Peluang Usaha

5 Bisnis Tahan Krisis yang Patut Dicoba Saat Pandemi

bisnis-tahan-krisis

bisnis kuliner/https://swa.co.id/

Di masa pandemi yang sedang berlangsung membuat kehidupan menjadi serba sulit. Hal ini dikarenakan roda perekonomian yang macet hingga memicu krisis hingga resesi bila keadaan tak kunjung membaik. Dalam situasi yang demikian, banyak orang yang kemudian menjadi lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Alih-alih membuka bisnis baru, akibat pandemi membuat beberapa pengusaha yang sudah ada bahkan belum berani membuka usaha yang telah dijalankannya. Tapi di masa pandemi ini Anda tak boleh terus-terusan terbelenggu dengan ketakutan dan kekhawatiran. Sebab akan selalu ada solusi bila bagi siapa pun yang mau berusaha. Nah di masa pandemi seperti sekarang, Anda tak perlu khawatir untuk membuka bisnis baru. Sebab ada 5 bisnis tahan krisis yang patut Anda coba jalankan supaya dampak wabah virus corona ini tak menghalangi untuk tetap eksis dan sukses.

  1. Usaha Food & Baverage

Bisnis tahan krisis pertama yang bisa Anda jalankan di masa pandemi adalah usaha food & beverage. Usaha kuliner memang sepanjang waktu akan selalu dibutuhkan dalam keadaan apapun karena manusia yang membutuhkannya. Sepanjang manusia memiliki mulut dan merasakan lapar, maka bisnis food & beverage memang akan terus dicari. Anda tinggal berusaha saja menjadikan bisnis yang dijalankan dapat dipercaya dan diminati masyarakat. Meski persaingan di bisnis ini terbilang ketat, namun dengan besarnya pangsa pasar yang ada, membuat Anda memiliki peluang besar merangkul konsumen. Terlebih bila bisnismu sudah mampu menarik minat masyarakat untuk membeli dan berlangganan.

  1. Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Dalam menjalani kehidupannya, seorang manusia memang tidak akan bisa melepaskan diri dari kebutuhan pangan. Nah untuk memenuhi kebutuhan pangan tersebut maka sembako atau sembilan bahan pokok akan menjadi barang yang selalu dicari. Maka dari itu bila Anda mau menjalankan bisnis atau usaha kebutuhan bahan pokok, pengaruh dari krisis ini bisa jadi tak akan terlalu dirasakan. Pasalnya mau sesulit apapun keadaan ekonomi masyarakat, sembako akan selalu dicari dan dibeli. Anda bisa mewujudkan bisnis ini dengan membuka warung kelontong bila modal yang dimiliki tidak terlalu besar. Tapi bila Anda punya modal besar, Anda bisa membuka bisnis minimarket.

  1. Usaha Jasa/Produk Kesehatan

Berikutnya, bisnis tahan krisis yang bisa kamu coba jalankan adalah jasa atau produk kesehatan. Perhatian semua manusia terhadap pentingnya kesehatan ini tidak akan berkurang sampai kapan pun. Jadi ketika seseorang merasa sakit, pastinya mereka akan segera untuk mencari jasa atau produk kesehatan. Dari sinilah maka bisnis dibidang kesehatan baik itu berupa jasa atau layanan akan selalu ada sepanjang manusia hidup. Untuk menjalankan usaha jasa/produk kesehatan sendiri Anda perlu menyiapkan modal dengan baik. Sebab biasanya usaha dibidang ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

  1. Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Setiap manusia pastinya ingin selalu berkembang baik dari segi persoanlity atau karirnya. Nah untuk membuat personality dan karirnya berkembang dibutuhkan ilmu yang diperoleh dari proses belajar di sebuah lembaga pendidikan atau pelatihan. Kebutuhan akan pendidikan dan pelatihan sendiri setiap waktunya semakin tinggi. Sebab kebutuhan pasar akan tenaga kerja yang terampil dan berpendidikan terus mengalami peningkatan. Dari sinilah maka Anda tak perlu khawatir ketika menjalankan bisnis bidang pendidikan dan pelatihan. Sebab pasar yang selalu ada dan besar akan membuat Anda bisa mengalahkan keadaan apapun termasuk krisis.

  1. Bisnis Digital

Terakhir, bisnis tahan krisis yang bisa dan patut dijalankan di masa pandemi yakni bisnis digital. Keadaan pandemi Covid-19 memang menuntut banyak orang untuk lebih berdiam diri di rumah dan menghindari kontak fisik. Dari sinilah kemudian bisnis daring atau online pertumbuhannya melonjak tinggi karena besarnya permintaan di masa pandemi. Sebenarnya tanpa adanya pandemi pun, bisnis digital ini akan tetap besar peluangnya karena memang tuntutan zaman yang mengharuskan setiap orang bisa beradaptasi dengan teknologi beserta fitur-fiturnya.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: