Lainnya

5 Ciri Lokasi Usaha Strategis yang Baik untuk Anda Pilih, Sudah Tahu Belum?

lokasi-bisnis-strategis

Lokasi usaha yang strategis memang menjadi sesuatu yang penting bagi sebuah bisnis. Sebab di lokasi usaha yang strategis inilah sebuah bisnis berpeluang meraih omset yang besar. Ini karena dilokasi yang strategis akan ada banyak konsumen yang akan memiliki kemungkinan besar untuk membeli produk bisnis Anda. Namun seperti apakah lokasi usaha yang strategis itu? Sebab, tidak semua pebisnis memahami ciri atau karakteristik lokasi usaha yang strategis, maka berikut ini akan disampaikan informasi mengenai ciri-ciri atau tanda lokasi usaha yang strategis yang baik untuk dipilih.

  1. Berada di lokasi yang Padat Penduduk

Pertama, ciri atau karakteristik lokasi usaha yang strategis adalah berada di lokasi padat penduduk. Karena target pasar bisnis Anda pastinya seorang manusia, maka supaya usaha Anda banyak dikenal dan dibeli masyarakat maka Anda harus mencari lokasi yang banyak dan padat penduduk. Semakin banyak dan padat penduduk di suatu lokasi maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk meraih pencapaian bisnis yang optimal. Supaya lebih maksimal lagi maka Anda bisa menyesuaikan lokasi usaha Anda di tempat yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Untuk mengetahui padat tidaknya penduduk disuatu lokasi, Anda bisa mengecek data jumlah penduduk di kantor kelurahan, kantor desa atau juga di kantor kecamatan.

  1. Banyak Orang yang Lewat

Mendasarkan pada data jumlah penduduk saja ternyata belum cukup. Karena bila penduduk itu jarang melewati lokasi usaha Anda maka hal ini akan sia-sia saja. Jadi untuk mendapatkan lokasi strategis yang baik buat usaha maka Anda harus juga bisa memastikan banyaknya orang yang melewati lokasi bisnis Anda. Semakin banyak orang yang melewati lokasi bisnis Anda maka bisa dinyatakan bahwa lokasi Anda terkategori strategis. Bisnis yang lokasinya banyak dilewati orang memang merupakan tanda strategisnya tempat usaha. Dan hasilnya, lokasi yang seperti ini akan lebih berpeluang untuk meraih omset yang besar. Jadi dibanding ciri nomor satu, lebih menguntungkan bila Anda mengejar lokasi dengan ciri yang kedua ini.

  1. Akses yang Mudah Menuju Lokasi

Berikutnya, tanda atau ciri lokasi usaha yang strategis adalah memiliki akses yang mudah menuju lokasi. Seseorang, termasuk target pasar Anda, pastinya akan lebih senang mendatangi lokasi usaha yang mudah untuk mencapainya. Dengan kemudahan itu mereka memang bisa memiliki banyak waktu yang efektif untuk melakukan kegiatan lain. Tapi bila lokasi bisnis Anda sulit dicapai maka hal ini membuat konsumen merasa malas mendatanginya karena akan banyak kerepotan dan waktu terbuang. Dari sinilah maka aksesibilitas atau kemudahan akses menuju lokasi usaha, haruslah benar-benar Anda cermati. Biasanya akses lokasi yang mudah ini bisa dicirikan dengan beberapa hal seperti dekat dengan jalan besar atau berada di persimpangan jalan besar serta dilalui oleh beragam jenis transportasi umum.

  1. Tidak Banyak Usaha Sejenis di Sekitar Lokasi

Lokasi usaha yang strategi juga bisa dicirikan dari tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat di sekitarnya. Bila lokasi usaha Anda banyak usaha sejenis seperti Anda maka Anda memang harus lebih bekerja keras untuk menghadapinya. Lokasi yang terdapat banyak usaha sejenis memang kurang begitu baik dibanding dengan lokasi usaha dimana bisnis Anda memiliki sedikit saingan. Sebab lokasi yang tidak banyak usaha sejenis, membuat Anda bisa leluasa dan mampu merajai bidang bisnis yang Anda hadirkan. Dan lokasi yang tidak banyak usaha sejenis ini juga termasuk dalam salah satu kartegori lokasi strategis.

  1. Pendapatan Masyarakat Sekitar yang Mendukung

Terakhir, tanda atau ciri lokasi usaha yang strategis dan mumpuni yakni memiliki pendapatan masyarakat di sekitar yang mendukung. Memang percuma saja bila lokasi Anda sudah memenuhi beberapa unsur di atas tapi ternyata masyarakat tidak mampu membeli produk Anda karena penghasilannya yang tak mencukupi. Jadi selain jumlah penduduk, Anda juga perlu memperhatikan pendapatan atau penghasilan masyarakat di sekitar lokasi bisnis Anda. Apalagi bila produk bisnis Anda terkategori high class, maka Anda harus bisa mencari lokasi usaha di mana masyarakat sekitar memiliki pendapatan yang mumpuni sehingga mereka tak merasa berat membeli produk bisnis Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top