Lainnya

Mau Urungkan Niat Karyawan untuk Resign? Begini Caranya!

cara-membuat-karyawan-tidak-resign

Dalam dunia tenaga kerja, minat karyawan untuk bekerja di sebuah perusahaan memang naik-turun. Di awal mula bekerja, bisa jadi karyawan akan memiliki semangat menggebu. Tapi setelah berbulan-bulan bekerja bukan tidak mungkin para pekerja jadi malas dan kehilangan semangat. Dari perasaan malas dan semangat yang menghilang ini maka bila dibiarkan lama-lama akan membuat karyawan atau pegawai kemudian menginginkan resign atau berhenti. Dunia kerja yang berkembang begitu pesat terutama di kota-kota besar membuat fenomena resign ini memang bukanlah hal yang asing. Pasalnya dengan banyaknya lowongan kerja membuat para karyawan semakin tidak takut untuk resign. Tapi bagi pebisnis, resign-nya pebisnis bisa jadi merupakan bencana, terutama bila yang ingin keluar perusahaan adalah pekerja yang berprestasi. Nah, bagi Anda para pebisnis yang memang ingin mempertahankan karyawan terbaik dan tidak menginginkan mereka resign maka ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Berikut ulasannya.

  1. Ciptakan Rasa Memiliki Perusahaan

Pertama, cara untuk bisa mengurungkan niat karyawan untuk resign adalah dengan menciptakan rasa memiliki perusahaan. Kebanyakan dalam sebuah perusahaan yang merasa memiliki hanyalah owner. Dari sinilah maka karyawan yang tidak dibuat untuk sama-sama memiliki perusahaan, akhirnya merasa tidak bersemangat dalam bekerja. Nah ketika karyawan sudah tidak bersemangat dalam bekerja, maka hal ini akan membuat keinginan untuk resign jadi semakin besar. Maka dari itu, Anda yang ingin karyawan Anda tetap betah dan tidak ingin resign maka pastikan Anda untuk membuat karyawan juga ikut merasa memiliki perusahaan. Ketika karyawan sudah merasa memiliki perusahaan maka hal ini akan membuat mereka jadi lebih bersemangat saat bekerja dan melupakan keinginannya untuk resign.

  1. Berikan Kebebasan untuk Berpendapat

Berikutnya, cara untuk membuat karyawan untuk tidak resign adalah dengan membebaskan mereka untuk berpendapat. Pekerja yang dikekang keinginannya untuk berpendapat maka memang akan membuat mereka bekerja dengan tanpa gairah. Pasalanya mereka hanya bekerja untuk menjalankan kewajiban saja. Tapi bila mereka diberikan kebebasan untuk berpendapat maka hal ini akan membuat karyawan bisa membuat mereka merasa dipercaya dan dihargai. Ketika merasa dihargai dengan memberikan kebebasan maka hal ini akan membuat mereka jadi lebih lebih senang dan lebih bersemangat dalam bekerja. Dari sini maka keinginan untuk resign pun akan bisa dihilangkan.

  1. Tawarkan Pain dan Gain yang Menarik

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah atau penghargaan? Pastinya semua orang, termasuk karyawan Anda akan sangat suka diberi hadiah. Dari pemberian hadiah inilah maka karyawan akan bisa merasa senang dan jadi betah bekerja. Nah dari sini supaya karyawan Anda bisa betah bekerja dengan rasa senang maka membuat program pain and gain akan bisa menadi cara dan solusi terbaik. Ketika karyawan Anda merasa senang dan betah bekerja maka keinginan untuk resign pun akan bisa hilang secara perlahan. Tapi satu catatan yang harus Anda perhatikan adalah ketika menerapkan cara ini Anda harus memberikan pain yang tidak terlalu menyakitkan karyawan.

  1. Tawarkan Peluang untuk Peningkatan Karir yang Lebih Terbuka

Terakhir, cara untuk membuat karyawan tidak terpikir untuk resign adalah dengan menawarkan kepada mereka peningkatan karir yang lebih terbuka di perusahaan. Kenaikan jabatan memang menjadi salah satu hal utama yang banyak diinginkan karyawan. Nah bila dalam perusahaan Anda sulit untuk karyawan untuk meningkatkan karir maka karyawan cenderung untuk malas bekerja dan akan mencari pekerjaan baru di perusahaan yang memiliki peluang meningkatkan karir lebih baik. Maka dari itu, Anda yang ingin membuat karyawan tidak ingin resign pastikan Anda untuk memberikan kesempatan dan peluang meningkatkan karir yang lebih terbuka.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengurungkan niat dan keinginan karyawan untuk resign. Nah dengan beberapa cara tadi maka Anda akan bisa membuat karyawan jadi lebih betah berada di perusahaan dan melupakan keinginannya untuk resign. Tapi ingat untuk membuat cara-cara di atas berhasil dengan gemilang ketika dilaksanakan, maka Anda harus melaksanakannya dengan penuh kesungguhan dan konsisten.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top