Tips

Sedang Jalankan Bisnis Sambil Kuliah? Ini Cara yang Bisa Lakukan untuk Sukses

kuliah-dan-bisnis-sukses

Dengan banyaknya waktu luang, tak sedikit memang mahasiswa yang kemudian sembari menjalankan bisnis. Apalagi saat ini dengan banyaknya usaha yang bisa dijalankan secara online, maka peluang berbisnis pun akan semakin terbuka bagi para mahasiswa. Namun demikian ditengah tuntutan nilai yang baik, seorang mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis tak bisa meremehkan pendididannya tersebut. Maka dari itu mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis haruslah benar-benar concern dengan kedua hal yang dilakukannya tersebut. Tapi bagaimana cara untuk bisa suskes didua agenda mahasiswa yang berbisnis ini? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Punya Target Pencapaian yang Jelas

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menjalankan kuliah dan bisnis adalah dengan menghadirkan target yang jelas. Biasanya mahasiswa yang sulit lulus adalah mereka yang tidak punya fokus dan target yang jelas. Tidak hanya mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis, mereka mahasiswa yang kuliah saja bisa jadi akan sulit lulus bila tidak memiliki fokus dan target pencapaian. Maka dari itu bila Anda ingin kuliah dan bisnis ini sukses maka Anda harus fokus dan menetapkan target. Menetapkan target kuliah misalnya adalah mentarget lulus dalam waktu 4 tahun dengan IPK minimal 3,5. Nah dengan fokus pada target inilah maka Anda pun akan terhindar dari waktu yang lama untuk lulus kuliah meski Anda menjalankannya sambil berbisnis.

  1. Mengatur Waktu dengan Baik

Waktu ibarat pisau yang bisa mengiris-iris siapa pun yang tidak bisa menggunakannya dengan baik. Peribahasa ini memang sangat tepat ditujukan bagi siapa pun, terlebih bagi mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis. Kuliah sambil berbisnis sudah pasti akan menyita banyak waktu. Dari sinilah Anda yang menjalankan kuliah sambil berbisnis sudah seharusnya mampu mengatur waktu dengan baik. Bila Anda tidak bisa mengatur waktu maka akan sulit bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan kedua aktivitas ini. Jika memang Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik pasti salah satu atau mungkin juga kedua agenda Anda akan menjadi kacau balau. Mungkin bisa jadi Anda akan lancar berbisnis tapi kuliah jadi terbengkalai dan sebaliknya dan bahkan bisa jadi juga keduanya jadi berantakan. Maka pengaturan waktu yang baik bagi Anda yang menjalankan kuliah dan bisnis ini sangatlah penting untuk diperhatikan.

  1. Jalankan Usaha yang Fleksibel

Berikutnya, agar Anda bisa menjalankan kuliah dengan bisnis yang baik adalah dengan menjalankan usaha fleksibel. Bila memang Anda kesulitan untuk meluangkan waktu dari kegiatan kuliah, maka solusinya adalah Anda harus mencari usaha yang menghadirkan waktu luang. Dengan munculnya dunia online maka memang Anda akan bisa mendapati peluang besar menjalankan bisnis fleksibel. Jadi tidak ada alasan Anda tidak bisa menjalankan bisnis meskipun kegiatan kuliah Anda super padat.

  1. Pilih Komunitas yang Mendukung

Dalam menjalankan kehidupan di kampus dan di dunia bisnis, Anda memang membutuhkan komunitas yang dapat mendukung Anda. Tujuan bergabung dengan komunitas ini tentu saja adalah untuk membuat kegiatan kuliah dan bisnis Anda bisa Anda jalankan keduanya dengan baik. Komunitas ini bisa berwujud bidang bisnis Anda di mana di dalamnya ada beberapa anggota yang juga kuliah di jurusan yang sama dengan Anda. Nah dengan komunitas seperti ini maka Anda pun bisa mendapatkan keuntungan ganda karena bisa memperoleh ilmu bisnis sekaligus teman yang sama sebidang ilmu.

  1. Miliki Mental yang Kuat dan Semangat Pantang Menyerah

Terakhir, cara untuk sukses menjalankan kuliah dan bisnis adalah dengan memiliki mental yang kuat dan semangat pantang menyerah. Biasanya memang tak sedikit mahasiswa yang langsung menyerah dengan keadaan saat menjalankan bisnis dan kuliah sekaligus. Nah dari sinilah memang dibutuhkan mental yang kuat dan semangat yang pantang menyerah ketika Anda menjalankan kuliah dan bisnis. menjalankan kuliah dan bisnis secara sekaligus memang bukan sesuatu yang mudah. Ini karena dibutuhkan banyak tenaga dan pikiran untuk bisa mensukseskan keduanya. Tapi Anda tak perlu khawatir karena dengan menghadirkan ketekunan dan semangat pantang menyerah maka Anda pun bisa menjalankan bisnis dan kuliah ini secara bersamaan dengan baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top