Bisnis Online

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalankan Strategi Gratis Ongkir

gratis-ongkir

Promo gratis ongkos kirim (ongkir) dalam dunia bisnis online memang menjadi hal yang menarik. Pasalnya dengan gratis ongkir, konsumen akan merasa pembeliannya tidak terbebani dengan biaya yang lebih besar. Bagi penjual sendiri, strategi gratis ongkir ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Ini karena bila penjual atau pebisnis melakukannya, maka mereka harus bisa memikirkan bagaimana cara untuk bisa menutup biaya ongkos kirim tersebut. Tapi disisi lain bila pebisnis tidak menerapkan strategi ini, maka tingkat transaksi penjualan bisa menurun. Jadi strategi gratis ongkir ini memang akan selalu menjadi dilema bagi para pebisnis. Tapi jangan khawatir, sebab selalu ada jalan bagi yang mau berusaha. Jadi bagi Anda yang memang ingin menerapkan strategi gratis ongkir ini, Anda hanya perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  1. Perhitungkan Beban Biayanya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam penerapan strategi gratis ongkir ini adalah beban biayanya. Dalam menghadirkan promo gratis ongkir ini maka Anda biaya yang harus Anda tanggung. Maka dari itu, Anda harus benar-benar mempertimbangkan beban biaya tersebut. Pastikan dengan promo gratis ongkir ini Anda masih bisa meraih untung. Jangan sampai gara-gara Anda menanggung biaya gratis, Anda malah tak bisa dapat untung atau malah jadi buntung. Jadi untuk menghindari kerugian akibat beban biaya ongkos kirim ini Anda harus benar-benar cermat memperhitungkan beban biayanya. Salah satu solusi agar biaya gratis ongkir ini tidak terlalu membebani maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak ekspedisi. Bersama pihak ekspedisi, Anda bisa menjalin kerjasama dalam hal pembagian beban gratis ongkir tersebut supaya tidak terlalu membebani Anda. Cara lain untuk mengurangi beban biaya gratis ongkir adalah memberi ketentuan atau syarat gratis ongkir pada konsumen, seperti lokasi pengiriman dan juga minimal pembelian.

  1. Perhatikan Timbal Baliknya

Berikutnya, hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan menjalankan strategi gratis ongkir ini adalah dengan memperhatikan timbal baliknya. Anda sebagai pebisnis memang perlu tetap meraih keuntungan meski harus menghadirkan promo gratis ongkir. Jika tak ada keuntungannya, memang akan lebih baik untuk ditiadakan saja promo tersebut. Keuntungan dalam promo gratis ongkir ini sendiri tidak hanya berupa uang saja. Tapi keuntungan dalam wujud lain seperti reputasi bisnis, kesetiaan pelanggan dan lainnya juga bisa menjadi pertimbangan. Jadi mungkin saja Anda sedikit mendapatkan keuntungan dari strategi gratis ongkir ini. Tapi bila Anda melihat prospek cerah di masa depan dalam jangka waktu panjang, maka Anda dapat mempertimbangkan strategi gratis ongkir ini.

  1. Pastikan Ketentuan dan Persayaratannya

Dalam sebuah promo, syarat dan ketentuan memang bukan lagi hal yang asing. Jadi ketika Anda memberlakukan syarat dan ketentuan dalam strategi gratis ongkir yang akan Anda hadirkan maka hal tersebut tidak akan dianggap aneh oleh konsumen. Ketentuan dan persyaratan gratis ongkir sendiri bisa berwujud apa saja tergantung Anda sebagai pemilik bisnis. Namun biasanya beberapa ketentuan umum yang sering diambil oleh pebisnis dalam kaitannya dengan promo gratis ongkir ini antara lain ketentuan lokasi pengiriman tertentu, pembelian dengan jumlah tertentu atau juga penggunaan voucher tertentu.

  1. Tetap Utamakan Kualitas Bukan Gratis Ongkir

Terakhir, hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam strategi gratis ongkir ini adalah kualitas  barang. Kualitas produk memang tetap harus Anda kedepankan untuk bisa meraih pencapaian sukses dalam bisnis. Sebab bila Anda hanya mengandalkan promo gratis ongkir dan mengabaikan kualitas produk maka hal ini akan membuat bisnis Anda tidak bisa eksis. Sebab konsumen pastinya akan lebih memprioritaskan kualitas produk ketika membeli dibanding apapun, termasuk promo gratis ongkir.

Strategi gratis ongkir memang menjadi hal yang sangat mungkin membuat pebisnis tidak bisa meraih keuntungan maksimal. Ini tentu saja sebuah konsekuensi yang harus sudah dipahami pebisnis. Namun bila dari strategi ini, pembelian di toko online Anda meningkat maka tentu saja Anda bisa meraih hasil yang lebih baik. Namun sayangnya tidak semua pebisnis bersikap jujur. Alih-alih menjalankan bisnisnya secara jujur, mereka memakai cara curang dengan menipu konsumen dari strategi gratis ongkir tersebut. Jadi para pebisnis nakal ini menaikkan dulu harga barangnya kemudian memberikan gratis ongkir. Tentu hal ini sangat berisiko bila kemudian cara curang tersebut diketahui konsumen. Maka dari itu Anda sebaiknya membuang jauh-jauh cara yang demikian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top