StartUp dan UKM

Punya Bisnis Rumahan? Jalankan Pemasarannya dengan Tips Ini Agar Lebih Mudah

pemasaran_bisnis_rumahan

Bisnis rumahan merupakan salah satu usaha berskala kecil dan banyak dijalankan oleh masyarakat. Meski hanya berskala kecil, tapi bisnis rumahan adalah penopang dan penyokong perekonomian nasional. Ketika bisnis rumahan sudah bisa menyokong perekonomian nasional, maka keberadaanya tak bisa diremehkan lagi. Pasalnya, bisnis rumahan juga berpeluang untuk sukses dan menjadi besar. Dalam bisnis rumahan memang akan ada beberapa problem yang dihadapi, termasuk salah satunya masalah pemasaran. Dalam pemasaran, bisnis rumahan umumnya akan menghadapi kendala, terutama pada masalah anggaran dan juga jaringan yang belum luas. Nah untuk itulah Anda yang masih menjalankan bisnis rumahan, maka beberapa tips di bawah ini perlu Anda simak dengan baik. Sebab dari penjelasan berikut bisa muncul solusi untuk pemasaran bisnis rumahan Anda.

  1. Dari mulut ke mulut

Tips pertama untuk menjalankan pemasaran pada bisnis rumahan adalah dari mulut ke mulut (word of mouth). Meski merupakan teknik pemasaran lama atau konvensional, namun cara ini tetap masih tak kehilangan tajinya. Buktinya, masih banyak bisnis dan perusahaan yang menerapkannya. Bicara masalah efektivitasnya, cara atau strategi pemasaran mulut ke mulut sendiri memang tak bisa diremehkan. Sebab, bila Anda mampu memaksimalkannya, maka cara ini bisa menjadikan bisnis Anda kredibel dimata konsumen karena mereka yang mempercayainya. Pemasaran dari mulut ke mulut sendiri bisa Anda mulai dari lingkungan terdekat seperti keluarga, teman atau tetangga. Nah promosikan usaha Anda dengan baik di lingkungan terdekat tersebut. Dari lingkungan terdekat, nantinya pemasaran mulut ke mulut akan meluas ke lingkungan yang lebih luas bila Anda mampu mengoptimalkan dari lingkungan terdekat sebelumnya.

  1. Gunakan Brosur Untuk Membantu Promosi

Strategi pemasaran berikutnya untuk bisnis rumahan adalah brosur. Teknik ini juga termasuk cara pemasaran konvensional yang memang sudah ada sejak dulu. Sama seperti promosi mulut ke mulut, strategi brosur juga bisa optimal bila dijalankan dengan sungguh-sungguh. Karena menggunakan media kertas, maka supaya brosur ini menarik pembaca, Anda harus membuat brosur ini dengan serius. Permasalahan yang banyak terjadi di lapangan dalam hal promosi brosur hingga saat ini memang adalah perhatian dari konsumen/pembaca terhadap brosur. Karena kurang menarik, maka tak sedikit brosur yang dibuang dan tanpa terlebih dahulu dibaca. Nah, dari sini Anda yang ingin menjadikan penerapan strategi brosur ini lebih efektif, harus membuatnya dengan desain yang menarik. Jangan lupa juga sertakan teknik copywriting dalam kata-kata yang digunakan dalam brosur agar lebih menjual.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Di tengah era atau zaman yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi, maka Anda akan tertinggal bila tak mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Teknologi memang sudah banyak mempengaruhi segala aspek atau bidang kehidupan masyarakat. Tak terkecuali bidang pemasaran atau marketing bisnis. Saat ini ada banyak media berbasis teknologi yang bisa digunakan oleh pebisnis untuk memasarkan produk rumahannya. Salah satu yang paling marak dan mumpuni digunakan adalah media sosial. Dari semakin bertambahnya jumlah pengguna media sosial setiap tahunnya, maka kondisi ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang menjalankan bisnis rumahan untuk melakukan pemasaran. Apalagi dengan pembuatan akun media sosial yang tanpa biaya, maka hal ini akan semakin menguntungkan bisnis rumahan Anda yang masih merintis. Beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran bisnis rumahan antara lain Facebook, Instagram dan Twitter.

  1. Ikuti Berbagai Bazar

Terakhir, cara pemasaran yang bisa Anda jalankan untuk bisnis rumahan Anda adalah dengan mengikuti bazar. Bazar atau pameran memang akan menjadi tempat atau sarana promosi mumpuni untuk memperkenalkan bisnis karena konsepnya yang lebih meriah dan profesional. Nah dari sinilah Anda sebagai pebisnis rumahan jangan sampai menolak bila ada yang mengajak Anda mengikuti pameran. Apalagi bila Anda diajak secara khusus tanpa biaya. Bila pun ada biayanya, strategi bazar juga tak perlu Anda ragukan lagi efektivitasnya. Bazar untuk bisnis-bisnis kelas rumahan atau UMKM sendiri saat ini sudah banyak yang menggelarnya. Beberapa bazar yang ada bahkan banyak mengusung konsep “cinta produk tanah air” sehingga pastinya akan sangat sesuai dengan bisnis rumahan Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top