Bisnis Online

5 Social Media Tools yang Harus Dikuasai Seorang Marketer

social_media_marketing_tools

social media marketing tools/https://www.brid.tv/

Untuk sukses menjalankan profesi sebagai marketer di masa sekarang, memang diperlukan beberapa skill dalam mengoperasikan beberapa tools dari media sosial. Zaman yang sudah serba digital memang kemudian menuntut marketer untuk mengusai online marketing, salah satunya melalui media sosial. Nah berikut ini adalah beberapa social media tools yang memang seharusnya dikuasai seorang marketer.

  1. Instagram Analytics

Pertama, social media tools yang perlu dikuasai marketer di zaman saat ini adalah instagram analytics. Instagram sendiri memang merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Dari sinilah penguasaan pada fitur instagam analytics menjadi sangat penting untuk para marketer. Dengan Instagram analytics ini Anda bisa memperoleh beberapa hal seperti:

  • Melihat seberapa sering para pengikutmu berinteraksi dengan posting yang kamu lakukan.
  • Melihat performa dari setiap post-mu.
  • Mengetahui siapa-siapa saja yang melihat post-mu, berdasarkan dari usia, kelamin, dan dengan apa mereka mengakses Instagram.
  1. Facebook Analytics

Meski merupakan media sosial yang tergolong jadul, Facebook tetap menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Nah di Facebook ini ada sebuah fitur atau tools bernama Facebook Analytics yang dapat membantu marketer menjalankan tugasnya. Dengan menguasai Facebook Analytics tersebut seorang marketer bisa mendapatkan beberapa hal yaitu:

  • Mengetahui performa dari unggahan yang kamu buat.
  • Mengetahui total engagement, serta jumlah like dan follower.
  1. Twitter Analytics

Berikutnya, media sosial tools yang perlu Anda kuasai sebagai marketer adalah Twitter Analytics. Twitter memang masih menjadi primadona bagi banyak orang. Pasalnya dengan media sosial ciptaan Jack Dorsey tersebut, siapa pun bisa mengetahui atau bahkan membuat sesuatu yang viral. Dari sinilah maka para marketer juga tidak boleh melupakan Twitter. Untuk memaksimalkannya untuk kepentingan pemasaran, Anda harus menguasai Twitter Analytics. Dengan Twitter Analytics sendiri Anda akan bisa mendapatkan beberapa hal seperti:

  • Penyajian beberapa data yang penting, seperti siapa saja audience-mu di Twitter.
  • Memperlihatkan data tentang seberapa baik posting yang kamu buat menarik para audience, dan apa konten terbaik yang pernah kamu buat di Twitter.
  1. BuzzSumo

Seorang entrepreneur dan influencer terkemuka bernama Neil Patel, menyatakan bahwa BuzzSumo banyak membantu dirinya dalam banyak hal, terutama yang berkaitan dengan social media marketing. Menurut Neil, dengan menguasai BuzzSumo maka para marketer bisa mendapatkan beragam keuntungan seperti:

  • Mengetahui apa yang sedang ramai di social media.
  • Menghadikan ide tentang apa konten yang harus di buat di social media.
  • Membuat lebih dekat dengan orang-orang yang membagikan konten yang kamu buat.
  • Memberi gambaran seberapa baik performa dari konten yang dibuat di media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Reddit.
  1. Animoto

Terakhir, social media tools yang harus dikuasai seorang marketer adalah Animoto. Seperti kita tahu bahwa saat ini video menjadi jenis konten yang sangat diminati pubik. Dari sinilah maka Animoto akan banyak membantu para marketer untuk sukses dalam menjalankan pemasarannya. Pasalnya Animoto memang memiliki banyak fitur pendukung video seperti musik yang enak didengar serta template yang menarik. Berikut beberapa hal yang bisa didapat marketer dari Animoto:

  • Membantu marketer membuat video dengan lebih baik dan lebih menjual.
  • Membuat deretan foto dan video yang kamu punya bisa menjadi sebuah video yang apik, berbalut rasa profesional.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top