Tips

Tahukah Anda, Bahwa 4 Budaya di Tempat Kerja Ini Akan Sangat Berpengaruh Terhadap Gaya Hidup Sehari-Hari Lho!

Setiap tempat kerja, pasti memiliki budayanya masing-masing. Tidak semua budaya di tempat kerja berjalan dengan baik, tapi ada juga budaya tertentu yang bermaksud untuk memberi peraturan kepada karyawannya guna menumbuhkan keloyalitasan terhadap perusahaan. Ada yang menerapkan budaya harus disiplin dan tepat waktu, namun ada juga tempat kerja yang tidak begitu ketat perihal peraturan terhadap karyawannya. Melihat hal tersebut, mungkin Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan di kantor bisa berpengaruh pada gaya hidup sehari-hari lho. Misalnya, Anda tidak ingin terancam gaji dipotong karena telat ke kantor. Oleh karena itu, Anda akan terbiasa bangun lebih pagi untuk menghindari keterlambatan bekerja. Sekalipun pada hari weekend, Anda pasti akan terbawa oleh kebiasaan bangun pagi tersebut. Tidak hanya itu, masih ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi gaya hidup Anda sehari-hari akibat budaya di tempat kerja. Apa saja yah? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Jobdesk yang Selalu Tumpang Tindih, Akhirnya Menghabiskan Seluruh Waktu Anda

Seringkali di kantor mengalami jobdesk yang tumpang tindih, bukannya memberi Anda kesempatan untuk menghabiskan waktu diluar tapi malah menghabiskan waktu di kantor. Tentu saja, jobdesk yang tumpang tindih ini akan sangat membuat Anda jengkel bukan? Karena jobdesk, Anda pun jadi harus mengerjakan hal-hal yang diluar kewajiban utama. Jika dibarengi dengan manajemen waktu yang kurang baik, maka ujung-ujungnya Anda bisa pulang malam terus untuk lembur. Selain bisa menyebabkan Anda kelelahan, jobdesk yang selalu tumpang tindih ini juga akan berpengaruh terhadap kehidupan Anda seperti halnya jodoh atau pasangan. Bagaimana bisa Anda bertemu dan mencari gebetan yang cocok, kalau memang Anda sendiri selalu pulang di saat orang lain sudah terlelap. Oleh sebab itu, aturlah manajemen waktu kerja Anda dengan sangat baik agar tidak memberi pengaruh yang buruk terhadap kehidupan sehari-hari Anda.

  1. Terlalu Sering Mengerjakan Revisi Sampai Membuat Anda Lupa Bangkit dari Meja Kerja

Revisi, mungkin sering menjadi moodbreaker sehari-hari para karyawan. Karena adanya revisi terus menerus, maka hal ini membuat Anda harus menyelesaikannya di hari yang sama. Alhasil, Anda jadi super sibuk di depan laptop seharian. Untuk menaklukkan revisi ini, Anda hanya berlarut larut duduk di depan laptop yang juga ditemani oleh secangkir kopi dan camilan. Apakah Anda sering mengalami hal ini? Sebaiknya lebih berhati-hati dengan kesehatan Anda. Karena terlalu lama duduk di depan laptop akan mengembangkan rasa malas, sehingga membuat Anda menjadi malas beraktifitas fisik lainnya. Kemudian, Anda pun akan merasa lebih nyaman dengan fisik yang minim gerak serta lupa pentingnya olahraga dan hidup sehat.

  1. Menghadapi Bos yang Anti Kritik dan Nyebelin Memang Menyiksa Batin

Berikutnya, hal yang bisa mempengaruhi gaya hidup sehari-hari karena budaya di tempat kerja adalah menghadapi bos yang anti kritik dan nyebelin. Ya, siapa yang ingin mempunyai bos anti kritik dan semena-mena terhadap bawahannya? Tentu saja, setiap karyawan menginginkan bos yang baik hati bukan? Jika keadaan bosnya nyebelin, maka bisa dipastikan Anda tidak akan betah di kantor tersebut. Namun, dari tipe bos yang sepert ini Anda bisa belajar mengatur ekspresi wajah saat menghadapi bos yang sedang mengomeli. Jadi, bos yang nyebelin ini pun secara tidak langsung akan melatih Anda untuk mengendalikan emosi. Dalam kehidupan sehari-hari, emosi dan mental Anda akan semakin kuat dan tidak mudah baper.

  1. Budaya Kantor yang Fun dan Kompetitif

Jika budaya di kantor Anda tergolong fun dan kompetitif, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Karena, hal ini bisa menempa mental agar Anda tidak mudah pantang menyerah dalam mengejar sesuatu. Lingkungan kerja yang fun, akan membuat imajinasi Anda semakin berkembang. Selain itu, lingkungan kerja yang kompetitif akan mendorong Anda untuk terus memperbaiki diri. Dari sini, Anda akan betah dan selalu semangat dalam melakukan pekerjaan.

Itulah dia 4 budaya di tempat kerja yang akan sangat berpengaruh terhadap gaya hidup sehari-hari. Nah, sekarang sudah tahukan apa saja budaya dari kantor yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari? Jadi, jangan disepelekan begitu saja yah. Tetap semangat dan teruslah berfikir positif untuk menumbuhkan jiwa serta pemikiran yang positif. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top