Lainnya

Mau Kegiatan Ngabuburit Berfaedah dan Bermanfaat? Coba 5 Aktivitas Ini!

berbagi-takjil-ngabuburit

Waktu sore jelang maghrib saat bulan Ramadhan memang menjadi momen yang menarik untuk ditelusuri. Sebab saat itu banyak kegiatan yang bisa dilakukan seseorang sambil menunggu waktu berbuka tiba. Kegiatan yang kemudian dikenal dengan nama ngabuburit ini memang sangat populer dan menjadi aktivitas favorit masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan. Tapi sayangnya tidak semua orang menggunakan waktu ngabuburit ini untuk kegiatan yang bermanfaat dan berfaedah. Hasilnya banyak waktu yang terbuang sia-sia. Kegiatan ngabuburit dengan nongkrong dan jalan-jalan mencari udara sore memang kurang begitu bermanfaat bila dibandingkan dengan beberapa aktivitas berikut ini.

  1. Jualan Takjil

Pertama, kegiatan ngabuburit berfaedah dan bermanfaat yang bisa Anda jalankan yakni berjualan takjil. Anda yang memang menyukai suasana sore di luar rumah, Anda bisa menjadikan kegiatan ini agar lebih bermanfaat dan produktif. Caranya, jual saja takjil atau makanan pembuka puasa di tempat yang ramai dan Anda sukai. Dengan berjualan takjil maka selain Anda bisa merasakan suasana sore hari, Anda juga bisa berpeluang mendapatkan keuntungan serta uang tambahan untuk lebaran dari kegiatan berjualan tersebut. Dari sini maka Anda pun akan bisa menggunakan waktu jelang berbuka puasa ini dengan baik, bermanfaat dan berfaedah.

  1. Sedekah Takjil

Anda yang memiliki jiwa sosial yang tinggi maka kegiatan berikut ini akan membuat ngabuburit Anda lebih bermanfaat dan berfaedah. Masih banyaknya sebagian dari masyarakat kita yang kekurangan menjadikan peluang memberikan sedekah takjil bisa menjadi ladang pahala yang besar untuk Anda. Apalagi kegiatan sedekah takjil ini yang dilakukan pada bulan Ramadhan, maka akan semakin berlipat-lipat pahala yang bisa Anda peroleh. Dari sinilah maka kegiatan sekedah takjil ini akan membuat waktu Anda jelang berbuka puasa akan semakin bernilai dan berfaedah.

  1. Cari Pekerjaan Part Time

Kegiatan ngabuburit berikutnya yang bermanfaat dan berfaedah yang bisa Anda jalankan yakni mencari pekerjaan tambahan atau part-time. Anggaran untuk persiapan lebaran memang tidak sedikit. Dari sinilah Anda yang membutuhkan dana besar untuk lebaran harus bisa pintar-pintar mencari cara untuk memperbesar tabungan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencari pekerjaan part-time. Pada bulan Ramadhan biasanya jam kerja kantor memang diperpendek sehingga membuat Anda bisa pulang cepat. Nah dari pada benggong atau melakukan kegiatan sia-sia, lebih baik mencari pekerjaan part-time. Bila Anda merasa punya sedikit energi dan tak bisa bekerja dengan tenaga besar saat sore hari maka pekerjaan part-time dibidang online bisa jadi solusi. Saat ini bidang online memang banyak menawarkan peluang mendapatkan uang bila Anda serius mau mencarinya. Beberapa pekerjaan part-time yang bisa Anda jalankan dari bidang online ini adalah jualan online, desain, penulisan, penerjemahan dan masih banyak lainnya.

  1. Bantu Ibu Masak

Selanjutnya, kegiatan ngabuburit yang bermanfaat dan berfaedah yang bisa Anda lakukan pada bulan Ramadhan adalah membantu Ibu memasak. Kegiatan membantu ibu memasak untuk mempersiapkan menu berbuka puasa akan menjadi hal yang sangat berfaedah buat Anda. Ini karena selain Anda akan membantu meringankan beban dan pekerjaan ibu, Anda yang membantu memasak juga akan mendapatkan pahala besar. Jadi jika Anda sedang malas pergi ke luar rumah dan ingin di rumah saja, kenapa kegiatan ini tidak dilakukan. Dari pada nonton TV atau bermain game yang tidak berfaedah, lebih baik membantu ibu di rumah untuk mempersiapkan menu berbuka puasa.

  1. Ikut Pengajian di Masjid

Terakhir, kegiatan ngabuburit yang berfaedah dan bermanfaat yang bisa Anda jalankan pada bulan Ramadhan adalah ikut pengajian di masjid. Anda yang ingin pengetahuan keagamaan meningkat maka pilihan aktivitas ini bisa dipilih. Dengan mengikuti pengajian di masjid selain bisa membuat pengetahuan keagamaan kita meningkat juga dapat membuat keimanan kita meningkat. Pada saat bulan Ramadhan memang banyak masjid-masjid yang menggelar pengajian sambil menunggu maghrib. Dan biasanya masjid-masjid yang menggelar pengajian di sore hari ini juga akan memberikan takjil untuk menu berbuka bersama para jamaahnya. Nah dari sini tentu akan semakin menariklah kegiatan mengikuti pengajian di masjid ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top