Peluang Usaha

4 Peluang Usaha dengan Modal Minim yang Patut Dicoba, Khusus Bagi Pemula

Seiring bertambahnya kebutuhan hidup, maka semakin banyak orang yang ingin membuka usaha demi mendapatkan uang. Sayangnya, keinginan tersebut seringkali terhambat karena keterbatasan modal dan minimnya lahan. Untuk bisa mendapatkan modal usaha, berbagai macam cara mereka lakukan. Mulai dari meminjam kepada orangtua, kerja paruh waktu, bahkan ada juga yang rela menjual atau menggadaikan barang berharganya. Sebenarnya, untuk memulai bisnis tidak hanya bisa dijalankan dengan modal yang besar saja kok. Melainkan, ada juga peluang usaha yang modalnya minim namun justru menghasilkan laba yang tidak kalah besar. Mau tahu apa saja peluang usaha yang modalnya minim tersebut? Yuk, simak ulasan tentang 4 peluang usaha dengan modal minim yang patut dicoba khusus untuk pemula berikut ini.

  1. Usaha Camilan dan Makanan Ringan

Salah satu bisnis yang tidak akan ada matinya adalah usaha camilan dan makanan ringan. Lagi pula, siapa sih yang tidak suka dengan jenis makanan ini? Hampir semua orang menyukai camilan dan makanan ringan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan emas ini untuk dijadikan sebagai ladang bisnis. Selain prosesnya mudah, menjalankan usaha camilan dan makanan ringan juga minim modal lho. Meskipun modalnya minim, usaha ini termasuk bisnis yang sangat menggiurkan. Bahkan, banyak para pebisnis muda yang menekuninya hingga berhasil sukses meraup keuntungan puluhan juta per-bulannya. Untuk memulainya, Anda bisa membeli camilan dan makanan ringan di pasar induk atau membuatnya langsung dengan beragam varian rasa yang unik. Setelah itu, bungkuslah camilan dan makanan ringan tersebut dengan menggunakan kemasan yang berbeda dari biasanya. Jangan takut gagal, justru berinovasi akan membawa produk camilan dan makanan ringan Anda lebih disukai oleh masyarakat. Dengan begini, usaha Anda pun akan laku terjual dan sukses.

  1. Usaha Gerobak Kopi di Lingkungan Kampus atau Kantor

Singkirkan gengsi Anda, lalu mulailah membuka gerobak kopi di lingkungan kampus atau kantor. Saat menjalankan bisnis yang satu ini, Anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah yang labanya menguntungkan lho. Meskipun usaha kopi gerobak, namun Anda bisa kok memunculkan kualitas kopi buatan yang enak seperti di cafe-cafe. Agar lebih menarik minat para pembeli, Anda juga bisa menjajakan makanan kecil atau minuman dingin lainnya di gerobak kopi tersebut. Dengan begini, usaha Anda akan memiliki beragam menu yang bisa dipilih oleh para pembeli. Disamping itu, sediakan juga beberapa tikar agar pengunjung betah berlama-lama nongkrong di lapak usaha kopi gerobak Anda. Hanya bermodalkan Rp. 1.000.000-Rp. 1.500.000an saja, Anda bisa langsung memulai bisnis yang satu ini.

  1. Usaha Dropping Sayuran ke Restoran atau Rumah Makan

Usaha dropping atau menyetok sayuran ke restoran dan rumah makan, memang cukup menggiurkan. Jika Anda mempunyai kebun sayuran milik sendiri, kenapa tidak dimanfaatkan saja sebagai ladang bisnis? Caranya cukup mudah, buatlah proposal ke restoran-restoran atau rumah makan yang banyak memiliki peminat. Lalu, temuilah pemilik restoran atau rumah makan tersebut dan tanyakan apakah mereka membutuhkan sayuran-sayuran segar sebagai bahan baku masakan. Jiba benar membutuhkan, Anda bisa langsung join bersamanya untuk menyetok sayuran di sana. Jangan salah, meskipun usaha dropping sayuran ini membutuhkan modal minim. Tapi, keuntungan yang bisa didapatkan cukup fantastis lho. Jadi, kenapa tidak mencobanya?

  1. Jasa Bersih-Bersih Kostan dan Rumah Keliling

Jasa bersih-bersih kostan dan rumah keliling merupakan salah satu bisnis yang nyaris tidak membutuhkan modal banyak. Selain modal yang dibutuhkan minim, bisnis jasa ini sangat menggiurkan. Apalagi, saat ini usaha bersih-bersih kostan dan rumah keliling khususnya di perkotaan sedang marak-maraknya. Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis yang satu ini, maka Anda harus mempunyai  kemoceng, lap, sarung tangan, sapu dan cairan pembersih saja sebagai alat untuk membersihkan. Bila perlu, Anda juga harus memiliki handphone agar para pelanggan bisa dengan mudah menghubungi. Anda bisa memulainya dari kerabat dahulu, kemudian tawarkan kepada teman-teman hingga kenalan di media sosial. Siapa tahu mereka juga membutuhkan jasa bersih-bersih di rumahnya bukan?

Itu dia 4 peluang usaha dengan modal minim yang patut dicoba, khususnya bagi para pemula. Jangan jadikan modal sebagai hambatan utama, sehingga Anda tidak bisa mencari pekerjaan. Dengan adanya peluang usaha di atas, maka Anda bisa memilih kira-kira mana pekerjaan yang cocok untuk dijalankan. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top