertama tersebut maka Anda bisa melakukan beberapa cara beriktu ini.

  1. Berpartisipasi Pada Sponsorship Event

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendatangkan penjualan di bulan pertama adalah berpartisipasi dalam sponsorship event. Supaya publik mengenal bisnis dan produk Anda yang baru maka kegiatan sponsorship event memang harus dijalankan. Meski harus berkorban biaya, tenaga dan waktu, sponsonship event jelas akan menjadi cara dan solusi yang tepat untuk mencapai penjualan di bulan pertama. Jangan lupakan juga untuk memilih sponsorship event yang tepat dan optimal untuk keperluan tercapainya penjualan dibulan pertama bisnis Anda.

  1. Sediakan Affiliasi Marketing untuk Mendongkrak Penjualan

Marketing afiliasi saat ini memang sedang menjadi salah satu opsi favorit beberapa pebisnis. Ini karena dengan afiliasi, pebisnis akan dibantu oleh orang lain dalam penjualan produk dari usahanya. Bila Anda menjalankan bisnis online, maka dengan afiliasi, Anda akan mendapatkan feedback peningkatan trafik yang mumpuni pada website toko online Anda. Dari peningkatan trafik ke website bisnis Anda maka hal ini akan semakin membuka peningkatan penjualan di bulan pertama. Dalam pemasaran affiliasi ini maka semakin banyak orang yang dapat membantu Anda melakukan penjualan, maka akan semakin terbuka peluang Anda untuk mendapatkan omset di bulan pertama. Namun untuk bisa menjalankan affiliasi marketing ini Anda harus menyiapkan dana untuk komisi dari mereka yang membantu Anda melakukan penjualan.

  1. Tawarkan Giveaway

Siapa pun termasuk target pasar Anda pastinya akan sangat menyukai hadiah (giveaway). Dengan menawarkan hadiah (giveaway) maka Anda akan menciptakan sebuah ketertarikan pada produk Anda. Bahkan mereka atau konsumen yang sebelumnya tak memiliki minat untuk membeli produk Anda, maka dengan memberikan giveaway maka bisa jadi mereka kemudian akan tertarik untuk membeli. Maka dari itu cara atau strategi memberikan giveaway ini bisa menjadi opsi yang bisa Anda jalankan untuk mendatangkan penjualan di bulan pertama bisnis. Sementara itu hadiah atau giveaway yang bisa Anda berikan bisa berwujud apa saja sesuai dengan budget dan juga karakteristik target pasar.

  1. Buat dan Kirimkan Email Press Realese

Selanjutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan penjualan di bulan pertama adalah membuat dan mengirimkan email press release. Bisnis dan produk Anda yang terbilang baru memang membutuhkan pengenalan yang luas kepada publik. Nah salah satu cara untuk mengenalkan bisnis dan produk Anda adalah dengan press release. Untuk membuat prees release sendiri Anda tak perlu mendatangkan jurnalis atau reporter dari media massa. Tapi dengan memanfaatkan email (electronic-mail), maka Anda pun bisa membuat press release sendiri untuk dikirimkan pada target pasar. Buatlah press release dengan judul dan isi yang menarik perhatian pembaca ketika menerima email.

  1. Gunakan Google AdWords

Terakhir, cara untuk Anda mendatangkan penjualan di bulan pertama bisnis adalah dengan bereksperimen menggunakan Google AdWords. Google AdWords sendiri adalah fitur dari Google yang berupa iklan pay-per-click. Dari fitur ini Anda bisa beriklan di mesin terbesar di dunia. Karena produk Anda akan tampil di Google maka peluang untuk mendatangkan trafik ke toko online pastinya akan semakin besar. Ketikan trafik sudah besar maka peluang mendapatkan penjualan di bulan pertama pun akan semakin terbuka untuk bisnis Anda. Namun untuk menerapkan Google Adword ini Anda harus bersiap dengan dana yang terbilang cukup besar.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pengusaha untuk bisa mendatangkan penjualan di bulan-bulan awal berbisnis. Tentu supaya cara-cara di atas sukses maka Anda harus bisa menjalankannya dengan penuh kesungguhan dan konsistensi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top