StartUp dan UKM

5 Manfaat Penting Penerapan Akuntansi UMKM

Dalam sebuah bisnis Mengatur keuangan dengan baik adalah hal yang sangat penting. Untuk itulah banyak sekali perusahaan yang kemudian memanfaatkan akuntansi , tak terkecuali bisnis UMKM. Alasannya sendiri karena, penerapan akuntansi  pada UMKM memang sangat penting dan memiliki banyak sekali manfaat.

Pentingnya Siklus Akuntansi  untuk Bisnis UMKM

Tidak bisa dipungkiri jika masih banyak sekali pelaku UMKM yang belm menerapkan siklus akuntansi  dalam usahanya. Padahal hal ini bisa berdampak pada kelancaran dari jalan usaha tersebut. Salah satu alasan kenapa UMKM tidak bisa bertahan adalah karena lupa membayar pajak. Hal ini tentunya bisa disebabkan karena tidak adanya catatan keuangan usaha yang terstruktur rapi untuk memberikan informasi mengenai besaran pajak yang perlu dibayarkan.

Untuk itulah, kenapa siklus akuntansi  ini sangatlah penting adalah karena akuntansi  sendiri terbagi dalam berbagai cabang, salah satunya adalah akuntansi  perpajakan. Akuntansi  perpajakan ini akan menghasilkan laporan pajak yang bermanfaat untuk pemilik bisnis untuk melapor pajak dengan cepat dan tepat. Selain itu, siklus akuntansi  sendiri memiliki banyak sekali manfaat penting.

Manfaat Penerapan Siklus Akuntansi  untuk Bisnis UMKM

  • Mengetahui Posisi keuangan

Siklus akuntansi  bisa membantu anda dalam memberikan informasi tentang posisi keuangan dari bisnis yang sedang anda jalankan. Dengan begitu, anda bisa melihat datar transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam bisnis yang anda kelola. Selain itu anda juga bisa mengetahui dengan jelas mengenai jumlah modal pada saat tersebut, jumlah utang dan piutang yang anda miliki sampai dengan nilai aset dalam bisnis anda.

  • Memberikan Gambaran Neraca Perusahaan

Dengan adanya pencatatan akuntansi  dalam sebuah usaha, maka akan memudahkan si pemilik bisnis dalam mencari tahu untung rugi yang sudah berjalan. Saat ini kebanyakan dari para pelaku UMKM hanya bisa membuat pencatatan sederhana saja tentang arus uang masuk dan uang keluar dalam usahanya. Akan tetapi bila anda mau menerapkan siklus akuntansi  secara menyeluruh, maka sebagai pemilik bisnis, anda akan lebih mudah mengetahui sejelas mungkin tentang jumlah laba, jumlah rugi, jumlah modal dan jumlah utang usaha anda saat ini.

  • Menyampaikan Informasi yang Berguna Untuk Perencanaan Bisnis

Penerapan siklus akuntansi  bisa bermanfaat untuk para pelaku bisnis, terutama dalam masalah keuangan yang sedang terjadi dalam usaha tersebut. Informasi ini bisa membantu anda dalam menentukan langkah atau strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Selain itu , informasi akuntansi  ini juga bermanfaat untuk pengambilan investasi dan kredit pada bisnis anda.

  • Menyediakan Informasi Data Tentang Kinerja Usaha

Dengan mengetahui arus uang yang masuk dan keluar, daftar transaksi yang terjadi dan melihat kondisi keuangan perusahaan dari siklus akuntansi , maka anda akan memperoleh gambaran umum tentang kinerja dari usaha anda seperti,

  • Apakah usaha anda mempunyai perkembangan yang baik atau tidaknya
  • Informasi tentang penghasilan dari periode yang sudah berjalan sesuai dengan ekspektasi pertumbuhan yang diharapkan atau belum
  • Informasi tentang apakah pengeluaran usaha memang lebih besar dari penghasilannya
  • Informasi tentang apakah biaya pemasaran dari perusahaan anda lebih besar dari pendapatan yang dihasilkan

Selain itu anda juga akan mendapatkan indormasi lainnya yang berhubungan dengan keputusan untuk masa depan usaha anda

  • Memudahkan PerhitunganPajak Usaha yang Perlu dilaporkan

Apabila anda termasuk pebisnis skala mikro, kecil dan menengah, maka anda termasuk salah satu dari pelaku wajib pajak yang harus melaporkan dan membayar pajak usaha. Namun proses pelaporan dari pajak akan menjadi kurang lancar saat anda tidak mempunyai catatan keuangan perusahaan yang rapi dan tepat. Hal ini karena anda tidak akan tahu besaran pajak yang perlu anda bayarkan karena tidak adanya laporan penghasilan yang benar dan rapi. Nah pada saat anda menerapkan siklus akuntansi  UMKM anda, otomatis anda akan lebih mudah untuk mengetahui besaran penghasilan usaha. Dengan begitu, anda bisa menghitung besaran pajak yang perlu anda laporkan dan bayarkan pada setiap periodenya.

Jadi anda sebagai pemilik bisnis dapat menggunakan bantuan aplikasi pajak bila telah mempunyai laporan keuangan yang terstruktur rapi tapi bingung dalam menghitung pajak yang perlu dibayarkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: