Lainnya

4 Hal yang Bisa Menjadi Pembeda Bulan Ramadhan Tahun Ini dengan Sebelumnya

ramadhan-yang-berbeda

bulan ramadhan yang berbeda/https://umroh.com/

Bulan Ramadhan tahun 2020 kali ini memang ada perbedaan dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada bulan Ramadhan tahun ini ada wabah virus corona yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia. Dari adanya pandemi Covid-19 inilah maka memang akan ada beberapa kegiatan yang kemudian tidak bisa dilakukan seperti biasa pada bulan Ramadhan tahun ini. Lalu hal apa saja yang membuat bulan Ramadhan tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya? Berikut ulasannya.

  1. Ibadah di Rumah

Hal pertama yang bisa menjadi pembeda pada bulan Ramadhan tahun ini dengan bulan Ramadhan sebelumnya adalah adanya kegiatan beribadah di rumah. Pemerintah sejak munculnya wabah ini memang menganjurkan agar masyarakat, terutama di zona merah untuk melakukan kegiatan ibadah di rumah. Kegiatan ibadah di rumah sendiri bertujuan untuk memutus rantai penularan yang memang bisa muncul dari perkumpulan banyak orang. Seperti kita tahu saat bulan Ramadhan tiba memang ada beberapa kegiatan ibadah yang dilakukan secara bersama-sama seperti ibadah shalat tarawih. Nah dari sinilah kemudian beberapa daerah di Indonesia yang berada di zona merah kemudian menutup masjid untuk sementara. Dari sinilah maka kegiatan ibadah di rumah menjadi salah satu pembeda di bulan Ramadhan tahun 2020 ini.

  1. Tanpa Ngabuburit

Ngabuburit atau berkegiatan di sore hari untuk menunggu waktu maghrib tiba merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap bulan Ramadhan tiba. Dengan berbagai agenda yang dilakukan saat itu seperti mencari takjil, menu berbuka hingga hanya main-main saja, menjadikan ngabuburit banyak diminati masyarakat. Tapi saat ini ketika wabah virus corona masih belum mereda, membuat beberapa kalangan masyarakat merasa takut untuk bepergian keluar rumah, termasuk untuk melakukan ngabuburit. Selain harus keluar rumah, saat ngabuburit memang bisa membuat seseorang berada dalam kerumunan dengan orang lain yang tentunya berbahaya. Maka dari itu kemudian bulan Ramadhan tahun ini menjadi terasa berbeda karena adanya tidak adanya aktivitas ngabuburit.

  1. Silaturahmi Online

Dalam bulan Ramadhan tahun ini kita juga akan kesulitan untuk menjalankan silaturahmi secara langsung. Mengapa? Sebab di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pertemuan beberapa orang secara langsung memang bisa memicu penularan virus corona. Di masa wabah ini memang anjuran untuk melakukan physical distancing perlu dilakukan untuk memutus rantai penularan atau penyebaran Covid-19. Dari sinilah maka kegiatan silaturahmi yang biasanya juga dilakukan beberapa orang saat bulan Ramadhan akan sulit dijalankan. Untungnya saat ini ada teknologi daring atau online yang bisa menjadi solusi melakukan silturahmi secara jarak jauh. Silaturahmi online di masa pandemi Covid-19 memang telah menjadi pilihan banyak orang saat sekarang.

  1. Tanpa Bukber

Terakhir, hal yang bisa menjadi pembeda bulan Ramadhan tahun ini dengan Ramadhan sebelum-sebelumnya adalah tidak adanya kegiatan bukber. Bukber atau buka bersama memang menjadi pilihan banyak orang di Indonesia pada masa bulan Ramadhan. Dengan semangat kebersamaan, beberapa dari mereka kemudian melakukan buka bersama. Entah itu bersama-sama anggota keluarga, teman atau bersama pasangan, menjadikan bukber selalu dijumpai di setiap Ramadhan. Tapi untuk bulan Ramadhan tahun ini sepertinya akan memiliki perbedaan. Pasalnya dengan adanya wabah virus corona, membuat kegiatan berkumpul seperti bukber tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan aktivitas bukber ini yang menghadirkan berkumpulnya banyak orang bisa memicu terjadinya penularan virus corona.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi pembeda bulan Ramadhan tahun ini dengan bulan-bulan Ramadhan sebelumnya. Namun meski berbeda, bukan berarti kita lantas bermalas-malasan saat bulan Ramadhan tiba. Tapi sebagai seorang muslim sejati, kita harus tetap bersemangat dalam menjalankan bulan Ramadhan dengan tetap menjaga diri dari wabah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top