Peluang Usaha

4 Ide Bisnis Dibidang Pendidikan dengan Penerapan Teknologi Online yang Bisa Anda Jalankan

bisnis-pendidikan-online

Menjalankan bisnis di masa sekarang ini memang membuat Anda tidak harus repot-repot untuk membuka toko atau menggelar lapak di pasar. Tapi dengan adanya kecanggihan teknologi dan pertumbuhannya, membuat Anda bisa menjalankan bisnis dari rumah. Bisnis yang bisa dijalankan dengan teknologi online sendiri tidak hanya yang berwujud penjualan produk saja. Sebab, bisnis yang berbasis jasa seperti pendidikan juga bisa Anda jalankan secara online. Dengan menjalankan bisnis dibidang jasa pendidikan ini tentu Anda akan lebih dimudahkan untuk mengurusnya. Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis bidang pendidikan yang bisa Anda jalankan dengan menerapkan teknologi online.

  1. Bimbel Online

Pertama, bisnis bidang pendidikan yang bisa Anda jalankan dengan menerapkan teknologi online yakni bimbel online. Bimbel atau bimbingan belajar saat ini memang banyak diminati oleh para pelajar untuk memperdalam ilmu yang telah didapatkan di sekolah. Dengan tujuan untuk bisa meningkatkan prestasi belajar, bimbel hingga sekarang memang menjadi opsi yang banyak dipilih para pelajar. Namun dengan situasi lalu lintas yang semakin hari semakin parah ditambah tingkat kriminalitas di jalanan yang semakin tinggi membuat keinginan untuk bimbel ini semakin mengecil. Nah rasa malas untuk bimbel sendiri tidak hanya datang dari beberapa hal yang telah disebutkan. Tapi keadaan ini juga didorong dengan munculnya bimbel online yang mulai marak. Dengan adanya  bimbel online maka pelajar memang tak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke tempat bimbel. Tapi mereka bisa belajar dengan nyaman dan aman di rumah. Salah satu bimbel online yang sudah mencuat namanya di Indonesia adalah RuangGuru. Dengan mendownload aplikasinya di PlayStore atau AppStore, Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasi bimbel online. Namun biasanya untuk menjadi member, pelajar diharuskan membayar uang pendaftaran terlebih dahulu. Namun dibanding dengan ikut bimbel konvensional, biaya ikut bimbel online ini dinilai lebih murah dan hemat.

  1. Membuat Ebook

Salah satu perlengkapan pelajar yang dibutuhkan untuk belajar dan meningkatkan prestasi adalah buku. Keberadaan buku yang mudah rusak dan hilang tentu terbilang memprihatinkan. Apalagi untuk memperoleh buku konvensional ini seseorang harus keluar rumah sehingga membuat Anda kehilangan waktu. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa menghadirkan bisnis ebook yang hemat waktu dan biaya. Sesuai dengan namanya ebook (electronic book), maka untuk mendapatkannya seseorang harus terkoneksi dengan internet. Tentu Anda yang ingin berbisnis, Anda harus menjadi produsen dengan membuat ebook. Namun untuk membuat ebook atau buku digital ini Anda harus memperhatikan beberapa ketentuan hukum yang berlaku agar ebook yang Anda jual tidak melanggar hukum tersebut. Setelah ebook pendidikan yang berisi materi pelajaran sekolah ini Anda buat, maka selanjutnya Anda tinggal menjualnya di media online.

  1. Kursus atau Pelatihan Online

Berikutnya, ide bisnis bidang pendidikan yang bisa Anda jalankan dengan penerapan teknologi online adalah kursus atau pelatihan online. Saat ini memang banyak sekolah yang mulai memberikan pelajaran keterampilan kepada siswa-siswanya. Apalagi bila merujuk pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maka pelajaran keterampilan ini merupakan sesuatu yang wajib. Nah dari sini Anda yang memiliki keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan para pelajar maka Anda bisa membuat bisnis kursus atau pelatihan online. Beberapa keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan anak sekolah dan bisa Anda jadikan bisnis kursus atau pelatihan online antara lain kursus microsoft office, kursus desain grafis, kursus manajemen keuangan dan lainnya.

  1. Konsultan Pendidikan

Terakhir, ide bisnis dibidang pendidikan yang bisa Anda jalankan dengan penerapan teknologi yakni bisnis konsultan pendidikan. Untuk meraih pencapaian pendidikan yang tepat sesuai karakter diri tak jarang banyak orang yang tidak memahami bagaimana cara menempuhnya. Nah, dari sinilah muncul profesi konsultan pendidikan. Bila ada banyak klien yang bisa diraih seorang konsultan pendidikan maka akan banyak keuntungan yang didapat. Nah, Anda yang mempunyai kemampuan untuk mengarahkan pendidikan orang maka membuaka bisnis konsultan pendidikan akan menjadi pilihan yang tepat. Bisnis jasa konsultan pendidikan sendiri bisa Anda jalankan secara online dengan menerapkan teknologi berbasis internet.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top