Peluang Usaha

Menilik 6 Peluang Usaha yang Layak Dijalankan Oleh Para Pelajar, Tidak Ada Salahnya Kan Berpenghasilan Sejak Dini?

Berbisnis memang tidak hanya dapat dilakukan oleh mahasiswa, pekerja buruh, pekerja kantoran atau bahkan mereka yang sudah berkeluarga saja. Namun, berbisnis juga dapat dilakukan oleh para pelajar yang ingin berpenghasilan walaupun hanya dijalankan sebagai pekerjaan sampingan. Apalagi, akhir-akhir ini sudah mulai banyak bermunculan peluang usaha untuk para pelajar terutama mereka yang sedang duduk di bangku sekolah SMA ataupun SMK. Jangan heran, karena zaman sekarang sudah banyak pelajar yang berfikir untuk menjalankan sebuah bisnis dan menghasilkan uang atas usahanya sendiri. Tujuannya ada yang ingin mendapatkan uang saku tambahan, meringankan beban orang tua, menabung agar bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan ada juga yang sekedar ingin mencari pengalaman kerja. Lalu, apa saja peluang usaha yang cocok untuk dijalankan para pelajar tersebut? Yuk, simak 6 peluang usaha yang layak dijalankan oleh para pelajar berikut ini.

  1. Menjadi Guru Les Privat

Bagi Anda seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan lebih dibidang pendidikan mata pelajaran sekolah, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan cara memberikan pelajaran tambahan kepada beberapa pelajar yang masih duduk di bangku SD ataupun SMP. Untuk mata pelajarannya sendiri Anda dapat mengajar mata pelajaran umum seperti matematika, b. inggris, ilmu pengetahuan alam atau ilmu pengetahuan sosial dan lain sebagainya.

  1. Menjadi Penulis

Jika Anda mengikuti kegiatan jurnalistik di sekolah dan memiliki hobi menulis, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai peluang untuk berbisnis saja? Dari hobi menulis yang dimiliki ini Anda dapat menjadi seorang penulis cerpen, artikel atau novel yang bisa Anda promosikan melalui internet. Selain menyalurkan hobi, dengan cara ini Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

  1. Menjual Pulsa Elektrik

Zaman sekarang, teknologi sudah semakin maju. Bahkan, hampir semua orang termasuk pelajar yang menginjak remaja sudah memiliki alat komunikasi berupa handphone atau gadget. Melihat peluang yang terbuka lebar ini, Anda bisa menjual pulsa elektrik sebagai bisnis sampingan Anda dikala jam istirahat sekolah. Selain caranya cukup sederhana, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis pulsa elektrik juga sangat minim dan terjangkau.

  1. Menjual Makanan dan Minuman

Saat jam istirahat atau sepulang sekolah, pasti para siswa mencari jajan makanan dan minuman. Dari sini, Anda dapat melirik bisnis sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi, bisnis makanan dan minuman bisa dimulai dari yang paling mudah dahulu seperti menjual kue, makanan ringan, risoles, teh botol, minuman yang manis dan lain-lain. Caranya juga sangat mudah, Anda bisa menjualnya kepada guru atau teman-teman di daerah sekolah. Jika usaha Anda sudah cukup dikenal oleh para siswa, selanjutnya Anda tinggal menjualnya di kelas saja dan membiarkan para siswa tersebut untuk membelinya langsung ke kelas Anda.

  1. Menjual Alat Tulis dan Peralatan Sekolah Lainnya

Selain menjual makanan dan minuman, pekerjaan yang cocok dijalankan dan tentu akan laku jika dijual di sekolah adalah alat tulis serta peralatan sekolah lainnya. Di sini, Anda juga bisa membuka koperasi kecil-kecilan di kelas yang menjual berbagai macam alat tulis seperti spidol, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, buku tulis dan peralatan sekolah lainnya. Teman-teman Anda pasti akan tertarik untuk membeli alat tulis di koperasi Anda tersebut, dibandingkan harus membelinya di luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu, bisnis ini patut Anda jadikan sebagai ladang bisnis yang sangat menguntungkan.

  1. Bisnis Fotokopi

Bisnis terakhir yang cocok dijalankan oleh para pelajar adalah bisnis fotokopi. Membuka sebuah fotokopian kecil di sekolah, tentunya akan sangat bermanfaat bagi para siswa. Dari usaha yang Anda jalankan ini, ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan tentunya bisa menambah uang saku Anda. Namun, Anda sebagai seorang siswa tentu saja tidak dapat menjalankan bisnis ini sendirian disepanjang jam pelajaran sekolah. Untuk itu, sebagai alternatifnya Anda bisa menjalankan bisnis fotokopi di jam-jam istirahat atau sepulang sekolah saja. Dengan demikian, konsentrasi belajar Anda tidak terganggu karena harus mengurus sekolah sambil berbisnis fotokopi.

Itulah 6 peluang usaha yang layak dijalankan oleh para pelajar. Jika Anda berminat menjalani salah satu dari bisnis di atas, maka tidak ada salahnya mencoba dari sekarang. Namun, Anda harus siap membagi waktu antara sekolah dengan berbisnis. Ingat, jangan sampai bisnis yang Anda jalankan tersebut mengganggu kewajiban Anda sebagai seorang pelajar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: