Tips

Terapkan Tips Ini untuk Membuat Konten Video yang Mampu Menarik Konsumen

video-marketing

Konten video untuk media pemasaran atau promosi saat ini memang menjadi salah satu pilihan. Dengan menghadirkan gambar dan suara, video bahkan dianggap memiliki efektivitas yang lebih tinggi dibanding konten lainnya seperti tulisan dalam bentuk artikel atau sales letter. Namun demikian untuk membuat video yang mampu menarik konsumen untuk melakukan tanggapan balik tidaklah mudah. Perlu ada beberapa usaha dan cara yang harus dilakukan agar konten video yang dihadirkan lebih maksimal untuk media promosi. Nah untuk Anda yang memang sedang membuat konten video untuk media pemasaran, beberapa tips berikut ini akan bisa membatu Anda menciptakan video yang mampu menarik konsumen.

  1. Jadikan Video Mudah Dipahami Semua Orang

Pertama, tips untuk membuat video yang mampu menarik konsumen adalah dengan membuatnya mudah dipahami orang lain. Anda harus ingat bahwa Anda sedang membuat video untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri. Nah dari sini maka Anda harus bisa membuat video yang mampu dipahami orang lain. Walaupun simpel atau sederhana, tapi bila mampu menyampaikan pesan dengan baik maka hal ini lebih baik dari pada video yang rumit dan kompleks tapi sulit dipahami. Apalagi bila bisnis Anda memiliki target pasar seluruh kalangan masyarakat, tentu hal ini membuat Anda harus membuat video yang bisa dipahami seluruh kalangan masyarakat.

  1. Video Harus Relevan dan Memiliki Value

Berikutnya, tips membuat konten video yang mumpuni dan mampu menarik konsumen adalah dengan menghadirkan relevansi dan value. Video yang memiliki relevansi maksudnya adalah video yang Anda buat haruslah memiliki korelasi atau keterkaitan dengan isu atau kejadian yang sedang ramai diperbincangkan publik saat ini. Dengan membuat korelasi dengan peristiwa yang terjadi sekarang maka Anda akan lebih bisa menarik perhatian netizen. Selain relevansi Anda juga harus bisa membuat video Anda memiliki value atau nilai. Sebab relevansi saja tidak cukup membuat netizen langsung tertarik melihat video Anda. Tapi dengan tambahan value maka video Anda akan lebih berharga dan memiliki daya pikat yang kuat.

  1. Ciptakan Interaksi dengan Penonton

Anda yang ingin mengajak penonton video Anda untuk melakukan pembelian produk yang sedang dipromosikan, maka Anda harus bisa menciptakan interaksi. Penonton video yang terlibat dalam interaksi memang akan lebih terbawa emosinya dibanding penonton yang tidak diajak terlibat. Bila emosi penonton sudah terbawa maka Anda akan lebih mudah untuk mengajak mereka melakukan pembelian. Tidak hanya itu, video yang mampu menciptakan interaksi dengan penonton akan membuat peluang mendapatkan umpan balik seperti like, comment dan share akan meningkat lebih besar. Membuat video yang mampu mencipatakan interaksi ini memang tidak mudah. Tapi Anda bisa memulainya dari mempelajari ilmu tentang dasar-dasar komunikasi manusia agar lebih memudahkan.

  1. Sisipkan Cerita yang Menarik

Jika Anda mampu menyisipkan cerita pada video Anda maka ini adalah hal yang bagus. Sebab dengan menyisipkan cerita pada video maka konten Anda akan lebih hidup. Penonton memang akan menyukai konten video yang mengandung cerita di dalamnya. Dengan adanya cerita pada video, penonton akan lebih antusias menyimak karena penasaran dengan alur kisahnya. Begitu kuatnya pengaruh cerita pada video bahkan tak jarang membuat kita saat ini melihat banyak iklan di televisi yang menghadirkan cerita bersambung. Nah untuk menghadirkan cerita pada video ini Anda harus punya keahlian story telling yang baik. Berlatihlah untuk membuat cerita yang baik, bernilai dan menginspirasi agar video Anda makin banyak peminatnya.

  1. Kolaborasi dengan Youtuber

Terakhir, tips membuat konten video yang menarik dan bermutu adalah dengan berkolaborasi dengan youtuber. Tips terakhir ini dilakukan bila Anda memang benar-benar tak berkutik karena tak punya ide atau konsep untuk membuat video. Saat ini seiring pertumbuhan dunia kreatif memang membuat banyak bermunculan youtuber yang memiliki spesialisasi membuat konten video. Tidak hanya akan membuat Anda bisa langsung mendapatkan video menarik, tapi dengan bekerjasama dengan youtuber maka Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan penonton lebih besar karena kepopuleran nama youtuber yang Anda ajak kerjasama. Namun karena banyaknya pilihan youtuber yang ada saat ini, maka Anda harus melakukan seleksi yang tepat dan sesuai dengan bisnis dan target pasar Anda. Tidak ketinggalan juga untuk menerapkan tips ini Anda juga harus menyiapkan dana untu kerjasama tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top