Lainnya

5 Hal yang Tak Boleh Kamu Katakan Pada Rekan Kerja

pembicaraan-di-kantor

pembicaraan di kantor/https://muller-smeberg.com/

Berada dalam lingkungan kantor atau tempat kerja memang membuat kita akan berinteraksi dengan beberapa orang termasuk rekan kerja. Meski kita kemudian memiliki kedekatan dengan rekan kerja, bukan berarti semua hal bisa kita bicarakan dengan mereka. Hal ini dikarenakan dalam lingkungan kerja yang diliputi soal profesionalisme, membuatmu perlu menjaga tutur kata atau ucapan. Nah berikut ini ada beberapa perkataan yang tak boleh kamu ucapkan pada rekan kerja ketika di kantor.

  1. Bertanya Soal Gaji

Ucapan pertama yang tak boleh kamu katakan pada rekan kerja di kantor adalah bertanya mengenai gaji. Gaji memang urusan pribadi yang bersifat rahasia. Walau beberapa orang ada yang nyaman-nyaman saja ketika ditanya gajinya, namun sebagian besar dari mereka merasa bahwa besaran gaji ini merupakan sesuatu yang sensitif. Bahkan beberapa karyawan di kantor merasa pertanyaan soal gaji ini merupakan sesuatu yang menyinggung. Pertanyaan soal gaji ini bahkan bisa saja berujung ketidakharmonisanmu dengan rekan kerja bila seringkali ditanyakan.

  1. Meminta Pinjam Uang

Meski meminjam uang ini merupakan sesuatu yang biasa dalam kehidupan sehari-hari, namun saat kantor, kebiasaan meminjam uang bisa membuat ketidakharmonisan. Hal ini terjadi karena kamu dan rekan yang harus menjungjung profesionalisme kerja perlu mengedepankan kesadaran dan tanggungjawab. Apalagi bila kamu meminjam uang namun tidak dikembalikan, maka hal ini bisa membuat hubunganmu dengan rekan kerja di kantor semakin buruk. Untuk itulah disarankan kamu untuk tidak meminjam uang kepada rekan kerja jika memang tidak terlalu mendesak.

  1. Menyebar Gosip

Sebenarnya gosip di kantor merupakan sesuatu yang lumrah dan terjadi hampir di setiap perusahaan. Namun harus diakui juga bahwa gosip ini merupakan sesuatu yang bisa memicu ketidakharmonisan dalam hubungan kerja di kantor. Biasanya gosip yang muncul di kantor ini memang bernada negatif. Dari sinilah maka gosip bisa membuat suasana di kantor menjadi kurang nyaman. Maka dari itu, dianjurkan kamu tidak bergosip ketika berada di kantor.

  1. Mencari Pekerjaan Lain

Perpindahan dari perusahaan satu ke perusahaan lain juga merupakan sesuatu yang biasa dalam dunia kerja. Tapi bila ada karyawan yang menceritakan bahwa dirinya sedang mencari pekerjaan lain maka suasana di kantor akan menjadi tidak nyaman. Mengapa? Sebab tidak semua karyawan di kantor tertarik dengan ceritamu. Beberapa rekan kerja bahkan bisa saja menjadi tidak lagi respect kepadamu bila kemudian kamu menceritakan soal rencana pindah perusahaan tersebut.

  1. Menceritakan Masalah Pribadi

Terakhir, hal yang tak boleh kamu katakan pada rekan kerja di kantor yaitu masalah pribadi. Setiap orang pastinya punya masalah pribadi sendiri-sendiri. Dari sinilah maka seharusnya kamu tidak membawa masalah pribadimu ke kantor. Ini karena masalah yang kamu bawa ke kantor dan kamu ceritakan pada rekan kerja bisa membuat ketidaknyamanan. Sebab orang yang seharusnya bisa bekerja dengan optimal menjadi kurang fokus karena kamu yang curhat. Maka dari itu kamu yang ingin suasana kantor tetap nyaman, pastikan untuk tidak menceritakan masalah pribadi pada rekan kerja.

Itulah beberapa hal yang tak boleh kamu katakan pada rekan kerja ketika berada di kantor. Sekali lagi kantor yang merupakan tempat bekerja memang perlu mengedepankan profesionalisme dari pada hal-hal yang tidak penting seperti di atas. Memang kamu bisa  berkawan dengan rekan kerja dengan melakukan hal-hal yang santai. Tapi usahakan tidak terlalu berlebihan dalam menjalankan hubungan persahabatan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top