Lainnya

Tinggalkan Kerja Keras, Jika Ternyata Kerja Cerdas Jauh Lebih Menguntungkan!

Semua orang pasti akan merasa capek dan penat jika setiap hari harus bekerja pagi, siang, hingga malam. Padahal bekerja itu cukup 8 jam per hari lho, selebihnya bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Bayangkan jika sehari-hari Anda hanya dipenuhi dengan pekerjaan di kantor, bukan hanya bisa merusak pola istirahat namun juga berdampak pada kualitas kehidupan sehari-hari. Anda tentu sudah tahu apa saja dampak yang bisa diterima bukan? Semua hal yang dilakukan itu memang sama sekali tidak work it. Di sini, Anda hanya punya dua pilihan yaitu berhenti atau berubah. Sadarlah bahwa bekerja itu tidak perlu keras, ini sama saja dengan membunuh kehidupan Anda. Saatnya Anda berubah, mulailah bekerja cerdas dari sekarang. Lalu, bagaimana sih kerja cerdas itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Perhatikan Selalu Hidangan Anda

Sebagian orang seringkali menyepelekan sarapan dan pola makan. Padahal, sarapan itu sangatlah penting bagi perkembangan otak dan tubuh. Kualitas otak bisa bertambah hingga 10% jadi tidak ada lagi yang namanya ngantuk, males dan mata berkunang-kunang. Kenapa sarapan pagi sangat penting? Karena saat Anda bangun di pagi hari, tubuh sedang banyak kehilangan kadar glukosa dan energi akibat aktifitas yang dilakukan pada hari sebelumnya. Nah, glukosa tersebut adalah salah satu bahan bakar yang dibutuhkan oleh otak. Tanpa adanya glukosa dalam otak, maka Anda akan merasa lelah dan pandangan berkunang-kunang. Selain itu, perhatikan juga asupan hidangan sarapan Anda. Sebaiknya Anda makan makanan yang ringan dan bergizi seperti roti, gandum atau susu terlebih dahulu barulah nasi dan makanan berlemak di siang hari.

  1. Perhatikan Juga Pola Tidur dengan Baik

Terlalu banyak begadang, ternyata sangat berbahaya lho. Selain bisa membuat mata Anda berkantung seperti mata panda, kurang tidur juga bisa mengganggu aktivitas pencernaan serta otak. Pasalnya, waktu tidur yang baik itu sebelum pukul 11 malam. Pada jam tersebut sudah saatnya otak beristirahat bukan malah mengerjakan tugas yang menumpuk. Namun, terlalu banyak tidur juga tidak disarankan. Karena, waktu tidur yang baik hanya bisa dilakukan pada jam dan waktu tertentu saja.

  1. Menjaga Kesehatan Badan

Dalam satu minggu, pasti Anda akan mendapatkan waktu untuk libur bukan? Sebaiknya, gunakan waktu libur tersebut untuk berolahraga. Lagipula, olahraganya juga yang ringan-ringan seperti naik turun tangga, beres-beres rumah atau lari-lari kecil di halaman rumah. Selain bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, berolahraga juga akan sangat baik untuk efektivitas kinerja Anda.

  1. Upayakan Refreshing Sejenak

Kehidupan itu luas, bukan hanya seputar kantor, layar monitor, file-file, berkas dan lain-lain. Anda juga perlu melihat sekeliling, ada teman-teman dan keluarga yang menunggu. Keluarlah dan ajak mereka refreshing atau bertamasya sejenak sambil menikmati segarnya udara dan indahnya alam sekitar. Dengan demikian, otak Anda akan kembali segar dan siap untuk bekerja di esok hari.

  1. Bawalah Hobi Anda ke Tempat Kerja

Jika suasana di tempat kerja selalu membuat Anda jenuh, maka carilah hal-hal yang menyenangkan ke tempat kerja. Jangan diam saja dengan membiarkan otak Anda bekerja dengan lelah, bawalah hobi Anda agar hati merasa bahagia dan gembira. Tidak perlu ragu untuk melakukan apa yang Anda suka di tempat kerja, selama hal tersebut bisa membuat mood Anda semakin bertambah baik hingga berlipat-lipat. Jika mood Anda baik, maka pekerjaan pun bisa dilakukan dengan maksimal bukan?

  1. Jadikan Pekerjaan Anda Sebagai Moodbuster

Terakhir, jadikan pekerjaan Anda sebagai moodbuster. Pasalnya, setiap orang pasti mempunyai moodbuster tersendiri. Bahkan, dengan moodbuster kinerja Anda bisa kembali pulih terutama saat suntuk, lelah, hingga kerjaan tidak kunjung selesai. Saat Anda dalam keadaan terburuk pun, dengan adanya moodbuster semangat kerja Anda justru akan meningkat bahkan hingga berkali-kali lipat.

Itulah dia tips kerja cerdas yang bisa Anda praktekkan ke dalam dunia pekerjaan. Semoga setelah membaca artikel ini, kinerja serta pekerjaan Anda akan terus membaik dan berjalan dengan lancar hingga membawa Anda menuju kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top