StartUp dan UKM

4 Kiat Perluas Pasar untuk UMKM di Marketplace

tips-perluas-pasar-marketplace

tips perluas pasar marketplace/https://www.bareksa.com/

Dengan semakin maraknya bisnis online mau tak mau pengusaha UMKM juga harus aktif menjalankan pemasaran digital. Pemasaran digital yang bisa dijalankan melalui platform marketpace juga perlu dijadikan salah satu referensi oleh para pelaku UMKM. Dengan semakin besarnya pangsa pasar di Marketplace maka strategi pemasaran di platform ini juga harus semakin ditingkatkan. Tapi bagaimana cara atau kiat untuk perluas pasar di marketplace yang bisa dijalankan para pelaku UMKM? Berikut ulasannya yang dikemukakan oleh Founder sekaligus CEO Titipku Henri Suhardja.

  1. Miliki Mindset Go Digital

Tips atau kiat pertama yang bisa dijalankan pelaku UMKM untuk memperluas pasar di marketplace adalah dengan memiliki mindset Go Digital. Mindset ini memang penting dimiliki karena para pelaku usaha biasanya ada yang hanya sekedar ikut-ikutan tren memasarkan produknya di ranah digital. Padahal nyatanya pemasaran digital ini sekarang merupakan sebuah kebutuhan agar bisnis terus eksis. Bahkan beberapa pakar menyatakan bahwa perang bisnis sekarang sesungguhnya ada di ranah online, termasuk salah satunya marketplace. Hal ini terlihat dari beberapa fakta bahwa pebisnis yang puluhan tahun secara offline belum tentu produknya laku dijual di marketplace.

  1. Pahami Tidak Ada yang Instan

Nah untuk mulai menjalankan pemasaran digital ini para pelaku usaha juga harus sadar bahwa mereka tidak bisa melakukannya secara instan. Sebab untuk meraih sukses dalam bisnis online ini diperlukan proses dan waktu yang lama. Apalagi bila kita bicara marketplace, maka reputasi toko Anda tidak serta merta langsung naik dan diminati banyak konsumen. Tapi untuk mencapainya, Anda harus sabar untuk meraih konsumen dan performa toko yang baik.

Menurut Henri membangun bisnis di Marketplace membutuhkan banyak strategi seperti membuat tokonya bagus hingga membangun brand.

“Go online tidak berarti kita sudah go digital. Bisnis go digital tidak serta merta buka toko di marketplace sekali, itu sudah masuk, tidak seperti itu. Kita harus bikin tokonya bagus, menarik, sehingga orang perlahan tahu bisnis yang kita bangun,” ujar Henri.

  1. Bangun Situs Web Sendiri

Berikutnya, kiat memperluas pasar yang bisa dilakukan UMKM di marketplace adalah dengan membangun situs atau website sendiri. Kenapa harus bikin website sendiri toh sudah ada marketplace? Kalau bisnismu mengandalkan brand, maka website memang sangat penting untuk strategi lebih lanjut. Jadi setelah performa tokomu di marketplace cukup bagus, maka dengan website, nilai produkmu akan lebih meningkat lagi. Dari value produk yang terus naik ini maka kamu bisa menaikkan nilai jual di masyarakat.

“Kita harus menyasar target pembeli yang spesifik. Kemudian, setiap segmen itu punya value berbeda, misalkan pembeli memiliki kebanggaan dengan memakai produk kita,” ujar Henri.

  1. Punya Perhitungan Budget

Terakhir, kiat memperluas pemasaran pasar di marketplace yang bisa dilakukan para pelaku UMKM adalah punya perhitungan budget. Dalam bisnis yang pastinya akan berhubungan dengan keuangan maka pelaku UMKM harus bisa memiliki penghitungan pada anggaran yang ada. Maka untuk bisa melakukan penghitungan budget ini Anda harus bisa memiliki pengetahuan pada manajemen finansial yang baik.

Meski dalam pemasaran digital di marketplace ini Anda tidak dipungut biaya, namun dalam praktiknya akan ada biaya operasional yang harus dipenuhi. Sebut saja misalnya biaya internet, biaya packing dan juga biaya admin, itu semua harus kamu pikirkan. Pastikan perhitungan budget untuk operasional ini bisa menutup modal dan juga tidak menimbulkan kerugian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top