Lainnya

5 Peluang Karir yang Bisa Anda Jalani dari Perkuliahan Jurusan Akuntansi

pilihan-karir-akuntansi

karir akuntansi/https://man12jkt.sch.id

Anda yang kuliah di jurusan Akuntansi tentu memiliki harapan besar untuk bisa meraih masa depan yang lebih cerah. Melihat dari kacamata peminatan jurusan di perguruan tinggi, akuntansi sebenarnya merupakan salah satu pilihan favorit. Dari sini maka sudah terlihat bagaimana peluang karir yang bagus dari jurusan akuntansi tersebut. Sebab, tidak mungkin banyak orang memilih sebuah jurusan tanpa adanya prospek karir yang bagus. Faktanya memang dalam jurusan akuntansi ini ada beberapa peluang karir yang bagus. Nah, untuk Anda yang belum mengetahui peluang karir di jurusan akuntansi ini maka berikut ini disajikan informasinya.

  1. Akuntan Pajak

Peluang karir pertama yang bisa Anda dapati dari perkuliahan jurusan akuntansi ini adalah akuntan pajak. Setiap perusahaan, terutama perusahaan besar pasti akan dibebani kewajiban membayar pajak oleh negara. Jumlah pembayaran pajak yang terbilang besar ini tentu membutuhkan sebuah perhitungan yang baik. Nah dari sinilah kemudian muncul profesi akuntan pajak yang menjadi solusi dari kebutuhan perhitungan pajak yang baik di perusahaan tersebut. Seorang akuntan pajak di sebuah perusahaan memang nantinya akan bertanggungjawab dengan urusan pajak perusahaan. Dari sini mereka akan bekerja melakukan analisa dan saran pada pihak perusahaan untuk kewajibannya membayar pajak. Akuntan pajak sendiri bisa berkarir di perusahaan sebagai karyawan atau juga berdiri sendiri sebagai tenaga profesional untuk mencari klien-klien perusahaan yang membutuhkan jasanya.

  1. Akuntan Pemerintah

Karir yang paling banyak diminati lulusan jurusan akuntansi berikut ini memang dapat membuat Anda meraih masa depan lebih baik. Ini karena karir ini berhubungan atau berkaitan langsung dengan pemerintahan. Seorang akuntan pemerintah nantinya akan bekerja untuk instansi pemerintah dan bertanggungjawab penuh pada keuangan dari instansi tersebut. Selain itu tugas dari akuntan pemerintah adalah menjalankan audit terhadap instansi yang bisa dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah. Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang akuntan pemerintah tidak bisa seenaknya. Ini karena mereka diatur oleh sebuah kebijakan yang berlaku di pemerintahan atau negara. Pilihan menjadi akuntan pemerintah memang banyak mendapatkan peminat di negeri ini karena adanya peluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

  1. Internal Auditor

Berikutnya, peluang karir yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan akuntansi adalah internal auditor. Sesuai dengan namanya maka seorang internal auditor ini akan bekerja melakukan audit atau menganalisis keuangan di sebuah lembaga atau perusahaan. Jadi dari sini seorang internal auditor ini hanya akan memastikan apakah laporan yang ada sudah sesuai dengan fakta di lapangan atau tidak. Jika ditemui adanya kesalahan atau bahkan kecurangan maka seorang internal auditor ini akan melaporkannya pada pimpinan lembaga atau perusahaan. Begitu pentingnya keberadaan internal auditor ini maka Anda yang memilihnya, tidak perlu terlalu berkecil hati dengan prospeknya di masa depan. Biasanya seorang internal auditor akan bekerja atau direkrut oleh perusaahaan sebagai sebuah tim dibagian financial.

  1. Akuntan Publik

Akuntan publik ini sebenarnya memiliki pekerjaan yang hampir sama dengan internal auditor yakni mengaudit laporan sebuah perusahaan. Tapi bedanya dengan internal auditor adalah seorang akuntan publik ini bekerja secara mandiri atau independen di luar perusahaan. Jadi mereka seorang akuntan publik ini akan bekerja pada klien-klien yang telah mencapai kesepakan bekerjasama untuk perbaikan laporan keuangan perusahaan. Jasa audit laporan keuangan dari akuntan publik ini tentu akan banyak yang membutuhkan mengingat pentingnya finansial yang sehat di perusahaan.

  1. Akuntan Pendidik

Terakhir, peluang karir yang bisa Anda ambil dari perkuliahan jurusan akuntansi adalah seorang akuntan pendidik. Sesuai dengan namanya maka seorang akuntan pendidik ini akan bekerja sebagai orang pengajar di lembaga pendidikan baik itu sekolah, kampus dan lainnya. Tapi peluang karir sebagai akuntan pendidik ini juga dapat membuat Anda bekerja di lembaga riset pemerintah atau swasta sebagai seorang peneliti. Selain itu dengan profesi akuntan pendidikan ini, Anda juga bisa berkesempatan menjadi konsultan dan pembicara dalam sebuah acara yeng bertema finansial. Pilihan yang lebih menarik lagi dari pilihan karir ini yaitu menjalankan dua profesi sekaligus seperti menjadi dosen dan juga pembicara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top