StartUp dan UKM

Mau Tahu ‘Surga’ dan Tempat Terbaik Bagi Startup? Jumpai di 5 Kota Ini

 

kota-startup-terbaik

Dunia startup sekarang ini memang sedang berkembang pesat. Perkembangan pesat dari startup sendiri bisa terlihat dari banyak bermunculannya e-commerce, toko online, marketplace dan game serta aplikasi mobile. Dukungan pasar yang besar dan teknologi yang juga semakin mumpuni menjadikan bisnis rintisan berbasis digital atau startup ini semakin menarik untuk dijalani. Startup yang makin menjamur sendiri dibeberapa negara bahkan telah menciptakan kota-kota khusus yang dijadikan pusat pengembangan bisnis startup. Dengan adanya fasilitas pemerintah membuat keberadaan kota-kota tadi semakin nyata sebagai tempat terbaik dan ‘surga’ bagi beragam startup. Berikut ini beberapa kota di dunia yang menjadi tempat terbaik untuk pusat pengembangan startup.

  1. New York di Amerika Serikat

Pertama, kota yang menjadi tempat terbaik dan ‘surga’ bagi para pengembang startup adalah New York. Kota besar di Amerika Serikat ini memang sudah diketahui sejak lama telah menjadi tempat starup berkembang dan bertumbuh. Amerika memang tidak hanya punya Silicon Valley dimana banyak perusahaan teknologi besar bermarkas. Tapi Amerika juga punya New York dimana perkembangan bisnis startup mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota setempat. Pemerintah kota New York sendiri bahkan selalu mengkampanyekan semangat wirausaha pada setiap warga masyarakatnya khususnya untuk bisnis startup. Dua contoh startup yang tumbuh besar New York ini adalah MongoDB dan Claspass.

  1. London di Inggris

Tidak hanya sebagai pusat modernisasi, Kota London di Inggris juga dikenal sebagai smart city untuk mendukung banyak startup tumbuh dan berkembang. Ibu Kota negara Inggris ini juga dikenal sebagai tempat penanaman modal di sektor startup. Di sini kita akan menjumpai banyak investor yang mencari startup potensial untuk bisa didanai. Pihak investor yang ada di London ini bisa dari pihak swasta dan juga pihak pemerintah. Pemerintah kota London memang sangat mendukung keberadaan startup yang ada di kotanya. Beberapa starup ternama yang ada di London yang bisa kita jumpai yakni Swiftkey, Zopa dan TransferWise.

  1. Barcelona di Spanyol

Kota Barcelona di Spanyol menjadi salah satu tempat terbaik dan ‘surga’ bagi para startup untuk berkembang. Untuk mengakomodir startup yang ada di Barcelona, pemerintah kota bahkan mempersiapkan tempat atau wilayah khusus bernama Iovation District – 22. Tempat yang di peruntukkan bagi para pengembang teknologi (startup) ini sendiri telah disiapkan pemerintah Kota Barcelona sejak tahun 1990. Tidak hanya menyediakan tempat, tapi dalam mendukung startup, pemerintah Kota Barcelona juga intens memberikan arahan bisnis kepada siapa pun yang sedang menjalankan bisnis startup. Di Barcelona sendiri ada dua startup yang ternama yang sedang naik daun yaitu Social Point dan Bitcarrier.

  1. Amsterdam di Belanda

Selanjutnya, ‘surga’ dan tempat terbaik di dunia bagi para startup yakni Amsterdam. Amsterdam menjadi kota starup ini terjadi sejak tahun 2014 dimana ada Ger Baron sebagai Chief Technology Officer (CTO) kota. Ketika itulah Amsterdam tiba-tiba menjadi kota startup yang diperhitungkan. Wujud dukungan pemerintah untuk memajukan startup di Kota Amsterdam ini adalah mengajak startup guna bersama-sama membangun konsep smart city. Selain itu pemerintah Kota Amsterdam juga rutin menghadirkan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan guna mendukung kegiatan dan aktivitas bagi para pelaku startup. Beberapa startup ternama yang lahir di Kota Amsterdam adalah Blendle dan Quby.

  1. Helsinki di Finlandia

Terakhir, kota di dunia yang dianggap sebagai tempat terbaik dan ‘surga’ bagi para startup adalah Helsinki di Fillandia. Kemajuan teknologi di Kota Helsinki sendiri bisa kita dapati dari banyak hal seperti akses data pemerintah yang bisa dilakukan dengan hanya satu kali klik. Namun hadirnya Kota Helsinki sebagai smart city dan kota terdepan dalam pengembangan startup ini tidak terjadi begitu saja. Sebab ada peran kerja keras pemerintah untuk mengembangkan startup. Di Ibu Kota Finlandia ini kita juga akan mendapati pusat pengembangan game mobile. Sementara itu untuk startup populer dan ternama di Ibu Kota Finlandia ini adalah Jolla dan Supercell.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top