Keuangan

5 Kebiasaan yang Harus Diubah Saat Kamu Mendapati Gaji Selalu Habis Sebelum Waktunya

kebiasaan-bikin-gaji-cepat-habis

kebiasaan bikin gaji cepat habis/https://marins.net/

Momen gajian adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu para pekerja. Tapi sayangnya momen bahagia menerima uang hasil jerih payahnya acapkali tak berlangsung lama. Ini dikarenakan uang yang didapat dari gajian tersebut cepat habis. Nah jika merupakan salah satu orang yang selalu mengalami hal ini maka harus dilakukan perubahan dalam kebiasaan tertentu. Sebab beberapa kebiasaan memang terbukti dapat membuat uang gajian cepat habis. Lalu apa saja kebiasaan yang dapat membuat gaji cepat habis sebelum waktunya itu? Berikut ulasannya!

  1. Anggap Beli Barang Murah Berarti Hemat

Kebiasaan pertama yang harus diubah ketika mendapati seringnya gaji yang cepat habis sebelum waktunya adalah menganggap hemat saat membeli barang murah. Secara logika barang murah memang lebih hemat dari barang yang lebih mahal. Tapi pertanyaannya bagaimana dengan kualitasnya? Bagaimana dengan masa pemakaiannya? Biasanya barang yang murah memang memiliki kualitas yang rendah dengan masa pemakaian yang singkat. Nah ketika barang murah ini cepat rusak karena kualitasnya yang rendah, maka kamu harus kembali mengeluarkan uang untuk kembali membeli barang baru. Dari sinilah maka sangat mungkin kamu yang sering membeli barang murah juga akan mengalami gaji yang cepat habis.

  1. Beli Barang Diskon atau Promo

Di era merajalelanya marketplace, kita memang jadi lebih mudah mendapati banyak diskon dan promo. Dari sinilah kemudian banyak pekerja yang tergiur dan akhirnya over buying atau berlebihan dalam belanja. Kebiasaan membeli diskon yang dianggapnya bisa berhemat ternyata justru membuat uangnya cepat habis. Beberapa kasus dari belanja kompulsif karena dorongan promo justru membuat boros karena adanya pembelian barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

  1. Membuat dan Sering Menggunakan M-Banking

Berikutnya, kebiasaan yang harus diubah saat mendapati gaji yang cepat habis adalah seringnya menggunakan m-banking. Saat ini transaksi perbankan memang semakin mudah dilakukan dengan dukungan teknologi berupa m-banking atau internet banking. Tapi sayangnya fitur perbankan ini ternyata dapat menjerumuskanmu karena tidak dapat mengontrol belanja. Akun tabungan yang terlalu mudah diakses seperti m-banking memang dapat membuat jebakan. Sebab pembelian barang yang kini bisa dilakukan dengan mudah secara online membuat seseorang bisa menjadi tak terkendali untuk membelanjakan uang dalam rekeningnya.

  1. Menunggu Belanja Bulanan

Kamu yang sering melakukan belanja bulanan ternyata juga bisa membuat gaji cepat habis. Mengapa demikian? Sebab seseorang yang melakukan belanja bulanan di saat gaji baru cair sangat mungkin menjadi kalap. Dengan uang yang banyak, seseorang memang bisa membeli ini dan itu. Nah ketika melakukan belanja bulanan di supermarket, bisa jadi mereka juga membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Dan ketika ini terjadi maka uang dari gajianmu akan cepat habis.

  1. Mengecek Promo

Terakhir, kebiasaan yang harus diubah ketika kamu mendapati gaji yang selalu habis sebelum waktunya adalah selalu mengecek promo. Entah itu dari akun marketplace atau lainnya, kebiasaan mengecek promo ini memang akan membuatmu menjadi impulsif. Harga promo memang selalu menarik untuk siapa pun. Sayangnya harga promo ini bisa membuatmu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah dari sinilah kebiasaan mengecek promo di media sosial atau platform lainnya, sangat mungkin membuat gajimu cepat habis.

Itulah lima kebiasaan yang acapkali membuat gaji cepat habis sebelum waktunya. Maka dari itu kamu yang sering mendapati gaji cepat habis, perlu mengecek beberapa kebiasaan di atas. Jika kamu mendapati beberapa dari kebiasaan tersebut, maka segera ubah dan hilangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top