Tips

Siapa Bilang Mendekor Rumah Harus Keluar Uang Banyak? Simak 5 Trik Hematnya!

Sebagian orang malas mendekor rumahnya hanya karena takut kehabisan banyak uang. Padahal, keterbatasan biaya seharusnya menjadi tantangan sendiri untuk mengasah kreativitas. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memiliki hunian yang cantik. Tetapi, hunian yang cantik bisa Anda miliki dengan mendekornya sekreatif mungkin. Selain itu, ada banyak cara lain untuk mendekor rumah yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak uang lho. Lalu, bagaimana caranya agar memiliki hunian rumah yang cantik tanpa harus mengeluarkan banyak uang tersebut? Simak 5 trik hemat mendekor rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang berikut ini.

  1. Jangan Mengikuti Tren

Terlalu mengikuti tren adalah bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa orang, termasuk saat mendekor rumah hingga membuat pengeluarannya menjadi membludak dan tidak terduga. Salah satu contohnya yaitu tren interior desain yang lagi hits di tahun 2018, bernama terrazzo style atau dekorasi yang menggabungkan elemen batu alam seperti marmer. Meskipun menggunakan marmer sebagai interior desain bisa membuat rumah terlihat lebih cantik, namun tetap saja dapat menguras isi dompet Anda. Pasalnya, jenis keramik seperti Bianca Rhino saja dipatok dengan harga Rp. 2,6 juta yang dijual setiap meter perseginya. Nah, bayangkan jika Anda ingin mendekor rumah tamu yang berukuran 20 meter. Dengan ini, berarti Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 52 juta bukan? Dari pada dompet Anda terkuras hanya karena ingin mengikuti tren interior yang mahal tersebut, maka Anda bisa mengakalinya dengan cara mengubahnya dengan memakai bantal hias atau aksesoris. Apalagi, harga bantal hias atau aksesoris ini cukup terjangkau lho yaitu berkisar Rp. 30 ribu yang banyak dijual di online shop. Selain harganya murah, dengan menggunakan bantal hias atau aksesoris akan memberikan sentuhan kecil pada pencahayaan lampu serta karpet atau tirai.

  1. Ubahlah Tata Letak di Ruangan Anda

Trik selanjutnya untuk mendekor rumah agar tampak berbeda, tanpa harus mengeluarkan banyak uang adalah dengan mengubah tata letak di ruangan. Jika selama ini Anda meletakkan sofa secara simetris, maka kini cobalah mengubah tata letaknya menjadi berlawanan dengan sudut ruangan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggeser tempat tidur sesuai dengan keinginan Anda. Dengan mengubahnya seperti ini, maka suasana rumah Anda pun akan terlihat lebih segar dan berbeda. Untuk menambah kesan tampak cantik, maka Anda bisa menambahkannya dengan hiasan seperti bunga atau pernak-pernik lainnya.

  1. Beli Perlengkapan Rumah yang Berkualitas

Berikutnya, belilah perlengkapan rumah yang berkualitas. Contohnya sofa, lemari, rak buku dan bufet. Karena, perlengkapan rumah seperti sofa biasanya dalam kurun waktu dua tahun sudah mulai rusak dan harus segera diganti. Oleh karena itu, Anda bisa membeli perlengkapan rumah yang harganya berkualitas. Pasalnya, membeli perlengkapan yang berkualitas akan lebih menghemat pengeluaran dibandingkan harus membeli perlengkapan yang murah namun kualitasnya jelek atau mudah rusak. Hal ini mungkin akan terasa sulit dilakukan di awal, tetapi ini akan membuat Anda jauh lebih menghemat di masa depan lho.

  1. Manfaatkan Barang Bekas yang Layak Pakai

Selain membeli perlengkapan rumah yang berkualitas, Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas yang layak pakai. Sebab, mendekor rumah agar menjadi hunian yang cantik dan unik tidak harus membeli barang yang baru. Jika Anda mempunyai barang bekas yang unik dan masih layak pakai, maka manfaatkan saja sebagai hiasan unik untuk rumah Anda. Caranya, gunakan kreativitas Anda untuk mendesain rumah Anda seunik mungkin. Contohnya Anda mempunyai banyak baju bekas yang ada kancingnya, nah Anda bisa memanfaatkan kancing-kancing tersebut untuk membuat hiasan pada lampu yang polos. Selain menambah keunikan untuk desain rumah, Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya bukan?

  1. Pilih Wallpaper atau Cat?

Ini dia salah satu trik hemat mendekor rumah tanpa harus mengeluarkan uang banyak yang perlu Anda pertimbangkan. Hal ini sering kali membuat banyak orang menjadi dilema, karena mereka harus memilih diantara wallpaper atau cat. Faktanya, menggunakan wallpaper justru akan lebih menghemat biaya lho. Tidak hanya itu, penggunaan wallpaper untuk dinding juga akan membuat rumah Anda terlihat lebih cantik dan unik. Jika sudah merasa bosan, Anda bisa dengan mudahnya mengganti wallpaper tersebut dengan wallpaper yang baru. Berbeda dengan cat dinding yang terkesan murah, namun Anda akan lebih sering mengganti cat jika sudah bosan. Jika hal ini terjadi, maka uang yang harus dikeluarkan pun akan lebih banyak karena Anda harus membeli aksesoris lainnya untuk membuat rumah menjadi tampil cantik dan unik.

Itu dia 5 trik mendekor rumah tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Nah untuk apa repot-repot mengeluarkan uang banyak, jika masih ada cara hematnya yang justru akan lebih bagus hasilnya. Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top