Tips

5 Tips Optimalkan Marketing Tiktok, Terapkan Yuk!

tips marketing Tiktok

Tiktok/https://www.firstmedia.com/

Aplikasi Tiktok kini memang sudah semakin populer. Meski sebelumnya aplikasi ini dipandang sebelah mata, namun Tiktok ternyata dengan perlahan mampu menarik perhatian banyak pihak. Tidak hanya kalangan peseorangan, beberapa perusahaan besar pun tak luput menggunakan media sosial ini sebagai salah satu strategi pemasaran. Dengan semakin banyaknya pengguna Tiktok, maka menggunakannya sebagai teknik marketing akan membuka peluang bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Tapi untuk menjadikan Tiktok sebagai salah satu teknik marketing atau campaign, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut.

  1. Mengenali Tiktok Secara Mendalam

Tips pertama mengoptimalkan marketing Tiktok adalah adalah dengan mengenali platform ini sendiri. Logikanya bagaimana bisa meraih hasil maksimal bila seseorang tidak mengetahui dan memahami platform yang akan dipilih tersebut. Ibarat mendekati pujaan hati, maka untuk bisa sukses, seseorang perlu mengetahui seluk-beluk sang dambaan hati tersebut. Maka dari itu cobalah pertama kali pahami karakteristik Tiktok terlebih dulu. Tiktok memang bebeda dengan media sosial lainnya karena penggunanya lebih banyak yang menyukai konten unedited atau tanpa perlu produksi yang berlebihan. Dalam produksinya bisa jadi Anda membutuhkan budget lebih besar. Ciri khas paling telihat dari media sosial Tiktok sendiri adalah konten-kontennya yang ringan, santai, apa adanya dan tak terlalu banyak dibuat-buat.

  1. Menentukan Target Audiens

Setelah mengetahui seluk beluk Tiktok, saatnya Anda untuk menentukan target audiens. Seperti menentukan target pasar, Anda juga harus menentukan dengan lebih spesifik target audiens dari akun Tiktok tersebut. Saat ini pengguna Tiktok memang sudah sangat besar dan digunakan oleh banyak kalangan. Dari sinilah Anda harus menentukan target audiens yang disasar. Dari cara ini maka Anda bisa mendapatkan interest atau minat. Ketika Anda sudah mendapatkan interest dan minat dari target audiens, maka strategi marketing di TikTok bisa dijalankan dengan lebih terfokus dan lebih optimal.

  1. Membuat Tujuan yang Sesuai dengan Target Bisnis

Berikutnya, tips optimalkan marketing Tiktok adalah dengan membuat tujuan yang sesuai dengan terget bisnis. Setelah menentukan target audiens, Anda memang perlu menyesuaikannya dengan tujuan atau target bisnis. Dari strategi marketing Tiktok ini apa yang ingin Anda raih? Apakah ingin mendapatkan pelanggan baru, ingin memperkuat brand, ingin membuat awareness untuk produk tertentu atau yang lainnya? Dari sini maka Anda bisa lebih fokus nantinya ketika akan menentukan konten yang akan diangkat. Dari tujuan bisnis tersebut Anda juga bisa menggunakan fitur analytic tools guna memastikan marketing campaign berjalan sesuai dengan harapan atau malah meleset.

  1. Mengupload Video secara Konsisten

Sama sepeti media sosial lain, agar kamu meraih tujuan yang telah ditetapkan maka dalam strategi maketing Tiktok juga dibutuhkan konsistensi. Dengan konsistensi dalam mengupload konten maka akan terbangun chemistry antara bisnis dengan followers. Selain itu dengan konsistensi juga akan muncul peluang yang lebih terbuka untuk mengembangkan akun yang lebih eksis serta membuat konten viral. Nah supaya bisa konsisten mengupload konten dengan konsisten, Anda membutuhkan content plan and management yang baik.

  1. Track Progress Akun Tiktok

Terakhir, tips optimalkan strategi maketing Tiktok adalah dengan melakukan track progress akun. Dari fitur analytic tools yang dihadirkan Tiktok, Anda bisa melakukan evaluasi pada konten-konten yang telah dibuat. Anda memang perlu melakukan tracking pada akun Tiktok ini paling tidak sebulan sekali guna memperoleh insight untuk produksi selanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top