Bisnis Online

Mau Jualan via BlackBerry Messenger (BBM)? Pahami Dulu Untung Ruginya

Sebagai sebuah aplikasi pesan instan (instan messaging), BBM atau BlackBerry Messenger menjadi salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat. Besarnya pengguna BBM inilah yang kemudian membuat beberapa pengusaha atau pebisnis juga menjadikan aplikasi kreasi Garry Klassen ini sebagai media marketing (pemasaran). Meskipun nampak berpeluang besar meraih pembeli tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari teknik atau strategi berjualan via BBM. Jadi dalam teknik berjualan menggunakan aplikasi pesan instan BBM memang ada beberapa kekurangan yang perlu dipahami. Berikut penjelasannya.

Keuntungan Jualan via BBM

  1. Promosi Cepat Lewat Update Status

Dengan BlackBerry Messenger kita memang bisa menuliskan sebuah status tertentu untuk sebuah update. Saat kita menuliskan update status maka orang-orang yang telah terhubung dengan kita melalui pin BBM akan bisa melihat apa telah kita bagi tersebut. Dari sinilah beberapa pengusaha kemudian memanfaatkan fitur update status pada BBM ini untuk melakukan promosi usaha atau bisnisnya. Dengan berpromosi via update status BBM memang bisa membuat promosi yang berjalan cepat. Dari sini bila promosi Anda mampu menarik orang-orang dalam jaringan bisa jadi akan ada pembeli yang melakukan kontak pribadi. Semakin banyak jaringan BBM yang Anda miliki maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan pembeli. Jangan lupakan juga untuk menuliskan kata-kata promosi dengan gambar yang menarik untuk bisa memperbesar peluang tersebut.

  1. Promosi via Grup BBM yang Lebih Santai

Dalam aplikasi pesan instan BBM ini Anda bisa membuat grup BBM. Nah fitur grup BBM ini juga bisa Anda manfaatkan untuk bisa berjualan kepada orang-orang yang tergabung dalam grup tersebut. Meski tidak bisa menjangkau lebih banyak orang seperti di fitur update status, tapi karena grup BBM merupakan kumpulan orang-orang terdekat, maka Anda bisa lebih dekat dan lebih akrab. Karena keakraban ini juga maka Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih santai. Dan bila promosi bisnis Anda di grup ini menarik, Anda bisa menjadikan teman di grup menjadi pembeli. Kasus lain bila Anda sudah memiliki pelanggan maka Anda bisa membuatkan grup BBM untuk media komunikasi dan silaturahmi serta pastinya promosi rutin. Tapi sebelum memasukkan mereka ke dalam grup, Anda harus meminta izin terlebih dahulu.

  1. Bisa Mencermati Respon Dari Indikator Perpesanan

Terakhir, keuntungan jualan menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) adalah bisa mencermati respon calon pembeli dari indikator perpesanan. Jadi Anda yang melakukan promosi secara langsung kepada masing-masing orang dalam jaringan BBM bisa melihat respon mereka. Semisal bila ada orang yang telah membaca promosi Anda dengan ditandari indikator “R” tapi mereka tidak menghiraukan dengan membalasnya itu artinya mereka tidak merespon baik. Nah ketika Anda mendapati promosi yang tidak berbalas maka itu berarti promosi Anda kurang mumpuni dan perlu diperbaiki.

Kerugian BBM Untuk Jualan Online

  1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pesan Siaran (Broadcast)

Dalam mencoba melakukan promosi jangan terlalu sering menggunakan fitur broadcast (pesan siaran). Hal ini dikarenakan menggunakan broadcast yang terlalu sering akan bisa membuat orang-orang dalam kontak BBM Anda kesal. Fitur broadcast yang terus-terusan memang dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu. Maka dari itu menggunakan fitur broadcast ini lebih baik Anda atur sedemikian rupa agar tidak menjadi “senjata makan tuan” buat Anda.

  1. Bisa Kehilangan Kontak Konsumen dengan Mudah

Selanjutnya, kerugian dan kekurangan dari jualan via BlackBerry Messenger (BBM) adalah bisa membuat Anda kehilangan kontak konsumen atau pelanggan. Hilangnya kontak pelanggan ini dikarenakan adanya pin BBM dan password yang digunakan untuk metode klarifikasi pertemanan. Dari standar pertemanan inilah maka bila ada pelanggan Anda yang berganti smartphone dan lupa pin BBM dan password tentu mereka akan menggunakan pin baru. Jika hal ini terjadi maka tentu Anda akan kehilangan seorang konsumen atau pelanggan.

Inilah beberapa untung – rugi atau kelebihan dan kekurangan yang ada pada marketing dengan menggunakan BlackBerry Messenger (BBM). Setelah mengetahui untung dan rugi ini seharusnya Anda sebagai pebisnis harus bisa bijak menyikapi penggunaan aplikasi pesan singkat BBM untuk kegiatan pemasaran.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: