Peluang Usaha

Peluang Dapatkan Uang dari Barang Bekas dengan Garage Sale

Suatu waktu di sebuah rumah pasti akan ada barang-barang bekas yang tak lagi Anda pakai. Barang bekas yang tidak Anda perlukan lagi ini belum tentu menurut orang lain demikian. Karena bisa jadi barang-barang ini bagi orang lain masih bisa atau layak dipakai. Anda sendiri sebenarnya bisa menilai apakah barang-barang yang tak lagi digunakan ini masih layak atau memang sudah tak layak pakai. Nah bila memang ada beberapa barang yang masih layak pakai maka sebenarnya Anda bisa menjualnya lagi untuk bisa memperoleh uang. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengadakan garage sale. Apa itu? Garage sale adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di halaman depan rumah dengan menjual barang-barang yang masih layak pakai namun tak lagi Anda gunakan. Kegiatan yang mulai populer di perkotaan ini tentu akan sangat efektif untuk Anda yang memang ingin mendapatkan dana atau uang tambahan.

  1. Jalankan dan Lakukan Promosi

Agar diketahui orang lain atau masyarakat maka event garage sale yang akan Anda gelar ini memang harus didahului promosi. Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli bila tak melakukan promosi. Promosi sendiri bisa Anda lakukan dengan berbagai cara atau teknik. Promosi secara offline dengan menyebar brosur atau menempel poster di sekitar kompleks atau juga di luar kompleks bisa dijalankan. Anda juga bisa melakukan promosi event garage sale ini via dunia maya, seperti melalui media sosial. Tentu saja dengan keberadaan media sosial yang makin menggeliat membuat promosi Anda akan semakin sukes mendatangkan pembeli.

  1. Jujurlah dengan Barang yang Anda Jual

Karena Anda akan menjual barang-barang bekas maka modal kejujuran dalam garage sale sangatlah penting. Anda harus mengatakan barang yang telah berumur lebih dari lima tahun dengan apa adanya bila memang kenyataannya demikian. Namun bila memang barang bekas Anda masih belum berumur lama maka Anda tak juga harus mengatakan bahwa barang ini lama. Anda bisa mengatakan bahwa barang ini terbilang belum lama atau masih berusia 2 bulan jika memang faktanya demikian. Akan lebih baik bila Anda punya kuitansi atau bon pembelian barang tersebut agar pembeli bisa yakin. Yang pasti jangan takut jujur dengan barang garage sale ini, sebab bisnis ini memang mengandalkan kejujuran dari penjualnya.

  1. Buat Harga yang Realistis

Selain jujur, agar event garage sale yang Anda gelar sukses maka Anda juga harus realistis pada harga. Ya, karena Anda sedang menjual barang-barang bekas tentu harga yang Anda tetapkan harus dan bahkan wajib lebih rendah atau lebih murah dari harga baru di pasaran. Selanjutnya pada penentuan harganya Anda bisa menyesuaikan dengan usia barang. Semakin lama usia barang maka harga barang sudah seharusnya lebih rendah. Bila Anda kebingungan berapa harganya yang pantas, Anda bisa menelusuri harag yang tepat untuk harga barang dari penelusuran via internet. Anda juga bisa menetapkan harga yang bisa dinegosiasi dengan pembeli bila memungkingkan.

  1. Beranilah untuk Beriklan

Jika Anda merasa bahwa event garage sale yang Anda gelar sepi maka bisa jadi artinya promosi Anda kurang berhasil. Nah saat hal ini terjadi maka Anda harus lebih concern dalam usaha promosi. Jika bisa promosikan garage sale Anda secara berbayar melalui iklan di surat kabar atau di radio. Anda memang akan mengeluarkan uang untuk hal ini. Tapi bila memang Anda ingin garage sale ini menguntungkan maka mau tak mau memang harus melakukannya. Tapi agar tidak rugi Anda harus menghitung selisih antara biaya iklan berbayar dengan uang yang bisa dihasilkan dari barang yang akan dijual. Jika memang selisihnya lebih besar pada keuntungan barang yang dijual maka melakukan iklan berbayar tidak ada salahnya.

  1. Buka Kemitraan atau Kerjasama

Bila Anda ingin lebih sukses dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari event garage sale ini maka Anda bisa membuka kerjasama atau mitra dengan tetangga atau pihak lain. Kerjasama atau kemitraan sendiri bisa Anda lakukan dengan cara penambahan jumlah barang bekas atau juga memuat promosi yang lebih efektif. Dengan adanya kerjasama atau kemitraan tersebut maka event garage sale Anda akan semakin menarik, meriah dan banyak diminati pembeli. Mengenai keuntungan yang diperoleh dari garage sale, Anda bisa membaginya dengan mitra Anda sesuai dengan kesepakatan yang telah dibicarakan sebelumnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: