Lainnya

3 Pelajaran Bisnis yang Bisa Dipetik dari Film Squid Game

inspirasi-bisnis-squid-game

squid game/https://pigeonweek.com/

Squid game merupakan film drama korea yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Dari film yang ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk ini sendiri kita bisa mengambil banyak inspirasi, termasuk pelajaran untuk bisnis. Pasalnya dalam film yang rilis di Netflix tersebut kita bisa mendapati unsur marketing atau pemasaran dalam bisnis.

Squid Game dan Inspirasi Bisnis

Seperti kita tahu bahwa Squid Game ini merupakan film yang mengkisahkan tentang sekelompok orang yang harus bertahan hidup dalam sebuah permainan demi mendapatkan uang. Maka dari sana akan banyak inspirasi yang bisa digali untuk pemasaran sebuah merek sebagai upaya meningkatkan penjualan dan pada akhirnya untuk menaikkan omset.

Sementara itu di sini lain kita mendapati adanya peningkatan pengguna aktif media sosial yang begitu besar. Maka dari sini dapat dikatakan bahwa konten yang disajikan kepada audiens sekarang lebih mandiri dibanding sebelumnya. Karena itulah kemudian muncul juga peluang bagi merek kecil dan menengah untuk ikut berjaya dengan cara yang lebih mudah. Nah berikut beberapa pelajaran bisnis yang bisa dipetik dari film Squid Game.

  1. Promosi Dari Mulut ke Mulut Lebih Ampuh

Pelajaran pertama yang bisa diambil dari film Squid Game adalah promosi mulut ke mulut yang dinilai lebih ampuh. Seperti kita tahu bahwa popularitas film asal Korea Selatan ini muncul karena pembicaraan orang ke orang. Meski tak dikesampingkan adanya faktor teknologi seperti media sosial yang juga mempopulerkan pada mulanya. Namun demikian sepertinya meroketnya nama Squid Game sebagai film lebih dikarenakan dari promosi dari mulut ke mulut. Dari sinilah meski teknologi digital sangat bertumbuh pesat, kita sebagai entrepreneur tidak boleh melupakan strategi pemasaran word of mouth.

  1. Ikut Tren Pasti Sukses

Seperti kita tahu bahwa aplikasi TikTok saat ini sedang meroket dan digandrungi banyak kalangan. Seperti sebuah tren atau fenomena, TikTok nyatanya sangat ampuh untuk membuat sesuatu menjadi viral seperti film Squid Game ini. Bisa jadi tanpa TikTok, film berseri sembilan episode ini tidak akan se-bombastis sekarang. Jadi dari sini sebagai pebisnis kita memang dituntut untuk mengikuti tren yang ada. Sebab bisnis yang statis dan tidak mau mengikuti perkembangan dunia bisa dipastikan akan mati dengan perlahan. Saat ini bisa jadi TikTok menjadi platform yang sangat diminati dan bisa menjadi jurus pemasaran untuk viral. Namun 5 atau 10 tahun mendatang, bukan tidak mungkin TikTok akan tergantikan oleh platform lainnya.

  1. Cari Tahu Keinginan Pelanggan

Terakhir, pelajaran bisnis yang bisa kita petik dari drakor Squid Game adalah mencari tahu keinginan pelanggan. Meski Anda sudah banyak mendengar tentang film ini pastinya bayangan Anda masih abu-abu. Nah setelah Anda menontonnya sendiri, maka kamu akan memahami dengan sendirinya apa yang dimaksud Squid Game. Begitu pula dalam bisnis, Anda tidak akan pernah tahu arah target market sebelum benar-benar mencari tahu keinginan mereka.

Konsumen memang memiliki perilaku yang tidak bisa ditebak meski Anda telah mempelajari dari teori-teori yang ada. Ini dikarenakan manusia memiliki sifat yang dinamis atau berubah-ubah seiring waktu. Untuk itulah supaya benar-benar mengerti karakteristik target pasar, Anda harus mencari tahunya sendiri dengan cara seperti melakukan riset dan lainnya.

Itulah pelajaran bisnis yang bisa kita petik dari film drakor Squid Game. Nah dari sinilah maka Anda sebagai pebisnis perlu menerapkan beberapa inspirasi bisnis tadi dalam usaha yang dijalankan agar membuka peluang popularitas seperti film Squid Game.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top