Lainnya

5 Cara untuk Hindari Sifat Humblebragger, Terapkan Yuk!

humblebragger

Pamer memang sebuah sikap yang banyak tidak disukai orang. Sikap pamer di dunia kerja atau juga disebut Humblebragger juga sangat dibenci oleh karyawan lainnya. Di kantor orang yang suka pamer memang seringkali dijumpai. Hal paling menjengkelkan dari orang Humblebragger ini adalah sikap pamernya yang dibarengi dengan mengeluh. Seperti contoh, dirinya mendapatkan project pekerjaan yang diharapkan banyak karyawan. Tapi ketika ia berbicara dengan Anda atau karyawan lainnya, karyawan dengan sikap Humblebragger ini selain membanggakan pekerjaannya juga mengeluh bahwa dirinya harus capek untuk mengerjakannya. Menariknya, mereka tidak hanya dapat mengeluh dan pamer di depan Anda secara langsung, tapi mereka juga biasanya melakukannya di media sosial. Tentu sebagai karyawan yang baik Anda harus menghindari sifat humblebragger ini dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Jangan Suka Pamer

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk menghindari sifat humblebragger ini adalah dengan tidak membiasakan pamer. Meski Anda memiliki banyak hal yang bisa dipamerkan, termasuk kedudukan Anda di kantor, seharusnya Anda tidak perlu memamerkannya pada orang atau karyawan lain. Sebab apa-apa yang Anda pamerkan pada orang lain, tidak lantas membuat orang lain tersebut kemudian mengagumi Anda. Yang terjadi malah bisa sebaliknya yaitu Anda yang tidak lagi dihormati karena dianggap sombong.

  1. Jangan Suka Mengeluh

Mengeluh bisa jadi pernah dilakukan oleh setiap orang. Tapi Anda yang ingin menjadi pribadi atau pekerja yang berkualitas, tentu Anda harus bisa sebisa mungkin menahan untuk tidak bercerita soal keluhan Anda pada karyawan lain. Meski memang benar beban pekerjaan yang harus Anda kerjakan berat, Anda harus bisa menahan diri untuk tidak menceritakan pada orang atau karyawan lain. Sebagai solusinya agar beban pekerjaan Anda bisa didengar, maka Anda bisa membicarakan serta berkeluh kesah pada orangtua atau pasangan Anda di rumah. Dengan cara ini maka Anda pun bisa mendapatkan tempat berbagi yang tepat untuk keluhan pekerjaan di kantor.

  1. Jadilah Orang yang Bertanggungjawab

Berikutnya, cara untuk menghindari sifat humblebragger adalah dengan menjadi orang yang bertanggungjawab. Ketika pertama kalinya Anda diterima bekerja di sebuah perusahaan atau kantor, Anda memang sudah memiliki kewajiban untuk menjalankan pekerjaan sesuai posisi yang dilamar. Maka dari itu apapun nantinya pekerjaan yang dibebankan pada Anda, maka Anda harus bisa bertanggungjawab. Meski kemudian Anda dibebankan pekerjaan yang lebih besar, namun dengan konsekuensi yang ada seperti gaji yang lebih banyak atau kenaikan pangkat, maka Anda juga harus bertanggungjawab. Jangan hanya mengejar gaji atau kedudukan saja tanpa ada timbal balik yang harus dilakukan.

  1. Jadilah Profesional

Untuk mencapai impian dan cita-cita, maka profesionalisme memang harus selau dikedepankan. Profesionalisme di sini merupakan sikap yang mengedepankan tanggungjawab dan kualitas pekerjaan. Dengan mengedepankan sikap profesionalisme, tentu Anda akan lebih fokus pada peningkatan pribadi untuk tidak lantas suka pamer dan mengeluh. Tidak hanya mengeluh pada pekerjaan, namun pada keadaan sesulit apapun bila Anda mengedepankan sikap profesional, maka sifat-sifat humblebragger akan hilang dengan sendirinya. Jadi dari sini Anda seharusnya tidak perlu takut untuk bersikap profesional karena hal tersebut merupakan modal Anda untuk menjadi lebih baik.

  1. Selalu Berfokus Pada Tujuan dan Impian

Terakhir, cara untuk menghindari sifat humblebragger adalah selalu berfokus pada tujuan dan impian. Bila belum memiliki tujuan dan impian di masa depan cobalah terlebih dulu untuk membuatnya. Setelah mempunyai tujuan dan impian, cobalah untuk selalu mengingatnya dalam setiap menjalankan pekerjaan. Dari sinilah Anda yang selalu ingat dan berfokus pada tujuan dan impian, tidak akan membiarkan diri menjadi lebih buruk hanya dengan menuruti sifat humblebragger. Tapi tanpa adanya tujuan dan impian, maka godaan untuk bersikap humblebragger ini bisa saja muncul karena tidak adanya pendirian dan sesuatu yang lebih kuat untuk Anda jadikan pegangan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari sifat humblebragger. Tapi agar Anda bisa suskes menjalankan beberapa tips tersebut, cobalah untuk melakukan atau menerapkannya dengan sungguh-sungguh dan penuh konsistensi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top