Lainnya

5 Penyebab Kamu Tidak Kunjung Dipanggil Interview Meski CV Keren

sebab-tak-kunjung-mendapat-panggilan-interview

sebab tak kunjung mendapat panggilan interview/https://www.turningpointboston.com/

Interview memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu para pencari kerja. Sayangnya interview ini tidak bisa diagendakan pada semua pelamar. Sebab biasanya hanya kandidat khusus yang dinilai memenuhi syarat dari HRD atau owner lah yang akan dipanggil. Dari sinilah diperlukan banyak usaha dan harapan keberuntungan supaya perusahaan bisa memanggilmu untuk interview. Salah satu usaha yang bisa dilakukan agar kamu bisa dipanggil interview adalah membuat CV yang keren. Namun sekali lagi karena ada banyak faktor yang tidak bisa kita ketahui dalam proses rekrutmen, CV keren pun tidak bisa jadi jaminan. Lalu mengapa CV yang bagus ini tidak bisa membuat pelamar dipanggil interview? Berikut ulasannya.

  1. Tidak Berkaitan Satu Sama Lain

Penyebab pertama lamaran dengan CV keren tidak mendapat respon HRD adalah tidak adanya keterkaitan satu sama lain. Maksudnya di sini adalah dalam menuliskan CV, kamu tidak membuat keterkaitan antara posisi yang dilamar dengan pengalaman yang ada. Seperti contoh kamu melamar sebagai staff keuangan tapi kamu menuliskan beberapa pengalamanmu menjadi bartender, staf marketing atau teknisi. Tentu saja hal ini tidak berkaitan atau tidak sinkron. Dari CV yang tidak berkaitan inilah maka bisa jadi kamu tidak kunjung mendapatkan panggilan interview.

  1. Banyak Kesalahan Penulisan

Penulisan CV yang terlihat banyak kesalahan memang dapat membuat HRD atau owner menjadi malas untuk membaca. Jika HRD atau owner sudah malas membaca CV dan surat lamaranmu, hal ini bukan tidak mungkin akan berujung pada kegagalan dalam rekrutmen. Kesalahan dalam penulisan surat lamaran dan CV ini memang sangat krusial. Sebab ketika HRD atau owner mendapatinya, mereka bisa berasumsi bahwa pelamar tidak serius dalam rekrutmen. Maka dari itu supaya kamu punya peluang pastikan untuk meneliti penulisan surat lamaran dan CV sebelum dicetak dan dikirim.

  1. Kedapatan Berbohong

Berikutnya, hal yang bisa jadi penyebab kamu tidak kunjung dipanggil meski CV sudah keren yaitu kedapatan berbohong. Di dunia ini siapapun, termasuk HRD dan owner pastinya tidak ingin dibohongi. Ketika ketahuan berbohong, seseorang pastinya akan malas untuk berurusan dengan pembohong. Nah dari sinilah bila kamu menuliskan hal-hal yang tidak sesuai fakta dalam CV dan kemudian ketahuan, maka hal tersebut bisa membuatmu gagal. Data-data yang kamu tuliskan di CV memang bisa saja ditelusuri oleh HRD untuk memastikan kebenarannya. Maka dari itu dari pada kamu langsung dicoret atau di-blacklist dalam rekrutmen, lebih baik tunjukkan saja fakta-fakta sebenarnya dalam CV dan lamaranmu.

  1. Sering Pindah Kerja dalam Waktu Singkat

Kamu yang sering berpindah tempat kerja dan menuliskannya dalam CV, maka hal ini juga bisa jadi penyebab kamu tidak kunjung dipanggil interview. Meski kamu punya banyak pengalaman kerja yang tertulis dalam CV, tapi melihat singkatnya waktumu di tiap-tiap perusahaan dapat membuat HRD memberikan penilaian negatif. Mereka atau HRD pastinya akan berpikir jika menerimamu bukan tidak mungkin kamu juga tidak bisa bertahan lama berada di perusahaan. Daripada mempekerjakan karyawan yang tidak mau komitmen maka mereka kemudian tidak memanggilmu dalam wawancara.

  1. Menebar Surat Lamaran Kerja untuk Banyak Posisi

Terakhir, penyebab kamu tidak kunjung dipanggil dalam interview walau punya CV keren adalah melamar banyak posisi. Dalam rekrutmen yang menghadirkan beberapa posisi memang perusahaan menginginkan calon pelamar yang sesuai kualifikasi. Dari sinilah maka sangat rancu dan membingungkan bila ada pelamar yang melamar banyak posisi. Maka lamaran dengan CV yang demikian kemungkinan besar akan ditolak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top