StartUp dan UKM

Mencoba Peruntungan dengan Modal Kecil di Bisnis Offline Go Online

Kemajuan dari teknologi memang terbilang mempunyai pengaruh yang besar pada setiap aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali aspek ekonomi, dimana umumnya orang akan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang dilakukannya secara real, nyata atau secara offline. Akan tetapi, saat ini dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka manusia dapat dengan mudah memperoleh penghasilan tanpa harus beranjak atau keluar dari rumahnya atau Online. Salah satu  bisnis yang menggabungkan antara keduanya, akhir-akhir ini terbilang sedang trend dan bisa anda coba yaitu bisnis Offline Go Online.

Apa itu Bisnis Offline Go Online?

Teknologi yang semakin berkembang ini ikut memberikan dampak pada bisnis atau usaha di dunia nyata atau yang umumnya disebut dengan bisnis offline. Sebelum terciptanya internet dan sarana media seperti sekarang ini, semua hal yang memiliki hubungan dengan bisnis akan membutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang cukup besar berbeda dengan saat ini, semua bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan bahkan gratis.

Jadi apabila dulu misalnya orang berjualan baju harus mempunyai toko atau sewa tempat yang mahal, maka sekarang kita bisa berjualan baju hanya dengan modal koneksi internet dan smartphone atau laptop saja. Bisnis online ini sendiri tidak hanya bisa dilakukan oleh para pemula yang belum memiliki usaha offline saja. Namun untuk anda yang telah memiliki usaha atau bisnis offline, maka sebaiknya anda bisa mencoba juga masuk ke bisnis online tanpa harus meninggalkan bisnis offline yang telah anda miliki sebelumnya.

Kegiatan seperti inilah yang kemudian disebut dengan nama bisnis offline go online. Dengan kata lain, anda menjalankan sebuah bisnis secara offline dan online secara bersamaan. Beberapa contoh bisnis offline go online adalah seperti berjualan sayuran via marketplace, memasarkan rendang via youtube, menjual camilan via instagram atau bisa juga memasarkan bawang goreng via google ads dan lain sebagainya.

Kelebihan Bisnis Offline Go Online

Metode bisnis yang satu ini bisa dibilang memiliki banyak kelebihan seperti di bawah ini:

  1. Efektif untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat .
  2. Brand toko yang anda miliki akan semakin dikenal oleh banyak masyarakat secara luas.
  3. Promosinya bisa dilakukan dengan cara yang gratis via media sosial, blog pribadi ataupun melalui email. Jadi banyak sekali cara promosi yang bisa anda tempuh dengan gratis apabila anda tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis offline go online.

Hal yang Dipersiapkan Dalam Membangun Bisnis Offline Go Online

Satu hal yang harus anda pasti untuk persiapkan jika ingin menjalankan bisnis ini adalah anda harus memiliki sebuah website untuk mewadahi kegiatan jual beli yang akan dilakukan nantinya dan anda juga harus memiliki media sosial sebagai pendukung marketing online bisnis anda. Dalam melakukan hal ini sendiri, anda juga tidak perlu khawatir dengan modalnya, karena dalam membuat website atau media sosial memang tidak diperlukan modal yang besar bahkan bisa gratis.

Untuk bisa membuat toko online, maka anda dapat menempuh dua cara yaitu dengan membuat website gratis sendiri atau bisa juga menggunakan jasa pembuatan website yang telah banyak sekali bertebaran di dunia maya. Apabila anda ingin membuat website gratis, maka anda hanya perlu mengetik keyword cara membuat website gratis di mesin pencarian atau berbagai situs ataupun tutorial, maka disitu akan muncul untuk memberikan anda berbagai pilihan.

Setelah website untuk bisnis offline anda selesai dan sudah tersedia, maka pastikan anda harus rajin dalam mengupdate isi toko anda supaya para konsumen dan calon konsumen dapat dengan mudah memilih produk yang mereka inginkan. Selanjutnya anda bisa memaksimalkan promosi anda secara gratis melalui media sosial dan blog pribadi yang anda miliki. Apabila anda mungkin merasa kurang update tentang cara melakukan promosi secara online, maka anda tidak perlu merasa khawatir karena saat ini di internet sendiri sudah banyak sekali artikel tutorial untuk melakukan promosi secara online.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top