Bisnis Online

Tehnik Membuat Artikel Marketing

Artikel marketing adalah artikel yang berguna, dan ramai diperbincangkan dari mulut ke mulut lewat media internet. Sebelum kita membicarakan tehnik membuat artikel marketing, sebaiknya kita mengetahui alasan mengapa kita perlu membuat artikel marketing sebagai sarana promosi di website kita.

Inilah 4 alasan mengapa kita harus membuat artikel marketing di website kita, yaitu.
1. Sarana Promosi Soft Selling
Sebagian besar pembaca tidak suka sarana promosi yang to the point, hard selling, coba perhatikan, iklan rokok tak pernah menampilkan orang yang sedang merokok. Ketika orang menawarkan produk secara memaksa kita akan merasa terganggu, solusinya adalah kita membuat promosi tanpa membuat orang lain terganggu. Misalnya : kita membuat artikel tentang power bank, di dalam artikel itu kita menuliskan tentang bagaimana cara menghemat baterai, misalnya dengan menonaktifkan sambungan data, mengaktifkan mode pesawat terbang, dan lain sebagainya, diakhir artikel kita arahkan orang untuk menggunakan power bank sebagai solusinya. Itulah artikel soft selling.

2. Mendatangkan Pengunjung dari Search Engine
Agar bisa mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (search engine), maka website kita harus memiliki banyak konten, jika website kita hanya memiliki sedikit konten, lantas apa yang akan diindex oleh mesin pencari? Buatlah konten berdasarkan kata kunci yang dibutuhkan oleh calon pengunjung webste kita.

3. Menambah Jumlah Konten Website
Semakin banyak jumlah konten di website kita, senakin banyak peluang website kita terindex mesin pencari. Kita harus rutin membuat artikel baru di website untuk memciptakan pengunjung yang loyal mampir ke website kita. Dan artikel yang baik mampu mengiklankan dirinya sendiri, pengunjung yang merasa artikel tersebut bermanfaat, dengan senang hati akan membagikan artikel tersebut di media sosial tempat mereka brgabung, seperti: facebook, twitter, path, atau linkedin.

4. Dapat Digunakan untuk Mengedukasi Pengunjung

Artikel viral juga bisa kita gunakan untuk mengedukasi pembaca. Ketika Anda berhasil mengedukasi pembaca, sudah barang tentu pembaca akan yakin dengan produk yang Anda tawarkan. Ini adalah cara ampuh dan praktis untukmembangun kepercayaan pembaca terhadap produk yang kita jual.

Artikel adalah cara meyakinkan pembaca atau calon pembeli produk Anda tanpa tatap muka. Kendati demikian artikel marketing, bukanlah satu-satunya startegi berjualan di internet, cara lainnya adalah dengan beriklan di facebook, google adword, sosial media, atau share informasi di grup whatsapps.

Lalu bagaimana tehnik membuat artikel marketing yang baik dan mengundang banyak pengunjung?

Pertanyaan yang cerdas. Kita sudah punya alasan mengapa kita harus membuat artikel marketing di website. Hal utama yang kita butuhkan adalah kata kunci. Kemudian mengubah kata kunci tersebut menjadi ide atau calon judul artikel di website kita.

Misalnya 3 kata kunci yang kita dapatkan adalah:

1. Pinjam uang di bank,

2. Pinjam uang tanpa jaminan,

3. Pinjam uang di pegadaian,

Selanjutnya kita buat outline (kerangka karangan) dari artikel yang ingin kita tulis di website. Setelah kita setesai menulis outline, barulah kita rangkai outline tersebut menjadi tulisan yang menarik, misalnya 3 Cara Menambah Modal UKM.

Penempatan kata kunci merupakan salah satu faktor penting dalam Search Engine Optimize (SEO), penempatan kata kunci yang tepat membuat artikel kita mudah terindex. Ya, kata kunci harus ada di judul artikel, atau kata kunci harus ada pada baris pertama artikel. Tulisan yang Anda buat selain agar mudah terindex mesin pencari juga harus enak dibaca pengunjung.

Dalam membuat tulisan di website, ada enam tahap yang perlu dilalui, yaitu riset, prewriting,drafting, revising, editing, dan publishing. Happy writing.

Sumber Referensi:
Panduan Lengkap SEO Pemula untuk WordPress, Jefferly Helianthusonfri, PT Elexmdia Komputindo, Jakarta, 2015.

Sumber Gambar:

http://mix.co.id/wp-content/uploads/2015/04/top-content-marketing-articles-2014.jpg

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: