StartUp dan UKM

5 Sarana Startup untuk Mendapatkan Modal dari Investor, Coba Yuk!

sarana-pendanaan-startup

Menjalankan bisnis startup memang membuat kita memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan dari pihak investor. Semakin maraknya pendanaan untuk startup saat ini bahkan membuat kita memiliki beragam pilihan jenis investasi tersebut. Tapi meski banyak ragam jenis pendanaan, untuk bisa mendapatkan pendanaan dari investor ini bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, banyaknya peminat dari pendanaan dari investor membuat Anda harus bersaing dengan ketat. Belum lagi adanya seleksi yang begitu ketat yang dilakukan oleh pihak investor, membuat perjuangan untuk mendapatkan pendanaan semakin berat. Tapi bukan pebisnis sejati namanya bila Anda kehilangan semangat untuk berjuang mendapatkan pendanaan. Apalagi saat ini ada beragam sarana yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan modal dari investor. Jadi beberapa sarana ini bisa Anda coba gunakan supaya kesempatan mendapatkan modal menjadi lebih besar.

  1. Platform Penggalangan Dana Online

Sarana pertama yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan modal dari investor adalah platform penggalangan dana online. Saat ini memang banyak platform di dunia maya yang menawarkan proses pinjaman dana atau modal untuk membantu sebuah bisnis startup. Biasanya platform penggalaman dana online ini muncul dari situs peer-to-peer (P2P) lending yang menawarkan bantuan modal pada portal crowdfunding berbasis pinjaman, donasi, serta ekuitas. Nah dari platform inilah Anda pun bisa coba mencari dana atau modal untuk mengembangkan bisnis startup yang Anda jalankan.

  1. Media Sosial

Bukan hanya untuk media pemasaran atau marketing saja, namun media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai sarana mencari penggalangan dana. Selain mencari grup penggalangan dana, Anda juga bisa berinisiatif sendiri untuk mengubungi pihak investor dan melakukan pengajuan dana via media sosial. Memang efektif? Tentu saja efektif tidaknya yang dilakukan bergantung pada komunikasi, ide dan gagasan serta nilai dari startup Anda. Beberapa media sosial yang cukup ampuh untuk Anda jadikan sarana mendapatkan investasi adalah LinkedIn, Twitter, Instagram dan Facebook. Selain mencari investor, di media sosial Anda juga bisa menjadi influencer atau berkolaborasi dengan pihak lain untuk menggalang dana atau sponsor.

  1. Blog atau Website

Jangan remehkan kekuatan blog atau website untuk bisa mendapatkan pendanaan. Sebab dengan profesionalitas yang dimiliki, Anda bisa membuat investor kemudian tertarik dengan startup Anda dan kemudian mencairkan dananya. Dalam blog atau website ini juga Anda bisa menceritakan startup yang Anda bangun dengan ide dan gagasan yang menarik sehingga membuat investor tertarik membantu startup Anda. Jika memang Anda tidak memiliki website atau blog, maka Anda harus berinisiatif sendiri mencari website investor dan mengajukan permohonan pendanaan melalui kometar atau pesan layanan di website tersebut.

  1. Email

Bila Anda memiliki kemampuan untuk membuat email penawaran yang bagus maka coba saja sarana email ini untuk mendapatkan pendanaan dari investor. Kekuatan email memang banyak terletak pada kata-katanya. Jadi dengan kata-kata yang menarik yang berisi ide dan gagasan dari startup Anda, bukan tidak mungkin investor kemudian akan tertarik untuk mendanai startup Anda. Menariknya, untuk mendapatkan dana dari email ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar. Sebab untuk mengirim email penawaran pengajuan dana, Anda hanya membutuhkan jejaring internet saja. Selain murah, keuntungan menggunakan email ini adalah prosesnya yang cepat dan membutuhkan waktu yang singkat.

  1. Kompetisi Startup

Terakhir, sarana untuk bisa mendapatkan modal dari investor adalah kompetisi startup. Saat ini memang banyak kompetisi startup yang digelar oleh beberapa pihak. Nah dalam kompetisi ini bila Anda berhasil memenangkannya, akan ada investor yang siap mendanai startup Anda. Menarik bukan? Tapi supaya bisa memenangkan kompetisi startup tentu bukan perkara yang mudah. Sebab di sana Anda akan beradu ide dan gagasan dengan ratusan bahkan ribuan startup untuk memenangkan hati investor. Tapi meski sulit, apa salahnya untuk mencoba kan?

Itulah beberapa sarana yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan modal dari investor. Namun untuk benar-benar bisa memperoleh pendanaan dari startup, Anda membutuhkan perjuangan untuk terus-menerus mencoba dan mencoba beberapa sarana tersebut. Sebab, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kegagalan ketika awal-awal masa percobaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top